Test Ride Royal Enfield Himayalan, Diluar Ekspektasi, Nyamannya Keterlaluan!

0

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang udah MMBlog mention di artikel sebelum ini kalau MMBlog beberapa hari yang lalu telah mencicipi varian baru dari Royal Enfield, yakni Royal Enfield Himalayan. Alhamdulillahnya, MMBlog pribadi adalah rider/blogger yang udah lumayan familiar saya Royal Enfield. Tahun lalu, MMBlog pernah dipinjami unit Royal Enfield Bullet 350 oleh Royal Enfield Indonesia. Jadi badan udah “siap-siap” nih buat test ride Himalayan, hehe. Gak taunya, ini motor rasanya beda! Oke deh, MMBlog coba ceritain lebih lanjut ya!

Aspek Ergonomi

Royal Enfield Himalayan punya ergonomi khas motor enduro adventure yang serius. Setang lebar dan tinggi, jok yang jauh dari footstep, otomatis, membuat posisi badan jadi tegap dan rileks. Tinggi motor hanya 80 cm, walhasil, MMBlog gak terlalu jinjit. Ditambah lagi, motor ini joknya empuk sangaaaat, dan lembut! Luar biasa, untuk perkara ergonomi MMBlog kasih 10 dari 10 point, nyamannya luar biasa! Asli enggak intimidatif, even itu untuk newbie sekalipun.

Performa

Ini dia, biasanya mesin satu silinder Royal Enfield punya performa yang so so, dan nikmat untuk joy ride. Nah, ternyata beda untuk Royal Enfield Himalayan, motor ini tarikan bawahnya ngisi banget! Padat, dan siap di revving! Asli dah, khas motor adventure yang siap ngedorong motor di jalanan gravel! Udah gitu, ini dia yang beda, getaran motor bisa dibiang super minim! Beda sama varian lain yang emang terasa kuno dan vintage dengan getaran yang nikmat, nah! MMBlog pribadi,  demen banget sama performanya. Berasa nih, torsi padat dan napas panjang.

Ya trek IIMS temen-temen udah tahu lah, untuk eksplore topspeed ya agak susah, cenderung enggak bisa 😆 . tapi dari impresi pertama, performanya bener-bener asyik dan FUN! Pas untuk kubikasi motor 400 CC satu silinder.

Handling dan Suspensi

Gak banyak yang bisa diceritain di sini, tikungan trek lumayan patah-patah. Bagi MMBlog pribadi mah gak kesulitan untuk U-Turn ataupun belok dengan atau tanpa turun kaki. Bisa dibilang, ini motor masih dapet untuk dikatakan sebagai motor yang lincah. Motor adventure sejatinya emang kudu lincah, gesit, dan agile! Suspensinya empuk euy, nyaman banget. Ada jalanan bergerunjal yang disediakan di jalanan test ride, hasilnya dilibas kenceng motor tetep stabil dan antep, serta guncangannya enggak berlebihan!

Rem

Cukup baik, untuk pengereman berencana udah lebih dari cukup disc brake di depan dan di belakang.

Lain-lain

Spion bisa membantu untuk melihat area belakang dengan amat sangat baik. Kopling enteng, gas enteng, shifting juga empuk. Bener-bener sebuah motor yang enggak bikin ribet atau susah dalam pengendalian ketika berkendara. Enaklah, apalagi ini motor juga simpel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here