Motor Yang Sukses, Ketika Harga Sekennya Bisa Lebih Tinggi Atau Sama Kayak Harga Barunya!

15

Sobat MMBlog sekalian, pernah gak temen-temen melihat ada yang jual motor seken dengan harga yang sama, atau bahkan lebih tinggi daripada motor barunya? Coba temen-temen cek harga Honda CRF250 Rally, dan Yamaha X-Max 250, atau Kawasaki Versys 650 untuk motor besarnya. Ini motor sekennya bisa dibilang GILA! Betul, ini motor harga sekennya sama kayak harga barunya atau bahkan ada yang dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga barunya! Yang beli emang ada? Ada banget!

Fenomena menarik adalah Yamaha X-Max 250. MMBlog mendapatkan email dari Bro Tatag yang mengatakan bahwa X-Max miliknya dijual dengan harga yang sama dengan harga barunya, padahal motor ini sudah dipakai hingga hampir 2.000 km. melihat-lihat FJB, dan tanya-tanya ke temennya, ada yang jual dengan harga 2 juta lebih tinggi ketimbang harga baru, dan laku! Nah, ini lah yang MMBlog bilang sebagai motor “Sukses” di kelasnya!

lawas

Contoh lain, adalah Honda CRF250 Rally. Motor ini juga harga sekennya sama kayak harga baru. Coba temen-temen cek harganya di situs jual beli online, ada yang jual lebih tinggi ada juga yang jual sama dengan harga barunya. Sama kayak X-Max, motor ini bisa dibilang sebagai motor sukses! Untuk mogenya, temen-temen bisa lihat Kawasaki Versys, gila ajah, Versys bekasnya 110-120 juta, untung banget yang beli dulu, wkwkwk. Coba si Merah aka ER6n, bisa laku 65 juta aja syukur.

Sebenernya “Sukses” dalam kategori atau ranah gimana sih Mas? Sukses di sini adalah dalam artian, produk ini adalah produk yang sempurna, hadir di saat yang tepat, marketingnya tepat, dan punya harga yang tepat pula! Yamaha X-Max adalah maxi scooter terbaik saat ini, harganya pun oke, desainnya menarik, dan marketing yang diterapkan untuk motor ini amat sangat bagus! Honda CRF Rally pun demikian, motor ini adalah motor adventure yang ditunggu keberadaannya! Versys, moge nyaman harga murah!

Istilahnya, Right Bike in the Right Time! Gimana? Ada contoh lain Sob? Ya pasti setelah 3-4 tahun adalah yang namanya depresiasi harga, tapi tetep aja, gak jeblok! Mantaaap!

15 COMMENTS

  1. bagaimana dengan motor korea? ada itu second nya lebih mahal. regal raptor juga. kaisar rubby juha demikian. makin di pakai makin mahal

  2. xmax250 dan cfr250 karena lagi booming sj.. sedangkan stock terbatas… jadi orang yg tidak sabaran (orang indo nich hehe) bakalan mau beli seken walau harga lbh mahal drpd yg baru (krn yg baru masih lama indennya).. untuk versys sebenarnya karena perubahan aturan PnBm saja.. krn cc diatas 650 cc jd kena pajak 125%… seolah olah jdi lebih murah. lihat saja Z800 yg awalnya 169 jt jadi 210 an juta gara2 tuh pajak.. kalau seken Z800 skg 170 – 180 jt ya tetep saja turun dr harga 210 an juta… IMHO

    • Mungkin maksudnya disini yg dulu beli z800 169 jt dijual jd 170-180, kalo sekarang beli 210 yaa secondnya pasti mepet harga baru. Cmiiw

    • klau motor2 yg sudah d stop produksi itu bisa d bilang wajar klau seken ny luar biasa tingginy(khusus motor yg punya nilai eksostis atau sejarah tersendri),…..
      yg d maksud d atas adlh motor ny sendri masih d produksi dan jual,…

  3. NSR SP berhasil banget dong ya kalau gitu.
    inflasi dikesampingkan, berapa % tuh kelabihan nya daripada harga beli awal. 😀

  4. Motor sukses gak diukur seberapa banyak penjualannya
    Tapi seberapa banyak user puas dengan motornya, jarang rewel, mudah dirawat, dan ketika discontinued, sekennya masih dicari dengan harga tinggi
    Contoh: NSR SP, TZM, RX King, Scorpio

    Motor baru meski paling laku, tapi kalo nyari spare parts nya aja susah, inden lama, bahkan untuk parts yg harusnya mudah (tapi selain spare parts fast moving), sering masalah, terus di pasaran mokas juga banyak, tapi harga jual juga tinggi (karena kemakan propaganda merk, fanatik buta, permainan harga pedagang mokas, dsb), maka berarti motor tersebut belum sukses, meskipun sukses di penjualan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here