Moto Morini Grandpasso 1200, Ketika Motor Adventure Eksotis Eksis

1

moto-morini-granpasso-11

Sobat MMBlog sekalian, motor heavy enduro, atau motor adventure biasanya identik dengan pabrikan Eropa khususnya Pabrikan Jerman dengan BMW R1200GS atau biasa disebut BMW GS. Selain BMW GS, yang populer lainnya adalah Ducati dengan Multistrada, tapi ternyata ada juga motor touring/adventure yang menurut MMBlog amat sangat menarik dan sangat eksotis. Sama kayak Ducati, asalnya dari Italia Sob, dari pabrikan Moto Morini, tipenya adalah Moto Morini Grandpasso 1200!

moto-morini-granpasso-h83-3

Moto Morini Grandpasso, bisa dibilang sebagai motor heavy enduro yang punya totalitas tinggi. Kenapa gitu? dari desainnya, motor ini terlihat emang punya semangat jelajah dan memiliki hasrat serta gairah petualang yang tinggi. Simplisitas yang di dalamnya ada bayang-bayang eksotisme artistik ala Eropa bikin motor ini tampil beda daripada yang lain, ya itu sih yang ada di benak MMBlog Sob. beda dengan BMW GS yang terlihat garang, gagah dan kaku, atau beda dengan Multistrada yang sporty, atau BMW XR1200 yang  racy, Grandpasso lebih misterius, seperti pemangsa di lautan luas yah.

Konsisten menggunakan sasis teralis, bener-bener Eropa banget nih Sob. motor tampak adventure sekali dengan karakternya yang tinggi dan besar. Lampu depan lagi-lagi yang kayak MMBlog bilang, simpel dan sederhana dengan menggunakan dual headlamp model bulat kecil yang terletak di depan seperti mata Sob. kalau diperhatiin kayak mata burung hantu yak, wkwkwkwk, atau mata kodok? Ahh, sudahlah mungkin temen-temen bisa ngasih pendapat lain?

moteur-hd_hd

Mesin, ini dia yang istimewa Sob. mesinnya adalah mesin Bialbero Corsacorta twin silinder. Berkubikasi 1187 CC dengan layout v-twin 87 derajat, mesin ini adalah mesin yang entertaining! Bertenaga hingga 120 daya kuda, karakter mesinnya kalau MMBlog baca di berbagai macam review, lebih ke arah mesin sportbike yang responsif. Punya suara khas mesin V yang menggelegar, kuat, dan dipadu dengan 6 tingkat percepatan, membuat motor ini jadi motor adventure dengan tendangan torsi layaknya motor sport!

moto-morini-granpasso-08-3

Urusan kaki-kaki, Grandpasso di supplay oleh pelek jari-jari 19 inci untuk roda depan, dan pelek 17 untuk roda belakang (untuk unit 2016, mendapatkan update pelek palang). Porsi pengereman, di percayakan kepada superioritas dari rem Brembo Radial suspensi depan menggunakan Marzocchi, sedangkan belakang menggunakan suspensi Ohlins. Motor adventure, berkubikasi besar, tampaknya harus mampun menampun banyak bahan bakar, makanya tangkinya bengkak menjadi 27 liter, dan totalitas motor adventure juga terlihat dari penempatan knalpot yang tinggi.

Hmm, belom ada nih ATPM yang punya niatan masukin ini motor? Sayang sih emang, motor ini punya reputasi yang bagus, tapi konon, pabrikannya enggak sehat Sob. oke deh, buat nambah-nambah wawasan aja mantap nih! semoga berguna yah!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here