Akhirnya Ganti Sepul Suzuki Thunder 250 Untuk Kedua Kalinya, Kembali Segar!

14

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari ini, Si Tua Thunder 250 bisa dibilang lagi agak pesakitan. Beberapa hari ini juga, MMBlog selalu menggunakan engkol untuk menghidupkan motor. MMBlog pikir, aki kering merek Toyo yang MMBlog ganti pas setahun lalu udah gak oke, inisiatif, akhirnya MMBlog ganti tukar tambah dengan aki GS yang merupakan aki Basah dan aki Vespa 10 ampere. Okeh, langsung jreng! Dibawa riding seharian, tanpa menghidupkan lampu, motor sih tokcer. Tapi begitu malam, lampu dinyalain, beberapa saat, lah, lampu ngeredup, lemes, dan parahnya, motor mogok 😆 , duh, kenape lagi ni motor?

Diengkol sih motor masih bisa hidup, kalau lampu utama enggak nyala sih motor masih bisa jalan normal, tapi begitu lampu dinyalain, langsung brebet dan mogok, klakson juga udah enggak nyala sama sekali. Akhirnya langsung kontak Koh Welly, punggawa Bengkel Kharisma Motor yang emang spesialin Thunder 250. Koh Welly bilang, cek sepul, mungkin ada kabel yang gosong, hmm, yawislah MMBlog bawa aja ke bengkel ke esokan harinya, biar di cek langsung aja di sana.

Bongkar-bongkar, ternyata bukan kabelnya aja yang gosong, sepul juga gosong di 6 gulungan. Koh Welly bilang, ini sih udah gak ada tulungannya lagi, wkwkwkwk. MMBlog terakhir ganti sepul itu tahun 2009, waktu itu ganti sepul di Mahkota Inti Sejahtera Depok, sampai sekarang jadi umur sepul itu udah 8 tahun. Terakhir ganti itu harganya masih 550 ribu rupiah, sekarang harganya udah mengalami penyesuaian yaitu 1 Juta rupiah, yawislah, sikaaat! Worth it kok, toh juga udah 8 tahun, wajar kalau emang gosong. Koh Welly bilang malah katanya ada yang hanya sampai 2 tahun, 4 tahun udah jago, 8 tahun? Hmmm.

Setelah ganti sepul, langsung gagah lagi, lampu terang lagi, klakson kenceng lagi, siap gaspol lagi dah!

MMBlog tanya, emang kira-kira umum sepul itu berapa lama yak? Sepul masing-masih motor tiap merek. Koh Welly bilang gak bisa dijadikan patokan atau enggak ada ancer-ancernya Sob. Ada Kawasaki ER6n, belum lama dipakai, tapi sepul udah kena, sedangkan si Merah ER6n mantan motor MMBlog udah lima tahun di gas, kelistrikannya masih lancar jaya luar biasa gagahnya. Kalau MMBlog perhatiin sih, perkara Thunder, ya MMBlog enggak pasang aksesoris kelistrikan yang ngejambrong, dan pake oli kental SAE 20w-50 (sepulnya kerendem oli).

Gimana Sob? Ada pengalaman serupa perkara sepul-menyepul ini? Gak kebayang kalau lagi riding agak jauhan terus ini sepul mati, kalau di motor umum sih mungkin bisa dibeli di dealer, tapi kalau moge atau motor langka begini, garuk-garuk kepala doang dah sambil nelepon towing, wkwkwkwk. Atau mungkin solusi jangka pendeknya di gulung ulang kali yah?

Oke deh, siap-siap ya Sob kalau lampu mulai redup-redup, pas ganti aki tetep tekor itu aki. Monggo cek semuanya. Btw, Kiprok dari baru masih okeh nih Thunder! 11 tahun!

14 COMMENTS

  1. Curhat om, Supra 100 ane pernah gini juga. Lagi di Jateng tepatnya di salah satu Kecamatan di Wonogiri, pas mau balik ke Solo, motor brebet kaya abis bensin sampe akhirnya mati, di engkol berkali-kali gamau. Akhirnya dibongkar bengkel deket situ dan ternyata sepulnya kena. Sialnya lagi sepul Supra ga ada, jadilah diakalin pake sepul Grand (kata montirnya). Alhamdulillah nyala, pas lanjut jalan baru sadar gak ada pantulan cahaya lampu depan di bodi mobil depan ane, dan bener aja lampu depan ogah nyala. Nyampe Solo hunting sepul ori Supra GAK NEMU samsek om, bahkan sampe dealer gede sama gudang onderdil honda pun gak ada (di bengkel biasa ada cuman harganya selangit dan gak yakin ori). Jadilah selama hampir 5 bulan motoran gak pake lampu depan, mau jalan ke Kota aja mikir takut ada razia, padahal Solo itungannya kota kecil, akhirnya cuman bisa motoran dari kos ke kampus doang, itu juga kalo malem diklaksonin orang terus`. Alhamdulillah pas liburan semester balik Jkt dapet sepul ori NOS di Ciledug ane tawar kepegang 95 rebu. Bisa melek lagi deh tu Supra. Hehe… kepanjangan ya om. maap

    • gak mungkin sparepart Honda susah, diblog2 banyak lho ngepbeha yg bilang nyari part Honda itu gampang. sekali ke bengkel lngs dpt, harga murah meriah…

      kata ngepbeha lho

  2. Dulu pernah punya CB 100 tahun 1976
    Pake spul grand… eh ternyata kalah…oli rembes pula
    Penyakitnya ya sama, lampu. Mungkin sama warung remang2 masih terangan warung remang2.

    Akhirnya spul grand dilengserin, ganti spul neotek, ganti CDI, sekalian ganti blok neotek
    Wkwkwkwkwk…keterusan….

  3. Comment: shogun 125rr gosong 1 kumparan, beli nyari SGP ga ada, ada pun merk bi*apart yg terkenal lemah, akhirnya di gulung sendiri. beres. kiprok ganti merk abal2 dah 2 tahun masih ok

  4. Wih sama banget nasibnya, motor ane jg thunder 125 lansiran 2005, ganti sepul taun 2009 bulan juli, udh sebulan sama jd pesakitan ganti accu 2kali tetep tekor, akhirnya hari ini mau ganti sepul, sama2 umurnya 8 tahunan om van tu masa pakai sepul hehehe

  5. Wah baru aja kmarin nih tiger revo saya spulnya rusak. Pas lg touring juga ngelewatin daerah yg rawan begal eh tiba2 motor mogok. Di kick starter juga gabisa pdhl itu udah mau maghrib.. Terpaksa nuntun bawa ke bengkel terdekat dan untungnya yg punya bengkel bisa ngakalin ganti cdi punya megapro jd aliran yg ke spul pindah ke aki.. Akhirnya bisa hidup buat ngelanjutin touring lg.. Btw udah 10 taun itu umurnya si tirev..

  6. wah bagusan tornado gs gw doank, 12 thn blm ganti kmrn baru ganti sekalian ubah kelistrikan jadi DC Fullwave… bukan cuma lampu yg terang tenaga juga naek mendadak dan lbih stabil. Kasih karbu gede makin joss dah…

  7. Wah..vespa kolot ane th 63…lampunya redup wae…pas gnti sepul lampu terang bgt tp ga kuat lama lngsung koit lampunya..akhirnya pasrah aza…. namanya motor tuwir…

  8. Scorpio 2006 alhamdulillaah belum ada masalah kelistrikan.
    Bebek Jia Ling 2000 ganti spul sekali pake punya Grand (Plug & plung!) sampe sekarang masih oke.
    Bebek Kaze 2003 alhamdulillaah belum ada masalah kelistrikan.
    Scoopy 2011, Vario 2013 dan CB-125 1974 yg diganti kelistrikan GLPro, alhamdulillaah masih aman.

  9. Honda CS1 ane, ini motor mesin dan lain2 nya bandel banget, cuma ga laku aja karena desain nya nyeleneh. Alhamdulillah udah 9 sepul, cdi, dan jeroan mesin belum ada yg diganti kecuali rantai keteng, dan mesin nya masih bertenaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here