Blue Print Mesin Suzuki GSX-R250, Dual Cooler, DOHC, Wah Bakal SEREM!

6

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya, secara detail dan jelas, muncul juga blueprint paten mesin yang diduga sebagai mesin motor sport 250 CC, dua silinder, dari Suzuki. Di Indonesia, memang pasar 250 CC dua silinder lagi gak terlalu gemilang, tapi secara global, motor dengan kubikasi “kecil” begini lagi digandrungi oleh Newbie Rider, anak-anak muda, pengendara wanita, dan balap di kelas ini juga ramai peminat dan penonton, nah, Suzuki sudah bergerak cepat dengan calon jagoannya Sob. kalau MMBlog lihat blueprintnya, ini motor bakalan punya power yang gila!

Kenapa gitu Mas? Yakin banget? Gimana enggak yakin, menurut gambar blue-print, Suzuki memberikan dual cooler! Yang pertama adalah radiator (liquid cooled) dan ada Oil Cooled! Mana Oil Coolednya? Temen-temen pasti menyangka bahwa Oil Cooled bentuknya itu ya kayak radiator tapi biasanya lebih tipis dan gak ada fan atau kipasnya, iya kan? Tapi di dunia motor, khususnya di motor besar, oil cooled ini dibuat agak nyentrik, temen-temen bisa lihat blue print dibawah yang udah MMBlog kasih keterangan:

ini dia

Yups, dari depan mesin, kita akan bisa melihat ada dua benjolan (jangan ngeres). Sebelah kanan, menurut keterangan blue-print, itu adalah filter oli. Kalau filter oli model begini mah udah umum yah, yakin temen-temen juga pasti udah tahu. Tapi yang sebelah kiri itu apa? Nah itulah Oil Cooler-nya masbro. Beda dengan oil cooler model radiator yang oli-nya didinginkan dengan aliran udara, oil cooler model begini, olinya didinginkan dengan bantuan air radiator, karena ada selang dari oil cooler yang terhubung dengan radiator!

Oil Cooler Yamaha R1

MMBlog kok kayaknya tau banget? Gimana enggak tau, wong Yamaha FZ6 Fazer mengadopsi pendinginan model begini masbro :mrgreen: . awalnya, MMBlog kirain itu filter oli, karena lokasinya di depan, tapi ternyata pas lihat buku manual, ooh itu oil cooler toh. Nah, kalau udah begini, temen-temen kudu siap aja dengan kemungkinan, bahwa kompresi motor minimal akan sentuh 12:1 ! MMBlog sih gak nemuin pendinginan model begini di motor 250 CC lain, berarti ini yang pertama.

Setelah MMBlog melakukan penelusuran, penggunaan oil cooler dan radiator sekaligus model begini sudah lumrah dilakukan di motor supersport/superbike berbagai merek masbro, wah ini, terlalu serius nih kayaknya Suzuki di motor 250 CC-nya. Btw, motor ini sama sekali belum kelihatan batang setangnya, gak kayak GSX-250R yang pernah kepantau di pabrik di Tiongkok, berarti pusat R&D-nya bukan di Tiongkok nih, jadi penasaran.

Oil Cooler Suzuki GSX-R600

Terawangan MMBlog sih ini motor akan diperkenalkan tahun ini, entah pada event global apa, atau mesinnya duluan yang dikenalin? Hmm, kita pantau dan tunggu aja bareng-bareng Masbro. Yang jelas, fans mesin ini akan banyak!

6 COMMENTS

  1. Liat dong gbr kedua. Posisi stang pistonnya. Sepertinya 270° pengapian ky MT-07. Soalnya posisinya gak atas bawah 180° atau atas atas 360°…

    • 270° firing berasa vtwin versi inline 😅 tambah kompresi tinggi , torsi gede power ada + suzuki biasanya motornya lebih enteng dari konpetitor 😂 kayaknya all out engine buat kalo kalo reborn 4silinder 😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here