Jatuh Bego Biasanya Terjadi Karena Hal ini, dan Berikut Solusinya!

17

Sobat MMBlog sekalian, kemarin waktu test ride Honda CRF250 Rally di Trek BMX Ancol, MMBlog melihat, gak sedikit rider yang mengalami “jatuh bego” bersama dengan motor ini. Pas test ride malah gak apa-apa, aman, tapi pas mau berhenti, nah, pada jatuh kebanyakan, seandainya gak dipegangin sama tim dari Wahana, mungkin 4 dari 10 orang yang test ride pada ngejatuhin motor, kenapa bisa begitu? Aneh kan, pas jalan malah aman, tapi pas mau berhenti, pas pelan malah rebah itu motor.

Biasanya, hal ini emang terjadi pada motor yang jangkung atau berat. Case jatuh bego yang kemarin banyak terjadi itu sebabnya adalah:

Ketika mau memberhentikan motor, ridernya menarik tuas rem depan dengan mendadak, motor bener-bener langsung diam, nyuuttt, sama sekali gak ada upaya dan gak bisa menyeimbangkan, kaki masih nyangkut di footstep, motor mau ketarik gravitasi kanan-kiri, kaki relatif pendek, motor berat, udah motor langsung rebah. Sama case-nya kayak kalau mau muter balikin moge, pas muter, rem depan dipijet-pijet kenceng, ujungnya motor langsung diem berhenti, dan gedubragh!

MMBlog udah akur bener sama hal kayak begini, makanya kadang kalau ada orang yang pengen minjem motor MMBlog terutama si merah, MMBlog suka bilang, nanti kalau mau berhenti, mencet tuas remnya pelan-pelan aje ye, biar motor juga berhentinye terprediksi, kaki elu juga jadinye bisa napakin ke tanah dengan pas, gak pake ngeraba ini motor bakalan rebah ke kanan atau kekiri.”

Nah, itu solusinya Sob, gak usah grabagh-grubugh berhentiin motor dengan narik tuas rem dengan kuat. Kalau motornya matik yang enteng udah gitu pendek sih gak papa, tapi kalau motor jangkung atau motor beraaaaat, mencet rem pas mau berhentinya ya pelan-pelan aje, yakin gak akan kenapa-kenapa, gak akan rebah motornya.

MMBlog gak dapet ilmu ini dari safety riding, ya pengalaman aja, soalnya MMBlog udah beberapa kali ngalamin yang namanya dibikin termoncrot-moncrot nahan motor yang mau rebah.

Kalau motor udah jalan, terus ngebut dan gak crash, banyak orang pada bisa, terus dibilang jago. Coba dah muter balik, atau ngerem pake motor berat dan jangkung, kalau enggak nerapin yang MMBlog bilang diatas, niscaya itu motor bakalan rebah! Kecuali, kalau ente tinggi, punya kaki yang panjang, dan otot yang kuat buat nahan bobot motor dan kembali negakin. Oke deh, sharing pengalaman aja nih. semoga bermanfaat yah!

17 COMMENTS

  1. kemaren ane pas tesride crf ini juga ngalamin jatuh nego, plus goblok. pas nikung ke kanan. tapi terlalu pelan, kadi motor miring banget. alhasil badan gk bisa ngimbangin dan gubrakk

  2. Ini salah satu alasan kenapa motor trail KTM Dan Husqvarna bisa laku keras walau berharga 2x lipatnya. Motornya cenderung ringan jd ngga intimidatif.

    Bro Vandra, Kalo bisa dibandingin sama EXC 250 nya bro gilkun juga donk. Biar ada sdkt komparasi buat yg biasa pake motor trail.

  3. wah bener banget nih bro, dulu gw juga sering jatoh bego pas pertama kali pake RE classic 500, apa lagi pas kena macet. Maklum bro tinggi badan cuma 160 cm, kaki jinjit balet. Sharing yg bagus bro

  4. Puter balik motor gede tinggi…ngerem lembut trus jangan berupaya nurunin kaki deh kalo emang ngga nyampe, pake Z250 SL aja Ane dua kali hampir jatuh pas U-turn…ya gara2 itu nurunin kaki kanan dan berusaha agar kaki menapak aspal…laahhh mongtor jadi terlalu miring ke kanan…wkwkwk padahal tanpa nurunin kaki juga bisa kok…

  5. Wah nice tips mas vandra, bener2 terjadi soalnya yang anda bilang, kok aneh ya di acara safety riding gak dikasih tau.. Tapi emang bawa motor berat aja udah rekoso, apalagi jangkung juga🙈

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here