Ini 6 Tips Ngerawat Motor Matic Temen-Temen Agar Performanya Prima!

5
Limited
SYM MMBlog

Sobat MMBlog sekalian, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan motor matic adalah salah satu kendaraan favorit saat ini di Indonesia. Bukan hanya para ibu – ibu saja yang menggunakan motor matic, nyatanya motor matic juga menjadi kendaraan favorit kaum remaja masa kini karena lebih praktis mengendarainya dan terkesan lebih kekinian. Namun sayangnya, meski banyak digandrungi oleh banyak orang ternyata masih banyak pengguna motor matic yang masih belum mengerti cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada motor matic lho! Selain itu motor matic juga punya perawatan khusus agar tidak cepat rusak dan juga memerlukan pemeriksaan rutin dari motor biasa lainnya.

Nah, biar temen-temen lebih tahu dan nggak asal pakai saja kali ini MMBlog akan memberikan sedikit informasi tentang 6 tips merawat motor matic agar tidak cepat rusak dan biar nggak terlalu sering service. MASUK!

Villa Kanaya
  1. Memanaskan Mesin Motor Setiap Hari

Untuk tips yang satu ini masih banyak dari beberapa pengguna matic yang sering mengabaikannya. Padahal tips ini juga merupakan salah satu faktor penting yang mendukung awetnya motor matic. Untuk itu, sebelum temen-temen mulai menggunakan motor matic, sebaiknya sih memanaskan mesinnya terlebih dulu selama 2-3 menit agar proses pembakaran di dalam mesinnya bisa berjalan sempurna. Memanaskan mesin motor berfungsi untuk membuat oli mesin dapat melumasi seluruh bagian dalam di inti mesin motor serta juga untuk mengatur temperatur mesin agar tetap stabil.

Untuk melakukan tips ini juga caranya sangat mudah, temen-temen hanya perlu melakukan kick starter secara berulang – ulang dengan kontak dalam keadaan yang off. Hal seperti ini akan sangat berfungsi untuk membagi oli di dalam mesin motor. Lalu jika telah selesai, kamu bisa menghidupkan kembali dengan memutar kontak ke posisi on sampai mesin hidup.

  1. Menstabilkan Kecepatan Gas

temen-temen perlu tahu bahwa motor matic memiliki performa hampir 80 persen yang bergantung pada tarikan dan kecepatan gasnya. jadi kalau temen-temen memang nggak terlalu mengerti tentang mesin motor matic, sebaiknya ketika motor dalam kondisi cepat jangan sampai secara tiba – tiba menurunkan gas begitupun sebaliknya ketika motor dalam keadaan kecepatan yang rendah. Karena selain bisa membahayakan keselamatanmu, hal ini juga bisa memperpendek usia mesin motor. Selain itu dengan kecepatan yang tidak stabil tidak hanya akan merusak mesin melainkan juga bisa merusak van belt atau v belt motor matik milikmu.

  1. Ganti Oli Secara Teratur

Seperti halnya kendaraan bermotor yang manual, motor matic juga mutlak membutuhkan penggantian oli secara teratur. Jadwal pergantian oli bisa kamu lakukan setiap 2 bulan sekali atau 2000 Km, dan untuk pergantian oli gardan (transmisi) maksimal ketika motor sudah mencapai 5.000 hingga 10.000 km.

Sebagai aturan umum, frekuensi penggantian oli tergantung pada dua faktor yaitu berapa usia sepeda motor matic kamu dan jenis oli yang condong digunakan untuk jenis motor matic.

  1. Mengecek Kondisi Bahan Bakar

Tips selanjutnya yang bisa temen-temen lakukan untuk merawat motor matic adalah dengan selalu mengecek kondisi bahan bakar, karena jika sampai temen-temen kehabisan bahan bakar maka motor akan mengalami mogok dan dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Untuk itu, temen-temen harus selalu memastikan bahan bakar selalu ada atau selalu mengisinya sampai full agar aman ya!

  1. Bersihkan Saringan Udara Secara Teratur

Untuk menjaga motor matic masbro agar tetap dalam kondisi prima, temen-temen perlu membersihkan saringan udara setiap 10.000 kilometer. Karena filter udara memiliki fungsi yang penting yaitu, dengan melindungi bagian-bagian internal mesin motor yang lebih halus dari debu dan partikel lain yang dapat merusak mesinnya. Selain itu faktor lingkungan juga bisa menyebabkan filter atau saringan motor menjadi cepat kotor. Karena jika kamu berkendara di lingkungan yang sangat berdebu, maka masbro perlu membersihkan filter udara setiap minggu sekali. Namun, terlepas dari lingkungan di sekitar tempat masbro tinggal, jangan lupa untuk selalu merawat filter udara motor matic-mu secara teratur.

  1. Periksa Keadaan Van Belt

Sama seperti halnya rantai pada motor bebek atau motor manual lainya, rantai atau Van belt pada motor matic juga harus kamu jaga. Karena jika vant belt atau V belt mengalami putus maka motor matic milikmu akan secara otomatis tidak bisa berjalan. Untuk menghindari hal seperti itu, sebaiknya kamu selalu memeriksanya dan melakukan pergantian van belt secara berkala. Kamu juga harus selalu menggunakan suku cadang yang original agar kondisi matic selalu awet dan terjamin.

Nah, Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merawat motor matic-mu agar tetap awet dan nggak sering service ya. Terlepas dari tips-tips di atas kamu juga harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan terhadap motor milikmu biar nggak sering service. Semoga informasi ini bisa membantumu, ya!

instagram

Villa Kanaya

5 COMMENTS

  1. Motor gak usah dipanasin juga awet yang terpenting rutin ganti oli sesuai anjuran, motor suzi gak usah dirawat percuma harga udah ancur-ancuran

  2. Mang Vandra, kayaknya tips nya udah ada yg g relevan deh buat metik2 jaman sekarang. Terutama bagian nanasin 2-3 menit. Kalo jaman karbu sih iya.
    Lagian oli mesin udah lgsg sirkulasi begitu mesin nyala.

    Trus soal kehabisan bbm, masa sih sampe rusak mesin? Plg banter jugs fuelpump rusak itupun kalo dipaksa nyala tanpa ada bbm sbg pendingin si fuelpump. Plg sering mah filternya mampet gegara bbm kualitas buruk, trus fuelpump jadi kebakar krn kerja terlalu berat.

    Saringan udara kalo model spon atau elemen kertas kering memang bisa dibersihkan. Kalo yg elemen kertas basah tdk direkomendasikan utk dibersihkan walaupun sebenarnya bisa.

    Dan oli, kalo mau pake oli sesat atau oli motor yg bagus sih bisa lebih lama masa pakainya. Saya pake oli sesat fastron techno 10w-40 di mio gt, 7 bulan baru kerasa gaenak, itupun baru 3rb an km krn emang motor buat jarak dekat. Mesin aman2 aja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here