Pertemuan Pertama Dengan Kawasaki Z650, Ini Perbedaannya Dengan Kawasaki ER6n

5

Sobat MMBlog sekalian, melihat di sosial media, ada temen-temen jurnalis dan blogger yang sempat memposting mengenai eksis-nya Kawasaki Z650 di sebuah dealer Kawasaki di Bilangan Bintaro. Yaudah, kebetulan abis pulang dari liputan dealer KTM Serpong, MMBlog coba untuk mampir ke dealer Kawansakti itu Sob. masuk ke dealer, MMBlog cari-cari motornya dimanaaaa ini? Kayaknya di area yang ada warna kayu gitu, tapi kok gak ada. Walhasil, itu motor gak taunya ada di depan pintu, jiakakkakak, pangling, abis mirip-mirip sama Z250SL sih :mrgreen: . yaudah, kita kepoin dah.

Pertama kali lihat, ini motor jelas memiliki perbedaan yang total dan baru dibandingkan dengan Kawasaki ER6n. Kecuali jeroan mesin, bisa dibilang ini adalah all new bike! Mesinpun, walaupun jeroannya sama kayak MMBlog bilang, cover luarnya dibuat beda. Lebih elegan, dan lebih moderen aja gitu mesinnya terlihat Sob. ada aksen warna silver, beda sama mesin ER6n yang hitam legam gosong. Untuk desain, ini motor juga terlihat lebih predator kalau lihat aslinya. Motor berasa licin, dengan lekuknya yang streamline, kompak, terus ramping serta minimalis, streetfighter murni lah. Lalu ada beberapa perbedaan lainnya kayak:

  • Tuas gigi persneling. ER6n persnelingnya itu, gagangnya menghadap ke kaki, sedangkan Z650 tuas persnelingnya selaras sama kaki (kayak motor-motor sport pada umumnya), cek aja di foto. Ada semacam mekanisme gitu Sob, mungkin kalau pindah gigi bisa lebih halus dibanding si merah kali yah?? Hmm, penasaran saya.

  • Setang ER6n MMBlog lihat tekukannya lebih tinggi dariapada setang Z650 yang lebih rebah dan lebih rendah. Gak tau ergonominya gimana, soalnya ini motor ditaro di stage. Ngeri kalau dinaikin, kalau ngegubrak kan kagak lucu sama sekali, wkwkwkwk.
  • Jok ER6n lebih empuk lho daripada Jok Z650. Entah kenapa Kawasaki malah bikin Jok Z650 berasa lebih keras. Soalnya di dealer ada ER6n juga jadi bisa langsung komparasi keempukan joknya masbro.
  • Bohlam Depan. ER6n itu bohlam depannya ada dua, satu untuk lampu utama aka daylight, yang satu lagi lampu jauh. Dua-duanya pakai bohlam fog yang harganya amit-amit H11, nah di Z650 menggunakan satu bohlan yang sepertinya Bohlam H4 biasa, jadinya lebih praktis dan lebih hemat.

  • Fender Belakang. Terasa lebih lebar dan lebih ngampleh si Z650 Sob. enak nih kalau boncengin orang terkasih, anti kecipratan. Soale MMBlog kalau ujan boncengin soulmate, alamat kena lumpur dah 😆 .

Nah, itu kira-kira perbedaan yang MMBlog lihat secara langsung dan yang menurut MMBlog juga punya fungsi beda. Nanti kalau udah bisa didudukin, MMBlog coba buat review lebih dalam lagi. Syukur-syukur kalau bisa test ride juga. Oke deh, gimana menurutmu Sob? semoga berguna yah!

5 COMMENTS

  1. Gw si ya lbh suka desain bulet2 er6 (maap bukan bermaksud belain motor sendiri nih 😂). Cuma desain lancip2 gw cepet bosen, walaupun awalnya menarik. Ngemeng2 mahal beud yak motor sekarang. Dulu segitu dapet Z800…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here