Honda CRF450L 2019 Diperkenalkan, Enduro KEREN!

11

Sobat MMBlog sekalian, beberapa jam lalu, yang jelas bukan di tanah air, Honda Global secara resmi memperkenalkan Honda CRF450L, sebuah motor trail, motor enduro yang punya mesin serius, tapi road legal alias bisa dipakai di jalan raya. Yang udah-udah, varian enduro atau trail Honda 450 CC adalah varian trail yang memang OFF ROAD. Diluaran sana, bikers yang demen off-road atau trail mania, bener-bener menanti motor ini masbro.

Honda CRF450L hadir dengan statusnya sebagai motor street legal di lebih dari 50 negara. Menggunakan catalityc converter, gas buang motor ini sangat ramah lingkungan. Motor ini juga telah dilengkapi dengan lampu depan, tapi untuk tetap ngasih kesan off-road yang kuat, mika lampunya dikasih kesan dark. Lampu depannya menggunakan lampu LED. Begitu pula dengan stoplampnya, mengunakan LED. Eits, seinnya juga menggunakan LED Sob, sama kayak punya Honda Vario!

Motor ini diklaim memiliki kemampuan off-road serius yang menyenangkan dan punya kontrol yang mudah. Suspensi depan Honda CRF450L menggunakan suspensi upside-down dari Showa dengan 49mm diameter, gede banget yah. suspensi belakang menggunakan suspensi monoshock prolink, kedua suspensi ini dapat disetting alias fully adjustable masbro. Suspensi superb ini didukung oleh rigiditas sasis twinspar. Bannya menggunakan ban trail murni dengan spek 80/100-21 untuk ban depan, dan 120/80-18 untuk ban belakang. Hmm, diganti jadi ban supermoto asyik nih.

Ngomongin mesin, mesin Honda CRF450L bisa dibilang setali tiga uang dengan mesin Honda CRF450R. Bedanya ada di rasio kompresi, kalau Honda CRF450R punya rasio kompresi ala SE yang tembus 13,5 : 1, Honda CRF450L lebih ramah dengan rasio kompresi 12,0 : 1. Tapi yaa, tetep tinggi juga nih kompresi pistonnya Sob. mesin motor ini adalah mesin spesial Honda yang menggunakan Unicam. Klaimnya, silinder head unicam adalah kombinasi terbaik dari desain silinder head SOHC dan DOHC, membuat mesin jadi lebih compact, minim friksi, dan bertenaga. Hmm, jadi pengen jajal, at least denger suara mesinnya gituh. Punya mesin kayak gitu, kayaknya kalau enggak ada pendingin yang advance bakalan percuma, makanya Honda memberikan dual radiator di motor ini Sob.

Untuk kegiatan riding harian, atau offroad serius, Honda mengklaim bahwa mesin Honda CRF450L sudah amat sangat mumpuni dan FUN! Gokilnya lagi, motor ini mengadosi 6 tingkat percepatan! Di highway siap, di tanah siap, ngerih!

Perkara lain-lain, ya ala motor trail lah, ini motor tinggi yang jelas, wkwkwk, urat paha MMBlog sih bakalan ketarik kalau naikin 😆 . perkara speedometer juga dibikin simpel, kayak Honda CRF150L, tapi dengan pencahayaan latar belakang warna biru. Setang menggunakan setang renthal fatbar yang sudah menjadi defaultnya. Yang jelas, Honda CRF450L adalah varian trail enduro street legal yang nampaknya akan menjadi lawan berat dari Suzuki DRZ400. Secara Honda CRF450L hadir, Suzuki DRZ400 jadi makin terlihat lawas nih, ya emang sih Suzuki DRZ400 udah punya nama dan beken abis!

Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here