Intermezzo : Ketika Gear/Sprocket Dijadikan Rem Cakram, Modifikasi Memang Tanpa Batas!

8

Sobat MMBlog sekalian, bingung plus kaget ketika MMBlog melihat di wall/timeline Facebook bahwa ada postingan di grup Satria F150 Lovers yang memodifikasi perangkat rem sepeda motornya. Sebelumnya, MMBlog juga pernah melihat ada yang memodifikasi perangkat rem dengan membuat bracket kaliper menggunakan akrilik, nah kalau ini better dah, karena yang dimofikasi adalah cakramnya yang diganti dengan sprocket atau gear belakang, byuuhh!

Modifikasi memang gak ada batasannya, gak ada matinya, dan memang bisa mendobrak pakem. Ya gear belakang dan cakram emang sama-sama dibuat dari logam sih, tapi kan gak tau juga itu bisa pakem apa kagak yak? Sepatu kampas remnya yang cepet kalah, atau gearnya yang cepet abis, bener-bener masih menjadi tanda tanya besar masbro. Mungkin hanya iseng-iseng buat kreasi atau pajangan aja kali yah? Gear belakang ini pernah juha dipakai sama Mas Imam Bengkelsepedamotor.com untuk dijadikan bracket kaliper, dan hasilnya memuaskan banget, dan keren karena ada gerigi-geriginya.

Oke deh, artikel intermezzo aja yah Sob. Jadi gimana gear belakang untuk gantiin disc brake? Hmm, patut dicoba untuk riding apa untuk motor kontes aja nih? Karena emang, unsur seninya dapet banget! Belum ada cakram yang bentuknya bergerigi, kalau bentuk bergelombang/wave dan bolong-bolong mah udah banyak. Sekian, terima kasih, dan semoga bisa ngasih inspirasi gokil ke temen-temen yah!

8 COMMENTS

  1. rudi soegono juga pernah bikin gear belangkang merangkap cakram buat shovelhead miliknya. tahun 90an sempat ngetren di motor chopper. tujuannya agar sisi kanan roda belakang bersih

  2. Stunt rider bule udh ada yg pernah pake gini jg buat rem cakram depan. Cuma namanya lupa siapa. Bang Vandra bikin artikel rem cakram double disc donk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here