Pengen Cari Subtitusi Seal Shock Depan, Perhatikan Tiga Aspek Berikut!

9

Sobat MMBlog sekalian, beberapa bulan yang lalu, MMBlog sempat mengganti seal shock Yamaha FZ6 Fazer S2 aka Mas Moel di bengkel Koh Welly, Kharisma Motor di Bilangan Cinere. Dengan pede dan lantang, MMBlog membawa seal shock Yamaha R6 untuk dipasang, wah, kok pede banget mas? Pede dong, karena ukuran diameter as shock depan R6 sama dengan FZ6 yaitu 43 mm. Harganya pun murah, 53 ribu aja, jadilah ganti!

Sampai di Koh Welly, langsung bongkar Sil Shock Fazer, ganti oli, dan rakit lagi. Waduh! Ternyata sil shock Yamaha R6 gak bisa dipakai! Lah gimana cerita? Kan diameter as-nya sama-sama 43 mm. Ternyata, setelah diskusi sama Koh Welly, sil shock itu ada tiga aspek yang kudu di perhatikan kalau mau nyari persamaan. Pertama adalah diameter dalam sil shock (sama seperti diameter as), kedua diameter luar sil shock (ini yang mendem di tabung shock), dan terakhir adalah ketebalan sil shock itu sendiri.

Temen-temen bisa lihat foto dibawah, udah MMBlog ceritain di gambar

Selain itu, pada umumnya, kalau pabrikan, atau produsen atau penjual shock, biasanya nulis gini

43 x 55 x 11

Yang artinya

Diameter dalam (43 mm) x diameter luar (55 mm) x tebal sil (11 mm) – ini adalah spek dari sil FZ6

Sedangkan sil R6 ukurannya 43 mm x 53 x 11, wkwkwk ye nyeplos lah itu sil, gak bisa mendem di tabung sok. Untungnya sil shock hayabusa ukurannya sama kayak FZ6, jadi bisa dipake dah, untuuuung :mrgreen: .

Nah, makanya Sob, kalau mau subtitusi sil shock, perhatian yang MMBlog uraikan di atas ya! Cara ukuranya gimana Mas? ye pake Sigmat lah, jangan pake penggaris papan tulis (masih ada gak sih penggaris papan tulis? ketahuan banget ya angkatan tuwir) semoga bisa jadi tambahan referensi temen-temen dalam nyari part buat motor kesayangan. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

9 COMMENTS

  1. Sedang nyari seal persneling supra 2000 mas. Mau ganti sekalian ding. Ga mau repot. Ga bisa bongkar sendiri soale.

    Pertamax dapet helm seneiL nih

  2. Selamat ya mas, Suzuki per januari ini meningkat penyerapan di masyarakat.
    Yamaha yang harus bermunajat mas.
    Honda kipas-kipas dollar
    Kawasaki juga meningkat. Tapi masih di bawah suzuki mas. Mantab to mas?

  3. Bahannya dari apa ya mas. Istilah ilmiah nya maksut saya? . Misal polycarbonate, polycarpusate. Tapi itu sejenis karet / rubber. Terus apa kah semua seal itu berbahan dasar sama? Apa ada levelnya juga? (mungkin dari sisi harga/kualitas)

  4. Mau nanya dong,ganti komstir matic berapaan ya? Normalnya berapa lama ya komstir bisa bertahan? punya saya udah 6 tahun baru berasa stangnya juglik juglik

  5. Gak ada patokan waktu yang tepat mas. Tergantung pemakaian, cara pakai, kondisi jalan, dll. Kalau jeglak jegluk silahkan di cek aja dulu, kalau emang harus ganti ya ganti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here