“Kasta” Sepeda Motor, Paling Tinggi Ya Sport Fairing (Opini)

46

Sobat MMBlog sekalian, MMBlog melihat perkembangan sepeda motor di tanah air ini bener-bener luar biasa pesatnya Sob. terutama motor sport, dan fokusnya adalah motor sport 150 CC dan motor sport 250 CC. Motor sport 150 CC, tahta tertingginya dihuni oleh sepeda motor sport nakedbike, dengan versi fairingnya ada di posisi nomor dua. Sedangkan di motor 250 CC, tahta tertinggi dihuni oleh motor sport fairingnya, sedangkan nakedbike nya ada di posisi kedua, bigbike? Jangan di tanya, motor fairing aka motor sport adalah varian yang paling laku keras!

Gaspol Pake Gixxer, Whuuuuzzzz!!!

Motor sport fairing, khususnya untuk segmen 250 CC ke atas, adalah lifestyle! Biarpun harganya lebih mahal daripada nakedbikenya, ini motor tetep jadi favorit! CC gede sama dengan more power, sporty look, sporty ergonomic! Sedangkan di motor sport 150 CC yang masih merupakan motor “harian” dengan bumbu lifestyle, maka harga masih jadi pertimbangan serius, oleh karenanya, ketika ada motor sport nakedbike 150 CC dijual 25 juta, dan ada versi fairingnya dijual 32 juta, maka versi nakednya masih jadi pilihan karena pertimbangan harga.

Kenapa motor sport 250 CC masih jadi penghuni tahta tertinggi sepeda motor, khususnya di tanah air? Trend Sob, trend! Temen-temen pasti udah tahu pasti kalau ajang balap motor sport fairing masih menjadi pilihan pertama tontonan bikers. Dibandingkan dengan motor trail, atau film discovery yang menggunakan motor klasik atau motor adventure. Oleh karenanya, speed, cornering, competition, overtaking, adalah variabel-variabel yang membuat ridernya tampak lebih “heroik” dan lebih “maskulin”!

Gimana menurutmu Sob? kalau menurut MMBlog sih ini, kalau menurut temen-temen gimana? Ada opini lain? silahkan dimuat di kolom komentar yah! Sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

46 COMMENTS

    • cukup terkejut melihat blog yg selama ini jadi bahan referensi mampu menulis artikel di atas.
      sorry mas
      membaca artikel di atas serasa melihat FBY dan FBH dan fansboy2 lainnya.

      Motor merk anu lebih wow/tinggi kastanya dari merk itu(Fansboy Merk)
      Motor genre anu lebih wow/tinggi kastanya dari genre itu (Fansboy Genre)

    • Mas, saya ini orang biasa, pasti ada salahnya. Saya pas nulis ini sama sekali gak mihak pabrikan manapun mas. Sukses terus ya

  1. Dan parahnya banyak moto vlogger sampah dengan bangganya ngupload vidio vidio kebut2an di jalanan pake motor fairing seakan mereka penguasa jalan..
    Merasa paling tinggi kastanya dibanding pengendara lain..
    Bukannya malah safety riding..

  2. Kasta motor di dunia biker hanya di pakai oleh rider-rider pemula yang suka merasa bahwa motornya lebih kencang dari motor lain.

    Sesungguhnya cuma ada dua jenis motor di dunia biker, yang pertama adalah motor Sport Fairing, yang kedua adalah bukan Sport Fairing.

    • ahhai, itu saya nulis juga pakai majas sarkasme mas hehehe.

      kita sama-sama pemakai ER6, btw ditulis dong mas, bagaimana hasil pemasangan dimotiv risernya..

      sempat mau beli, tapi kok mahal bener, masih ragu antara harga dan keuntungan fungsinya..

  3. Daaaannn para komentator pun ngebuly mm 😂😂😂 warung ini kn cirukhaasnya santun, dari awal blog ini udah beda ciri sama blog mbah dukun, so komentator nya pun agak beda jg

  4. pasar Indonesia sejak zaman dulu selalu di dominasi naked bike. sport fairing yg masuk dimari hanya kelas dua dibanding Negara lainnya (spt NSR 150R), TZM 150 juga masuk di saat yg tidak tepat, yaitu saat krismon. Suzuki FXR pun bernasib sama.

    sejak dulu pasar sangat menginginkan sport fairing yg moge look, namun apa daya pilihannya tiger dkk.

    daan.. ketika N250R hadir, maka euphoria terjadi.. disusul R25, CBR250RR skr. pasar 150 CC fairing pun menggeliat.
    terciptalah Trend yg skr kita tau.

    jadi..Trend skr tercipta melalui sejarah panjang keinginan pasar yg tdk terakomodir sejak lama.

    • Suzuki dan Kawasaki udh masukin duluan mas bro lewat Kawasaki AR dan Suzuki RGR, Yamaha akhirnya ikutan nyemplung bawa RZR135 dual shock wkt itu. Honda Federal ikutan bawa NSR R terus import 1600 NSR SP yg terbagi jd 2 batch. 800 dan 800 karena diThailand sana sudah gak boleh produksi dan itu sisa produksi disana.

  5. Setuju..

    Kalau di urutkan dari bawah sport fairing memang berada di kasta tertinggi diikuti nakedbike.. kalau 150 cc sih menurutku para biker sama juga mengidolakan fairing, tapi mikir2 soal value; “dengan basis mesin yang sama dan cm beda rasio gear selisih bisa sampai 7 juta dan kenyamanan boncenger tersita.” kenapa kenyamanan masih di pikir? karena ya.. 150cc nanggung.. kalau mau speed oriented masih kurang mendukung, jadi larinya ke comfort.

    Icuu..

  6. kalo “kasta” disini berdasarkan hype mungkin benar sport fairing, tapi realitasnya trend di indonesia ya motor matic.
    karena pangsa pasar terbesar kan matic.

    naik motor cuma karena lifestyle bukan karena passion inilah yang menimbulkan kesan arogansi di jalanan.
    apapun motornya, just enjoy the simple pleasure of riding a bike,

  7. Mantap nih mmblog, ngomongin kasta langsung pada rame komentator (termasuk sayah).

    Kasta tertinggi biasanya dimiliki raja kan ya? atau para ajudan misalnya yg punya tampilan “wah” dan jumlah mreka g banyak, sama kayak moge.

    Kasta terendah biasanya para rakyat kan ya? yg punya tampilan *ekhem “seadanya” dan jumlah mereka banyak, sama kayak mocil.

    CMIIW.

    • mas, saya gak bahas kasta berdasarkan kepemilikan oleh raja tau rakyat yah, saya bahasnya dari trend, MS, serta tipe motor itu sendiri yang mana emang motor sport 250 ke atas lebih laku ketimbang nakedbike, lihat contoh R25 dan MT25, padahal lebih murah MT25 kemana-mana tapi lebih laris R25 kan?

  8. Yah elah baperan amat sih jon,Cuman gitu aja.MM ini menjelaskan kasta pakai tanda kutip yg bisa diartikan ke istilah lain itu yg artinya tipe/jenis motornya

  9. terus kalo All New Yamaha R1/M yg asli motor fairing, beverapa waktu lalu ada seorang blogger bilang itu motor kasta rendah, kelasnya lebih rendah dari MV misalnya, itu gimana yak?

    • Ahayyy mantap, bener juga tuh.

      Pemilihan kata aja sih, imho (kayak gak kenal aja bloggernya), kalopun jatohnya ya kasta tertinggi juga (termasuk moge).

      Dari harga sbenernya udah menentukan kasta sih ya, jadi udah ketauan.

  10. Lama gk main di mari..
    Kalo menurur ane sih bisa jadi juga kasta tertinggi sport fairing krn kebanyakan main di tipe ini..
    Pengalaman saya kalo pengen naik kelas cepet ya main di sport fairing,jualnya cepet,walaupun saya lebih suka naked..
    Tp setelah di atas 250cc udah mulai main naked,sekarang nongkrong di MT-09 mau hijrah ke superduke amit” harganya😂😂

  11. Tertinggi ya HD. Meskipun ujung2nya lbh sering dipajang krn ga ngerti cara mengendalikannya di lalu-lintas Indonesia. Tapi kalo belum punya HD meskipun 1 kayanya belum afdol aja… 😂😂😂

  12. yang pasti All New Yamaha R1/M adalah motor fairing asli kasta tertinggi dari pabrikan garpu tala namun menjadi kasta rendahan (dibawah MV) dimata salah seorang blogger karena bakal diperkosa habis2an di sirkuit, sementara yang kasta tinggi dipake buat pajangan atau nongkrong sambil tebar sepona dan “kesombongan”, hehehe….

    *anehnya CBR1000RR tidak termasuk kasta rendah, tanya kenapa?*

  13. ada yang baperan, haa.. setuja aj saya mah sama mm, secara dari spek performa dan harga sport fairing selalu paling tinggi, dan menjadi kasta tertinggi itu alami..

  14. Ia lah, betul memang terasa.. kalau kita bawa motor sport fairing itu kesannya lebih gimana, ada aura tersendiri.
    Sedangkan untuk naked & adventure biasanya karakter psikologis penggunanya juga beda. Biasanya ntuk naked n adv meskipun macho tapi lebih friendly orang-orangnya.
    Sedangkan yg sport fairing kesannya rada Borju, kecuali sport fairing dibawah 250cc, opini pribadi sih klo yg sport fairing 150 yg bawa kebanyakan urakan.
    Yah.. maaf pengalaman & pengamatan pribadi di jalan sih begitu

  15. mungkin begini bro
    menurut dia peng-kastan (r1/m dkategorikan kasta rendah) berdasarkan brand
    kalo disini peng-kastaan berdasarkan jenis nya imho

  16. Kalo buat ane, kasta tertinggi itu ya yang paling efisien dan efektif.. Percuma mahal kalo bikin capek doang atau ga apa-apa murah asal mendukung kenyamanan mobilisasi. Gitu aja kok repot..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here