Tematis Touring Honda CBR250RR #4: Ergonomi Supersport Buat Touring? Hmm, Gimana Tuh Sob?

20

img_6338

Sobat MMBlog sekalian, salah satu pertanyaan atau kekepoan sahabat MMBlog mengenai Honda CBR250RR selain performa dan riding modenya, adalah perkara ergonomi. Motor ini digadang-gadang sebagai supersport 250 CC, supersport dimana-mana ergonominya adalah nunduk, bongkok, nah, terus gimana tuh mas? Setelah dibawa riding kurang lebih 240 Km, seharian, apakah yang terjadi pada tubuh? Gak bisa dipungkiri, variabel ergonomis adalah variabel terpenting sepeda motor yang bisa mempengaruhi calon konsumen untuk meminang sebuah sepeda motor Sob.

review-cbr250rr-30

Dari Hotel the Stone, MMBlog udah sempat diskusi sama Mas IWB, “Mas, ini motor bongkok lho”, Mas IWB bilang “oh gitu van??” akhirnya beliau pun duduk di CBR250RR “iya Van, bener bongkok iki”, yawis, MMBlog mah cengar-cengir aja manut-manut Sob, ya iyalah setangnya aja underyoke gitu kan. terus, kalau temen-temen gak pake celana dalem yang proper, niscaya “dua aset” akan terasa keteken lumayan Sob :mrgreen: . solusinya? Duduk agak belakang, jangan terlalu mepet tangki, konsekuensinya badan jadi tambah rebah, tapi okelah.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

vandra2
Alhamdulillah dapet foto dari Wak Haji, suwun Wak!

Riding, gas, rem, riding, gas, rem, selama kurang lebih 3 Jam menuju Kintamani, MMBlog gak terlalu merasakan adanya tekanan berlebihan di sekujur tubuh Sob. ada sedikit tekanan dari Jaket Kulit AHRS yang emang slim fit, dari motor sih masih okelah. Terlebih pas mulai masuk daerah Kintamani yang nanjak-nanjak terus enak jadinya Sob, gak lelah. Ergonomi CBR250RR ini enak ketika diajak cornering, disirkuit mah maknyus banget ini Sob. Biasanya, kalau riding pakai supersport 1-2 jam aja udah terasa pegal hebat di tangan, berhubung MMBlog kemarin menggunakan Glove IXON yang mana ada bantalan di bagian telapak, jadi enak-enak aja.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

muka pas sampe
muka pas sampe

Dari Kintamani, akhirnya mulai turun deh tuh, riding terus dan terus, hingga puncaknya adalah sampai di Danau Buyan. Nah ini, temen-temen pasti udah tahu kalau rutenya adalah kebanyakan turunan. Disinilah ujian sebetulnya di mulai, hehe. daya grafitasi ditambah lagi dengan inertia tubuh yang terdesak kedepan karena ngerem di turunan, membuat tangan, pergelangan, lengan, semua berkontraksi hebat Sob. hingga pada puncaknya, tangan MMBlog udah pegal abis dan kebas ketika lewat Joger dan menuju Denpasar/Kuta. Jalanan muaceeet paraaaah, yang mana membutuhkan tarik ulur tuas kopling yang cermat dan tepat, wuidiihhh, kebas masbro :mrgreen: .

vandra

Punggung gimana Mas? Alhamdulillah punggung gak masalah sama sekali sih, aman! Beruntung juga MMBlog menggunakan Caberg Hyper-X yang relatif ringan, jadi leher juga gak pegel-pegel amat nanggung bobot helm. Sama ada satu tips yang seringkali diaplikasi sama temen-temen blogger kalau dirasa udah lelah riding itu, lengan kiri letakan di tangki sehingga mengganjal badan, jadi topangan badan lebih enteng Sob. berkali-kali MMBlog lihat Om Kobay, Mas IWB dan Mbah Dukun kayak begini kalau jalanan udah relatif kosong dan juga cruising dengan kecepatan sedang.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kesimpulannya gimana Mas? Jelas, ini motor adalah motor sport sejati Sob. akan lebih cocok kalau temen-temen nge-track atau riding harian, tapi kalau mau buat touring, tetep oke kok, badan tetep oke walaupun ada pegal dibeberapa bagian tubuh. Mungkin kalau diiringi olahraga, olah fisik yang teratur, temen-temen bisa lebih bugar dan gak gampang lelah. Ya Dimas Ekky aja bisa ngegas CBR600RR di Suzuka 8 Hours, aman-aman aja kan, latihan dah latihan! :mrgreen: .

Foto : Blog Wak Haji

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

20 COMMENTS

  1. yg mnjdikan cbr 250 rr ini bkn mtr touring apa y? toh scra di leat stang dpn ckp tinggi nymn kok.gk ekstrim khas blap..trz definisi mtr untuk turing apa y mnurt anda? saya pke ninja 250 r , ninja rr, r15, wat turing nymn kok…mnurt saya gk pnting sih hrus pake fairing ato gk untuk touring, yg nentuin itu ergonomi.

    • “nyaman”memang relatif, mungkin saat Bro Jimmo touring dengan motor yang ergonya santai, mgkn akan terbersit “ini BARU motor touring”.. klo dah terbiasa dgn yg bongkok2 ya beda hal…

  2. kalo mnrt saya..ergonomi cbr 250 rr ini sport touring. mbgkin bs d tarik tiga point d mtr, foot step, handle bar, dan seat, sudutnya berapa bndingn dg mtr dg genre sejenis…lbh sip gt sih ngeriview produk.

    • Ya mas, nanti saya bahas segitiga ergonominya. Mohon maaf katena keterbatasan waktu, dan keterbatasan sumber daya, jadi minta tolong fotoin temanpun sulit mas untuk tahu gimana posisinya

  3. ^ touringnya berapa lama dulu nih?
    kalo cuma 6 jam udah disebut touring, ya pake motor apa juga masih acceptable (matic juga oke)

    tapi kalo touring yg sampe lebih dari 2 hari perjalanan, ane yg pake Thunder modif stang tegak aja capek, apalagi pake R15.. wkwkwk

  4. ya bebaslh semua org berpendapt..klo buat saya sih yg tnpa tekanan apapun y blg jujur ja apa adanya,gk pduli itu naked ,atau fairing, klo bongkok ya ala ergonomi supersport, kalo nymn yaah sport touring….

  5. Pasang stang model balap keren yo om,secara kan udah underyoke. Tpi pabrikan masi mikirin nyaman sih jadinya ya gtu di ambil garis tengah nya gak racing amat juga gak tinggi sprti kompetitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here