Bertemu Dengan Suzuki GSX-R1000 2017, Elegan, Mungil, PAS!

25

Sobat MMBlog sekalian, ketika acara grand launching Suzuki GSX-150 dan Suzuki GSX-S150 di Citos minggu lalu, Suzuki Indonesia ternyata juga menampilkan superbike anyar mereka yakni Suzuki GSX-R1000 2017. Sebelumnya, ada juga unit GSX-R1000 yang sering diajak kalau ada event-event, tapi kali ini, GSX-R1000 yang tampil adalah unit yang terbaru. Akhirnya bisa lihat langsung juga sama superbike yang paling di tunggu-tunggu pada tahun ini Sob. impresi pertama gimana? Mungil!

Yups, ini motor dimensinya udah kayak motor 600 CC. Slim, mungil, ramping, dan padat! Sepertinya, Suzuki membuat motor ini agar bisa dikendarai oleh semua rider, gak terbatasi oleh ukuran tubuh. Beda jauh sama MV Agusta F4 yang besarnya kayak Paus, atau Honda CBR1000RR yang agak gendut di bagian depan. Ini motor bener-bener kecil, ama Ninja 250 aja gedean ini sedikit paling. Imut dah pokoknya!

Perkara desain, ini dia, asli GSX-R banget! Streamline, gak neko-neko, dan mengalir banget dari depan ke belakang. Gak ada sisi yang “maksa” atau lebay, semuanya pas, ya menurut pandangan MMBlog sih. Sepertinya juga, GSX-R1000 ini adalah inspirasi utama Suzuki GSX-R150 dibuat. Tangki juga udah gak segambot Gixxer-Gixxer lawas, ini bulat ngepas aja gitu, enak diapit paha sepertinya masbro. Bagian buritannya apalagi, simpel banget dengan ciri khasnya yang runcing.

Sayang, MMBlog kemarin kebanyakan fokus ngeliput acara, jadi impresi pas nungganginnya gak ada deh, hiks. udah gitu ini motor juga laris ditunggangin pengunjung untuk selfie-selfie. Ya nanti deh, kali aja unit ini dipajang di Suzuki Sunter kan, jadi lebih leluasa mau foto-foto dan dudukin, hehehe. Gixxer biasanya ergonominya nyaman, kalau ini gimana yah?

Mesin? No doubt, berkubikasi 999 CC, empat silinder, DOHC, dan kompresi gila 13,2 : 1, ini motor bisa mengeluarkan tenaga hingga 202 PS! Sadis! Wajar, superbike VVT! Udah gitu, perangkat electronic-nya juga udah serius banget dan lengkap, siap tempur bener dah ini sama superbike-superbike yang lain. powernya sepertinya masih bisa ditingkatkan lagi, liat aja tuh knalpotnya segede gitu, kalau diganti sama knalpot yang kecilan dari yoshimura aja, hmm, power pasti lebih njengat! Power gede, pengereman juga maksimal, rem brembo udah jadi standar GSX-R1000 dari generasi-generasi sebelumnya.

Hmm, ada kemungkinan test ridenya gak yah? wkwkwk, pengen euy, yang jelas ngetest beginian kagak bakal bisa ngail top speed 😆 . oke deh, semoga menginspirasi yah Sob!

25 COMMENTS

  1. kalau aku lebih suka yang seri lama Bro, baik yang 600-1000cc. keren banget di lihatnya. yang ini mungkin speknya lebih baik tapi desainnya aku suka yang dulu. yang 600-750 juga sama desainnya bagusan yang lama =_=

  2. Yang aneh kenapa di indo moge moge gsx ga selaris mogenya kawasaki jujur bosen liat moge moge kawasaki itu itu mulu, padahal di negara tangga macem malaysia aja gsx tuh banyak yg make liat liat di IG gixxermalaysia rasanya kok iri banget disono maennya 600-1000 dimari 150 nya haha

  3. Liat tes dyno gsx-r di youtube, power on wheel 195-an whp, diatas cbr & zx model 2017. Ganti knalpot power nambah& bobot makin ringan pasti nih.

  4. Edyan beneran itu bro Ryan?
    195 WHP artinya rugi daya kudanya cuman sekitar 6 HPan dong dari Claim nya 202 PS. Artinya Gixxer 1000 ini udah menjadi Superbike terkuli di kelasnya mungkin, 195 WHP itu artinya sekitar 10 HP diatas All New R1 WHP.
    Artinya susuki udah berhasil bikin engine yg sedikit lost powernya.
    New R1, RSV4, F4 RR, ZX, S1000RR bakalan dapet saingan berat nih dikelas Superbike 200 PS-an (CBR out of the league).
    Cuman yg kurang IMO sekarang Gixxer ga pake Frame Twin Spar kayak Gixxer sebelumnya, Suzuki sekarang nyebutnya Aluminium Dual Beam, liat aja tampilannya dari samping frame nya keliatan cungkring mengurangi kesan gagahnya walaupun gak ada dampaknya dari segi fungsi. Yang paling keliatan keren ya CBR karena framenya terekspos, keliatan besar padat dan gagah, dan juga R1 & ZX.

  5. Wuih.. keren yah nih motor… mupeng banget dah buat FBS.
    Suzuki selalu value dan mewah fitur menurut saya..
    Mudah2an Bang Vandra cepat dpt unit test ride. hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here