Email Pembaca : Moge Pakai Knalpot Slip On Motor Kecil, Masalah?

10

Sobat MMBlog sekalian, beberapa waktu yang lalu, MMBlog mendapatkan surel dari Bro Ramly. Bro Ramly adalah rider Yamaha FZ750, sebuah motor legendaris dari Yamaha yang masuk ke dalam generasi dan klan motor bermesin Genesis 20 Klep aka lima klep di satu silindernya. Motor ini adalah motor yang bisa dibilang lumayan canggih dan hebat di masa-nya, MMBlog udah pernah bikin artikel motor ini secara terpisah, karena apa? Karena motor ini eksis di tanah air sebagai motor polisi. Bahkan PM deket rumah aja ada yang pakai motor ini Sob. Nah, Bro Ramly nanya, knalpot aftermarket apa yang cocok untuk motornya? kalau dikasih knalpot motor dengan CC kecil, bermasalah gak?

Yamaha FZ750 adalah motor dengan dual knalpot di kanan dan di kiri. Pilihan knalpot aftermarket berdefault kayak begini emang enggak banyak, makanya MMBlog nyaranin, palingan pakai knalpot punya Kawasaki Z1000 Sugomi. Ya bisa aja sih pakai knalpot aftermarket punya Hayabusa atau ZX14, tapi dimensinya guedde bener biasanya 😆 . emang bisa mas? Yah, di Indonesia apa sih yang enggak bisa, wkwkwk, tinggal bawa ke pengrajin, terus bikin link pipe, beres deh!

Lalu pertanyaan kedua, apakah kalau dikasih knalpot aftermarket punya motor ber-cc kecil akan menimbulkan masalah? Kalau menurut MMBlog pribadi sih kayaknya enggak bakal nimbulin masalah serius atau kenapa-kenapa yah. contoh, beli knalpot two brothers, atau yoshimura punya Ninja 250/CBR250 uda biji yang modelnya bakalan kembar/simetris kalau dipasang di kanan dan kiri, terus bikin link pipe-nya, nah, dijamin suara bakalan lebih mantap, lebih oke! Ini cara yang paling ekonomis dan relatif mudah.

Yakin mas enggak bikin rusak mesin? Yaa, itu banyak moge-moge pakai silincer yang ukurannya kayak knalpot satria FU atau knalpot Honda Beat, suaranya jadi kenceng banget, cempreng, tapi tetep, ala suara mesin empat silinder gitu yang padet, merdu, dan harmonis. Selama slip-on mah fine-fine aja sejauh ini Sob. gimana? Temen-temen ada yang mau sharing? Silahkan lho. Sekian, terima kasih, dan selamat mencoba yah! btw, MMBlog lampirin link mengenai Yamaha FZ750 di bawah ya.

Yamaha FZ750 Genesis Police, Moge Spesial Sebelum Yamaha XJ900P Yang Unitnya Limited Di Indonesia!

10 COMMENTS

  1. klo liat konfigurasi knalpot na 4-2, saran ane sih pake slip on punya KTM Duke 390 new aja 2 pcs. klo di itung² sih ngepas lah sm knalpot itu.

    • bener engga yah konfigurasi na 4-2 ? ato 4-2-1-2?

      ane itung kapasitas tiap silinder na kurleb 187,5 cc. nah klo misal knalpot na model 4-2, berarti 187,5 x 2 = 375 cc. cocok na pake yg knalpot punya kapasitas silinder na segitu, paling pas knalpot KTM Duke 390 new. cmiiw

    • ane itung kapasitas tiap silinder na kurleb 187,5 cc. nah klo misal knalpot na model 4-2, berarti 187,5 x 2 = 375 cc. cocok na pake yg knalpot punya kapasitas silinder na segitu, paling pas knalpot KTM Duke 390 new. cmiiw

  2. Slip on kn berarti cm gnti slencer yak(+link pipe). header masih bawaan berarti..mestinya sih fine2 aja.. yang mesti ati2 kalo ngitung diameter sm panjang header custom/bikinan..

    • Biasanya knalpot motor yg udh berumur secara fisik dan fungsi udh kurang baik. Mungkin ownernya pngn tampilan yg lbh fresh dan mau merekondisi motornya juga.

  3. nah ini penasaran dari dulu om van, mau tanya sekalian (walopun motor saya mocil ?) misal kalo silencer aftermarket yamaha nmax (ex:r9 misano, prospeed scooter etc..) dipasang ke yamaha Xmax (link pipe custom tentunya, soalnya knalpot xmax mahal2, mau coba yg ekonomis, hahahaa) aman gak ya? secara mesin 1 silinder dan turun cc. makasih om van, sukses terus blognya

    • Numpang nimbrung om, kalo menurut ilmu kesotauan saya mah aman2 aja, cuman tenaga yg dihasilin gak segede tenaga aftermarket fullsystem xmax

  4. @Mirr
    kalo dibanding silencer standar bawaan xmax, lebih besar silencer aftermarket nmax yg dipasang ke xmax, atau malah drop ya om?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here