Kawasaki Balius, 250 CC 4 Silinder Paling Humanis! Umurnya Panjang!

8
Balius II

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel 250 CC empat silinder ala MMBlog. Nah, setelah beberapa hari yang lalu MMBlog udah bikin artikel tentang Honda Hornet 250, Yamaha FZX250 Zeal, dan Suzuki Bandit 250, sekarang MMBlog akan coba bahas satu motor 250 CC empat silinder dari Kawasaki yaitu Kawasaki Balius 250! MMBlog bilang sih, Kawasaki Balius adalah motor empat silinder 250 CC paling humanis Sob.

Gimana enggak? Desain motor ini bener-bener klasik, asik, dan berterima banget mulai dari depan, sampai ke belakang. Gak ada lekuk yang berlebihan, gak ada part—part yang yang perlu. Ini adalah motor apa adanya. Dibangun dengan desain yang humanis, pas di zamannya! Karena ke-humanisannya inilah, Kawasaki Balius umurnya bisa panjang banget, mulai dari tahun 1988 sampai 2008! Yups, 20 tahun!

Rival-rival-nya gak ada lho yang eksis sampai 20 tahun!

Balius I

Kawasaki Balius, dipecah oleh Kawasaki menjadi dua fase. Kawasaki Balius I, diproduksi dari tahun 1988 hingga 1996. Secara desain, yang membedakan motor ini dengan Kawasaki Balius II (1996 – 2008) adalah penggunaan suspensi belakang. Kalau Balius I menggunakan monoshock, Kawasaki Balius II menggunakan dual shock. Penggantian ini bukan tanpa alasan. Bikers di masa itu menuntut sepeda motor agar lebih empuk dan nyaman bantingannya, mampu bekerja lebih berat, dan lebih mudah dalam bongkar pasang.

Kawasaki Balius bisa dibilang sebagai empat silinder 250 CC yang mesinnya paling bengis, asli bengis banget! Sebenernya, kalau ngomongin tenaga sih, motor ini kalau sama motor sekarang kayak All New Ninja 250 misalnya, powernya sama aja Sob. dikisaran 38-39 daya kuda. Tapi, lengkingan rpm-nya bisa dibilang paling ganas diantara rival-rivalnya. Dengan kondisi standar pakai limiter, motor ini bisa digas mentok sampai 19.000 Rpm! Kalau sudah open restrictor, bisa digas mentok sampai 22.000 RPM! Bener-bener ke-SETANAN!

Suplay bahan bakar ke mesin 250 CC empat silindernya dikerjakan oleh empat buat karburator Keihin CVKD30! Wih, gede juga itu venturinya yak, padahal untuk mesin 62,5 CC doang loh! Makanya, motor ini bisa ngacir hingga 180-190 Km/jam tanpa ada kesulitan sama sekali Sob. dari berbagai keunggulan, desain, dan adanya tahun muda dari Kawasaki Balius, gak heran motor ini ada banyak wara-wiri di negara asalnya Jepang.

Yups, di Jepang sendiri, motor ini lumayan banyak dijual di bursa motor seken sana Sob. karena emang lumayan laku motornya. MMBlog pernah nonton Vlog Youtubers Indonesia di Jepang yang suka motoran, pas ke bengkel, ada motor ini beberapa unit dijual seken, cuman 30 jutaan! Wkwkwk, kalau ada di sini, FULL Paper, jadi berapa ya? minimal 90 juta lah 😆 . Di Jepang, ini motor terlihat biasa banget.

Kawasaki Balius yang punya arti “Kawasaki Bola” dari Bahasa Lithuania ini, bisa dikatakan sebagai project kerjasama Kawasaki dengan Suzuki. Loh kok gitu? iya kayak Xenia – Avanza, Kawasaki Balius juga punya tandem kembar yaitu Suzuki GSX250FX! Di Suzuki, motor ini disulap agak lebih fancy secara warna, desain? Sama persis! Mesin? Di Suzuki, motor ini di cekek agar lebih friendly lagi, redline-nya ada di 17.000 rpm, ya tetep sintink juga sih :mrgreen: . oke Sob, sekian dulu deh artikelnya, next MMBlog bikin tentang Suzuki GSX250FX ya! semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen semua ya tentang motor lawas! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

8 COMMENTS

  1. Ilmu poengetahuan motor yg mahal n maha luas. LOKAL sini blm pd nyadar krn lama dlm tempurung serta kagak ada duitnya utk barang penghuni garasi yg hanya seminggu / sebulan se X di panasin 😆 kolektor items krn ngk bersurat ….. banyak yg lewat jalur gelap …era 80 s/d 90 an …. Eno dah lama be-tapa x ya

  2. Nah Suzuki sama Kawasaki itu kawan sebenarnya, ada beberapa motor lain yg kembaran juga. Disini Yamaha sama Honda sebenarnya kawan juga tapi dalam hal yang kurang baik, you2 all know lah apa itu wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here