Min. Th Di Cakram, Ini Artinya dan Perhatikan Sob!

3

Sobat MMBlog sekalian, ketika ngecek peranti pengereman, pernah gak temen-temen melihat tulisan atau ketrikan “Min. Th” di cakram yang nempel di pelek? Tiap, cakram, baik itu bawaan motor, aftermarket, hingga yang abal-abal pun pasti ada tulisan ini. Pada awalnya, MMBlog kirain, Min Th itu punya arti Madi In Thailand, wkwkwkwk, ternyata mas Ngobrol-Ngobrol sama Mas Lutfi dari AxeleraMoto, Juragan Galfer, Min Th itu punya makna Minimum Thickness!

Yup, Minimum Thickness atau ketipisan minimum! Nah, kalau dipakai, bertahun-tahun, berpuluh ribu kilometer, tentu bukan kampas rem aja yang berkurang kan ketebalannya, piringan cakrampun demikian Sob, bisa kekikis dan kemakan! Nah, Minimum Thickness di rem cakram motor beraneka ragam Sob, ada yang 3 mm, ada yang 4 mm, ada juga yang 4,5 mm. MMBlog awalnya gak percaya gitu aja, tapi ketika Mas Lutfi langsung ngukur kampas baru, ternyata emang bener yang minimum thicknessnya 4,5 mm, punya ketebalan lebih dari itu.

Ngukurnya pake apa Mas? Pake Sigmat laaah, hehehe.

Gimana? Jujur MMBlog baru tahu perkara hal ini, selama ini malahan ada orang yang ngebubut piringan cakramnya biar makin tipis dan rata karena udah gak rata atau bergelombang. Baiknya, ya diganti baru aja Sob. emang sih harganya lumayan, tapi ya worth it lah, itu barang kan buat ngeberhentiin dan memperlambat laju motor, xixixi. Oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here