Email Pembaca : Kawasaki Vulcan S 650 atau Honda Rebel 500? Pilihan Sulit!

7

Sobat MMBlog sekalian, adalah Bro Reza, pembaca MMBlog asal Medan, mengirimkan Surel kepada MMBlog yang isinya adalah pertanyaan sederhana. “Malam Bro, saya pembaca MMBlog, mau nanya nih, rencana mau naek kelas, mendingan pilih Kawasaki Vulcan 650 atau Honda Rebel 500 ya?”, wah, pertanyaan yang menarik, secara MMBlog belum pernah jajal keduanya secara komprehensif, wkwkwkk, tapi gak papa, MMBlog coba kasih pandangan pribadi yah.

Genre Motor dan Ergonomi

Kawasaki Vulcan S 650, motor ini genrenya cruiser tulen. Lihat aslinya, ini motor panjang, terus setangnya tinggi, nah, kalau duduk di Kawasaki Vulcan S 650, bisa dipastikan duduknya bakalan sit-in! yoih, kaki niscaya bakalan selonjoran layaknya berkendara dengan motor-motor cruiser lainnya. Honda Rebel 500? Genrenya gak murni cruiser, memang ada aroma cruiser, tapi cita rasa bobber classicnya tinggi! Posisi duduk lebih kayak motor standar, kaki enggak selonjoran masbro. Perkara tinggi jok, kedua motor punya seat high yang sama-sama pendek. Kalau di tanya MMBlog lebih demen yang mana dari aspek ini, MMBlog pilih Honda Rebel 500.

Mesin

mesin ER6n

Kawasaki Vulcan S 650 punya mesin yang identik dengan mesin Kawasaki ER6n, Z650, Versys 650, dan Ninja 650. Mesin dua silinder legendaris, bertorsi badak, dan dengan durabilitas tinggi serta memang kenyataannya, mesinnya dapat diandalkan di segala kondisi jalan. MMBlog belum pernah coba, tapi yakin, performa gak akan jauh dari ER6n yang galak dan powerfull di putaran bawah menengah, untuk performa “ala moge” dapet banget deh. Honda Rebel 500? Mesinnye juga menggunakan mesin yang dipakai di Honda CB500F, CB500X, dan CBR500R, 497 CC dua silinder segaris yang smooth, halus, tapi tetep bertenaga. Minim getaran kayak motor listrik, hehehe. Untuk mesin, MMBlog lebih suka mesin paralel Vulcan S 650, nampol aja gitu!

Bobot

Kawasaki Vulcan S650 punya bobot yang lebih berat ketimbang Honda Rebel 500. MMBlog sih lebih demen motor yang enteng yah, biar enggak capek ridingnya, hehe.

Harga

Kawasaki Vulcan S 650 dijual oleh PT KMI dengan harga 170 jutaan, sedangkan Honda Rebel 500 dijual dengan harga 147 jutaan oleh PT AHM, selisihnya lumayan juga yah. nampaknya faktor harga bisa mempengaruhi nih, MMBlog pribadi demen yang harganya lebih murah.

Terus, mana yang pilihan MMBlog? Untuk saat ini, MMBlog vote Honda Rebel. Ya lebih bisa diajak riding harian aja sepertinya, harga juga lebih bersahabat. Tapi ini hanya opini dan preferensi MMBlog pribadi, tentunya Bro Reza kalau bisa jajal, ya jajal dulu aja, tapi jangan dibawa kabur yak, wkwkwkwk 😆 . oke deh, sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

7 COMMENTS

  1. Bikin motor cruiser dgn mesin inline modern ibarat band UNGU, pake kostum item2 ala rocker, tapi lagu2nya POP cinta2an.

    Dari segi dimensi, Vulcan lbh oke. Rebel terlalu Imut2. Bentuknya mungkin bobber, tapi dimensi dan suara knalpot jauh dr kriteria Bobber.

    Dlm hal ini tanggung jawab moralnya Vulcan lbh ringan krn cuma sbg motor cruiser tanpa embel2 “Bobber”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here