Ban Lokal, Kenapa Size-nya Mentok di 160?

7

Sobat MMBlog sekalian, saat ini, Ban yang melingkar di pelek Mas Mul aka Yamaha FZ6 Fazer S2 adalah ban “tua” yang diproduksi pada tahun 2013. Hmm, bisa dibilang bannya emang udah enggak terlalu proper untuk bikin Mas Mul bisa lincah di aspal, gak botak sih, tapi biasanya ban diatas umur 3 tahun performanya udah gak terlalu baik, pengen ganti ban, ada beberapa kandidat, semuanya Ban Impor, Ban Lokal? Hmm, kok enggak ada ya yang ukurang lebar 180?

Setelah melakukan banyak penelusuran mengenai ukuran ban lebar 180, dipastikan kagak ada ban lokal yang membuat ban dengan ukuran ini. Maksimal, ban yang dibikin sama produsen ban lokal adalah lebar 160, yoih, lebar ban moge-moge entry level macam Honda CB500 series dan Kawasaki 650 series. Yang radial ada, baru dikeluarin sama IRC, tapi tetep ukuran maksimalnya 160. Line-upnya ada Aspira Premio Sportivo, IRC Exato, Zeneos Turino, Zeneos ZN62.

Padahal, bisa dibilang, ban 180 ini banyak peminat. Oke, emang sih, mungkin, barangkali, untuk pasar atau market atau konsumen “moge tulen” ban lokal 180 bisa jadi kurang mendapatkan hati karena hal “pride”, yakin, kalau ada produsen lokal bikin, kualitasnya pasti bagus, apalagi kalau udah radial, tapi tetep, rider “moge tulen” itu bakalan merasa gengsi untuk membeli ban tersebut, terlebih duit juga punya kan buat beli ban impor.

Peminatnya? Ya bisa aja para rider 250 CC/650CC yang kaki-kaki motornya dimodifikasi, segmen ini lumayan banyak, atau bisa juga untuk pasar ekspor. Gini aja deh, ada berapa banyak ER6n atau Ninja 650 yang kaki-kakinya diganti jadi gambot, bannya jadi 180? Atau Ninja 250 yang pake ban 180? Belinya juga bukan ban baru pula, tapi ban moge seken, nah kan!? Gak ada yang berani testing the water sih, ya mau gimana lagi, pasti untuk bikin ban satu ukuran baru gitu, investnya pasti lumayan. Kalau mau bikin, tentu harus juga ada komunikasi marketing yang mumpuni dan menarik.

Sekarang ban 120 – 180 yang merupakan ban standar moge paling murah dipegang sama Michelin Pilot Street dengan harga sepaket 2jutaan. Atau mungkin masbro ada opsi lain? sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

7 COMMENTS

  1. Jangan pake pilot street (bias) deh, komponnya keras.. masih cukup licin juga.
    Gak tau deh pilot street radial apa keras juga.
    ..
    Kalau ukuran ban belakang 150 atau 160 sih ban lokal yg ajib ada corsa r93
    ..
    Kalau 180 sementara ini ya mesti yg impor
    ..
    Begitu bang vandra.. numpang nyumbang opini.. hehe salam karet bundar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here