Berterima Kasihlah Kepada Yamaha N-Max!

38

Sobat MMBlog sekalian, gak disangka dan gak diduga, persaingan motor maxy scooter saat ini di Indonesia bisa dibilang sedang dalam kondisi panas-panasnya. Kalau diibaratin dengan orang yang lagi demam, mungkin udah 40,5 derajat kali. Nah, semua ini, pasti ada pemicunya, ada triggernya, hingga akhirnya bikers Indonesia bisa menikmati motor skutik, maxy scooter, dengan harga yang terjangkau, plus desain serta fitur terbaik di kelasnya, atau bahkan di dunia. Apa sebab? Kehadiran Yamaha N-Max!

Perjalanan dan kiprah Maxy Scooter di Indonesia sebenernya dimulai dari geliat ogah-ogahan Kymco di tahun 2000-an awal. Ya wajar juga sih, jaman itu orang masih mikir, motor kok matik? Ya motor kopling lah! bebek aja masih dianggap sebagai motor โ€œbanciโ€, apalagi matic? Motor perempuan ini, anggapan sebagian besar orang di saat itu. Perkembangannya, tentu enggak terlalu signifikan dan bagus. Hingga akhirnya, AHM mencoba untuk bermain di Honda PCX125 di tahun 2010-an awal.

Respon pasar? Kurang oke, karena harganya mahal, gimana enggak, statusnya CBU masbro. Kemudian, AHM beberapa tahun kemudian mengupdate Honda PCX dengan Honda PCX150, lagi-lagi, ini produk CBU, harganya? Jelas banyak yang mikir. Yamaha, ternyata dengan jeli melihat kans ini, sebuah segmen yang nampaknya akan berkembang, dan prospeknya bagus. Beruntungnya, Yamaha pusat menjadikan PT YIMM sebagai basis produksi motor ini, yang kita kenal sekarang dengan Yamaha N-Max!

Di awal kehadirannya, motor ini langsung menggebrak pasar, harganya yang bisa dibilang hampir setengah dari PCX 150 saat itu, langsung membuat pasar bergeliat. Motor ini laris manis luar biasa, melebihi larisnya kacang goreng malah. Respon media, blogger, dan penggiat digital saat itu juga sama kayak sekarang, ketika Honda ADV150 hadir, POSITIF, POSITIF, dan POSITIF. Hanya ada suara minor di suspensi yang dibilang enggak empuk, tapi apakah itu langsung membuat N-Max sepi fans? Nope, malah jadi tambah laris!

N-Max yang bisa terjual puluhan ribu unik (atau mungkin ratusan ribu) ternyata membuat AHM gerah. Di tahun 2017, akhir, MMBlog ingat karena Naya juga baru lahir, AHM dengan langkah strategisnya akhirnya melokalkan Honda PCX 150. Sambutan pasar? Positif juga pastinya lah. ada maxy scooter dari Honda, dengan harga kayak N-Max? Ya positif lah. suara minor juga hadir, ada suspensi bengkok, gredek, dll. Menyurutkan minat pembeli? Enggak jawabnya :mrgreen: .

Yang paling baru, Honda ADV 150. Sama kayak N-Max, semuanya memberikan jempol dan apresiasi. Apalagi motor ini all-new. MMBlog secara pribadi aja memberikan apresiasi penuh terhadap motor ini Sob. nah, gimana gak kudu berterima kasih dengan Yamaha N-Max coba? :mrgreen: . Nah, yang menarik, apakah Yamaha akan tinggal diam? Tentunya Facelift N-Max (kalau nanti ada) juga akan memberikan hype yang luar biasa. Atau mungkin ada Yamaha Max-Ride, versi 150 dari X-Ride yang head to head dengan Honda ADV?

Many thanks to N-Max lah pokoknya, luar biasa!

38 COMMENTS

  1. Nmax saja yg di Facelift, jangan x ride
    Nmax yg sudah terbukti bagus dipasaran h, jadi lebih berotot dengan base yg sama … Artinya kenyamanan tetap tapi lebih maskulin. InsyaAlloh gak akan kalah dengan Honda adu 150

  2. Kalo di roda empat, banyak juga yg berujar “terima kasih xpander”, berkat dia kompetitor berani keluarin produk yg all-out.
    — Sorry OOT —

    Anyway, langkah Yamaha “menahan” rilis facelift NMax jadi makin beresiko tinggi, setinggi ekspektasi konsumen loyalnya. Dan kalau ekspektasi itu tidak terwujud maka jgn kaget bakal jadi mio jilid 2

  3. Nambahin om, Nmax sepanjang masa rilisnya baru 1x minor facelift (new speedo & rear shock tube). PCX lokal jg 1x facelift tapi mungkin bisa dibilang major change?. 2017 1st batch dgn lampu rem kotak & sein pipih. Lalu 2018 all new model (new engine + model Electric) pakai lampu belakang model X

  4. 1. yimm tahan new nmax 2020 apakah ada kaitan dengan ngintip pricing adv? buat langkah strategi ke depannya.
    2. ahm mampu libas nmax dn sourcenya…tp sptnya jaga pasar biar bisnis bisa terus berjalan..klo disikat mungkin merasa ga enak klo main sendirian.
    3. ahm buat psar baru dengan adv? sptnya iya…melihat gelagat yimm ga serius main di pasar matic adventure… lihat aja xride?? , dan melihat sptnya big maticnya sptnya hanya main di pasar matic sport dan matix touring..

    • Libas libas… Kenapa ga libas jaman vixiyon aja, biar model motor berhenti di megipret tigor?
      Di mobil, kenapa toyita ga libas hondi, n lainnya?
      Karena sesama jepun, dan juga cuma toyita n hondi R2 yang kayaknya ‘boleh’ besar, lainnya ‘ga boleh’
      Cuma toyita hondiR2 yg palugada, kenapa yg lainnya segmented? Emang ga mampu? Apa susahnya toyita membesarkan yamaho? R4 rangking sekian, kenapa di motor H bisa terbesar?
      Jadi jangan bilang lagi libas libas ya bro, ga mungkiinn, ngefans boleh, mendewakan jangan

  5. Makasih bwang.. Elu emang jagoan andalah gw bwang. I lop you lah..

    Sejujurnya menurut saya yang bisa mengalahkan ngonda ya yemehe, tapi kalo yemehe begini terus? Mau gimana dong?

  6. Se canggih-canggihnya/setampan tampannya/segagah gagahnya motor 150cc jaman now, tetap saja dimensi gak sebesar 250cc maxi jaman now, plus hilangnya selaan/kick starter pada maxi 150cc di adu dan dibandingkan tetap lebih canggih beat 110cc bisa di sela walau aki ngedrop motorpun tetap jalan blay

  7. Motor tertentu banyak dipakai. Yang lainnya gak banyak. Padahal gak beda banyak dari semua sisi. Blogger tertentu rame dikomentari. Blogger lainnya gak banyak. Padahal gak kalah kualitas tulisannya.
    Gak merata dunia ini ๐Ÿ˜ˆ

  8. Alhamdulillah trimakasih tenan ya Allah….
    Jkw pbw udah ketemuan di mrt ya Allah…
    Jadi jelas sapa suka rusuh ya Allah…..
    Jadi kelimpungan mereka yang gak suka kedamaian ya Allah…….
    Apakah masih akan ada yang menyembah mu ya Allah……
    Trimakasih Engkau sungsepkan mereka ya Allah……

  9. Kapan nih Suzuki Burgman nya?
    Jangan sampe demand motor matic turun baru deh kelojotan. Kebanyakan birokrasi nih sama Hamamatsu.
    Jangan kelamaan mikir!

  10. seandainya ada motor listrik se efisien vario dgn harga max nmax ,….. jgn sampai harga batre 5 juta pakai cuma 1 atau 2 thn, ….ke libas tuh motor bensin semua jd rongsok …..pp motor listrik dpr n pemerintah lama bener …keburu serbuan banjir dr utaranih

  11. Setuju om Van, kalau NMAX tidak lahir 2.015 lalu, mungkin tidak akan ada PCX lokal dan ADV lokal. Kalau NMAX 2nd generation besar kemungkinan bakal hadir, prediksi saya mungkin akan perkenalan akhir tahun ini dan masuk produksi awal tahun depan.

    Kalau untuk lawan ADV lokal, saya entah kenapa lebih yakin kalau YIMM tidak akan maju dengan NMAX 2nd generation, tapi akan ada motor baru dengan gaya mirip X-RIDE, tapi pakai mesin yang sama dengan NMAX 2nd generation.

  12. Sebenarnya Yamaha gak usah pusing2, barusan liat di grup motor ada foto aerox cuma modal naikin shock depan sama pasang windshield aftermarket dan nyaris mirip adv150.
    Intinya mungkin Yamaha bisa bikin varian adventure dari aerox dan gak usah capek2 lagi riset kepanjangan, biarkan nmax berjalan di pasarnya sendiri dan gak mungkin surut juga kayaknya.

    • Yamaha pneumatic? Hahahaha
      Itu kan punya ducati? Macem sistem klep /valve desmodromic

    • Orang buta nunjukin Jalan
      Bhuahahahaha…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      @ penyuka obatnya dimimik gihh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here