Review Harian Yamaha MT-09, Fun To Ride Kuadrat!

22

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang sudah MMBlog kabarin di sebuah artikel beberapa hari yang lalu, sekarang MMBlog diamanahkan Yamaha MT-09 oleh PT YIMM untuk MMBlog review harian. Yamaha MT-09 sekarang ini sebenernya statusnya udah sold-out Sob, abis LUDES! Tinggal nunggu versi terbarunya aja nih dijual sama PT YIMM, nah, sebelum nanti temen-temen beli versi barunya, yuk simak artikel review harian mengenai Yamaha MT-09 ini, yang jelas, motor ini punya sisi Fun To Ride Kuadrat! Hmm.

Fun To Ride, adalah sebuah frase yang suka diungkapkan oleh pabrikan atau reviewer terhadap sepeda motor yang asyik, seru, menantang, menarik, tapi gak bikin lemas atau enggak mengerikan. Nah, Yamaha MT-09 ini MMBlog katakan adalah motor yang nyenengin! Yamaha MT-09 adalah entertainer bike, motor yang bisa menghibur, motor yang bener-bener-bener asyik untuk diajak riding! Tapi, serius, butuh latihan-latihan dan latihan yang sering supaya bisa merasa asyik dan friendly sama semua variabel yang bikin Yamaha MT-09 menjadi fun to ride kuadrat!

rileks, tapi sigap, serta unik ergonominya!

Yamaha MT-09 itu bisa dibilang sebuah motor yang tercipta dari ergonomi yang unik, kenyamanan yang generik, power mesin yang eksplosif, serta handling serta suspensi yang predictable. Ergonominya kurang lebih kayak Xabre, tapi lebih nyaman. setang tinggi, lebar, dan dekat sama badan, footstep agak lurus cenderung ke belakang dengan jarak yang lumayan jauh dari jok, bikin legroom jadi super lega, Insya Allah, kaki jauh dari rasa kesemutan.

nyeeeeesssssss

Motor ini gak nyusahin dari sisi dimensi, gak gede bisa dibilang lho. Didudukin sama MMBlog yang tingginya hanya 167 cm aja enak banget, gak terlalu jinjit. Yamaha pinter ngerancang joknya agar ramping, tapi sisi mesin, diekspose habis-habisan dari segi visual. Kalau temen-temen lagi suntuk, bosen, boring, ngajak MT-09 Sunmori atau touring jarak dekat adalah pilihan yang tepat, karena jadi girang! Terlebih, knalpot MT-09 milik PT YIMM ini sudah menggunakan Leovince Full System yang suaranya jadi nyaring, tapi tetap bulat, sama sekali enggak annoying, malah enak!

Yamaha MT-09 ini setahu MMBlog menggunakan Throttle By Wire, makanya ada tiga mode berkendara. A, B, dan Standar. Mode B adalah mode comfort, rpm naiknya smooth, halus. Mode standar adalah mode yang biasa, karakter respon throttlenya lucu, mirip-mirip sama MV-Agusta. Mode A adalah mode sadis! Gila, letupan tenaganya bener-bener udah kayak meriam, BOOM!!! Yang tadinya ngantuk, jadi melek.

Selain punya sisi Fun To Ride Kuadrat, Yamaha MT-09 adalah motor yang punya  karakter ban belakang dan depan yang berbeda. Ban belakang, seneng banget lengket sama aspal, kayak manten baru, traksinya aduhai! Tapi ban depan, suka LDR-an sama aspal Sob, yoih, alias gampang banget ngangkat kalau tangan kanan gak ngelus throttle dengan penuh perasaan! Aahhh, bener-bener deh ini motor, keren! Pantesan aja jadi motor terbaik di tahun kelahirannya, dan sampai sekarang, motor ini laku keras!

ridernye gagah, motornye keren, kurang ape coba???

Oke deh, nanti MMBlog sambung lagi ceritanya di artikel terpisah yah. mau edit-edit foto MT dulu, hehehe. Sekian, terima kasih, dan semoga gak ngeces yah Sob! huehehehe. Silahkan komentarnya, kalau ada titipan review atau artikel juga boleh, nanti MMBlog tampung. Makasih udah membaca dan bantu sharing Sob.

thanks to Abang @gilakunters buat fotonya, mantaaapp!

22 COMMENTS

  1. Tornado GS gw juga gitu om, padahal udh di kasih ban 2.75 dan belakang 3.00, tp ban depan maunya ngangkat klo throttle di up mendadak, gear 3 pun msh up itu ban depan.

    Aneh… padahal enjin jadul tp kenapa mudah sekali up ban depan yak…

  2. dan sudah selayak nya design MT-25 itu seharus nya sealiran dengan MT-09 ataupun MT-07 yang design nya sperti beraliran wild, bener2 2 mtr yamaha ini punya aura fun to ride dan liar bgt… beda banget sm MT25/03, design nya roadster banget, standar motor2 biasa lah, ga ada galak2 nya tampang nya.. untuk gen MT, mt25/03 terlalu kalem…
    ane gag akan pernah berhenti kagum sama design MT-07 dan MT-09 gen awal… 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here