Mesin V-Twin atau Inline Four?

13

Sobat MMBlog sekalian, dua dari sekian banyak konfigurasi mesin sepeda motor yang menjadi favorit bikers adalah mesin empat silinder segaris dan mesin V-Twin. Dua jenis mesin ini adalah mesin yang umum digunakan di berbagai jenis sepeda motor. Roadbike, Sportbike, Touring, Cruiser, semuanya ada yang menggunakan mesin empat silinder segaris atau menggunakan mesin V-Twin. Moge-moge di tanah air pun, dengan catatan moge yang kebanyakan menjadi moge impian, menggunakan mesin dengan tipe ini, nah favorit-mu yang mana Sob?

Mesin Empat Silinder Segaris Yang Lembut

tetep jadi idaman

Mesin empat silinder segaris adalah mesin yang nampaknya menjadi mesin yang punya appeal tinggi untuk bikers Indonesia. Menawarkan tenaga yang smooth, power yang besar, dan terutama, suara yang merdu serta pulen, membuat motor dengan mesin empat silinder, begitu mempesona dan di impi-impikan. Line-upnya banyak, dari sportbike hingga streetbike, dari CC 250-1400 banyak motor yang menggunakan mesin ini!

MMBlog pribadi adalah rider yang mendambakan motor dengan konfigurasi mesin empat silinder Sob. udah berkali-kali nyoba, dan emang nikmatnya luar biasa!

Mesin Dua Silinder V- Twin Yang Entertaining!

Nah mesin dua silinder V-Twin ini punya kisah yang mirip dengan mesin empat silinder di tanah air. Mungkin kalau di kasih peringkat, mesin V-Twin menjadi mesin runner-up favorit. Halus? Kalau bukan pabrikan Jepang gak akan halus, malah cenderung Harsh atau kasar, tapi suaranya itu “Drepp..dreepp..Drepp..dreepp” seirama dengan detak jantung dan humanis, terlebih pas diblayer, bisa menghibur ridernya gak kalah dengan mesin empat silinder. Saat ini, mesin V-Twin lebih didominasi oleh pabrikan Non-Jepang.

MMBlog juga seneng sama mesin V-Twin, udah pernah jajal HD, Ducati, dll, emang asyik juga! Kebanyakan memberikan torsi lebih dan getaran yang nikmat!

Terus gimana? Kalau punya duit seumpama 160 juta ada pilihan Ducati Monster 795 tahun muda gress dan Kawasaki Z800, masbro pilih yang mana? Dua silinder V-Twin, atau Empat Silinder Segaris. Kalau MMBlog sih empat silinder segaris, wkwkwkwk, silahkan opinimu Sob, MMBlog tunggu. Oia, selamat terawehan yah! besok udah Puasa nih, mohon maaf lahir dan batin masbro!

13 COMMENTS

  1. Mohon maaf lahir bathin juga mas.
    Kebetulan sebelum meminang z800 sudah coba ducati monster 795. V twin nya mantab, tarikan awal seketika melempar tubuh ke belakang kalau tidak siap. Suara kasar, tapi stereo krn dual knalpotnya, handling ringan, tapi buat cornering msh ada slide, rem kebanyakan belum ABS.
    Mesinnya yg panas belum pendingin cairan, bikin meleleh paha daan dalemannya, harus istirahat 30 menit sekali kalau jalan di agak macet.. Not recommended buat touring jarak jauh.. Agak nyusahin, bisa ketinggalan rombongan.
    Z800 lebih smooth di awal, tp meledak juga di rpm 3-4k ke atas. Handling stabil, meski lebih berat dari monster, justru di tikungan z800 lebih superior menurut gw. Suhu mesin tolerable, setelah ganti coolant Eng*ne *ce, makin dingin…
    Sudah coba touring jarak menengah 700km aman2 saja, tanpa overheat di kemacetan, dan suprisenya, gigi 2 di tanjakan masih easy to take over the car. 👍
    Kalau buat upgrade dari 250cc dan mau merasakan kenikmatan berkendara jauh, dan anti panas, sebaiknya inline 4 dan berpendingin cairan. Kecuali mmg ingin buat mejeng atau dalkot saja, masih oke pakai eropa atau Vtwin.
    Africa twin lain ya, motor mantab tuh… Hahaha
    Kelihatannya yg empunya Blog mau upgrade neh. Hehehe…

  2. Inline3
    Mesin paling merdu macam mv Agusta brutale. Seraknya dapat, garangnya dapat, high revvingnya juga dapat.
    Inline4 ga dapat seraknya di rpm bawah

  3. Inline 4 namun harus pake Pengapian Un-even Bang atau beken Yamaha menyebut Crossplane Crankshaft, Yaaahh… walaupun mesin jenis ini adalah mesin yg berat kinerjanya karena harus ditambah balancer penyeimbang guna menyeimbangkan putaran crankshaft, sehingga banyak Lost Powernya, namun apa yg didapat sungguh sangat berbeda dg mesin inline 4 biasa, pas putaran rendah suaranya berisik2 ala mesin jahit, begitu di geber suaranya berubah menjadi garang namun merdu, mirip2 suara mesin Aprilia RSV4 namun lebih tidak serak. Dan yg pasti beda banget dg Inline 4 biasa pada umumnya.

    Kemudian mesin lain yg punya suara merdu dan enak didengar adalah Inline 6 / V-12, hehehe….

  4. ini cuma ngomongin mesin dambaan/impian kan?

    kalo Inline-four ato V/L-twin sih terlalu mainstream,
    saya mendambakan Mesin SQUARE-FOUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here