Honda CB250 Jade, Sang “Giok” Spesial Yang Terlupakan

3

Sobat MMBlog sekalian, kalau temen-temen adalah motorcycle enthusiast yang concern sama motor-motor hebat, temen-temen pasti tahu kalau dahulu, Honda punya sebuah motor spesial yang bernama Honda CB250F Hornet. Bisa dibilang, ini adalah mini hornet yang pedas, galak, dan eksotis. Tapi tunggu dulu, di balik kedigdayaan Honda Hornet 250, ternyata sebelumnya ada suksesornya lho, motor itu bernama Honda CB250 Jade! Jade itu sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti Giok, hmm, lanjut lagi yuk.

Giok, adalah sebuah batu yang biasa digunakan untuk sebuah karya seni. Batu ini dapat dibentuk menjadi banyak bentuk yang beraneka ragam. Warnanya juga senada, yaitu warna hijau. Entahlah, apa filosofi atau latar belakang Honda ngasih motor ini dengan nama “Jade”, hijau kagak, kayak batu juga kagak, mungkin ini motor diharapkan bisa membentuk karakter ridernya menjadi oke kali yah, kayak batu Giok yang bisa dibentuk macem-macem.

Honda Jade 250 bisa dibilang sebagai motor yang langkanya kelewatan. Di Google aja fotonya enggak banyak. Wajar kali ya, soalnya motor ini hanya diproduksi selama empat tahun, mulai tahun 1991 hingga tahun 1994. Ngomongin spek, sebenernya lumayan istimewa loh. Motor ini menggunakna mesin empat silinder segaris, 250 CC, DOHC, 16 klep, rasio kompresi 11,5 : 1, 6 speed, dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 40 daya kuda! Di zamannya sih oke banget, mesinnya menggunakan mesin Honda CBR250RR Empat Silinder.

Kalau ngomongin tampilan, motor ini terlihat kayak Hona Tiger, tapi dengan mesin yang lebih padat dan juga knalpot yang aduhai, empat silindernya itu loh.

Di beberapa review, mengatakan kalau motor ini memang enak dikendarai, nyaman. terus tenaganya juga linear, suaranya empat silinder segaris yang merdu. Hmm, kalau mengacu ke pengalaman MMBlog yang pernah jajal motor Honda CBR250RR empat silinder sih, pastinya tenaganya emang enak banget! Terlebih ergonomi motor ini juga nyaman! bener-bener kayak Honda Tiger yak! Mantap yak Honda Giok, wkwkwkwk, yang boten-boten aje Honda ngasih nama motor. Keren sih, JADE! Tapi batu Giok, jadi lucu.

Oke deh, semoga bisa nambah referensi dan cakrawala temen-temen yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here