Diskusi : Twin Port Motorcycle Engine, Fungsinya Apa Sob?

11

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

mesin thunder-12
satu silinder dua knalpot juoz!

Sobat MMBlog sekalian, motor-motor mainstream satu silinder, ternyata gak melulu lho motor ini menggunakan satu header knalpot. Seperti contohnya adalah motor MMBlog Suzuki Thunder 250, ini motor adalah motor 250 CC satu silinder, tapi menggunakan dual exhaust header Sob. terus ada juga Honda XR250 yang pernah MMBlog bahas, ini motor juga satu silinder, tapi menggunakan dua knalpot yang keluar dari mesinnya, terus untuk Moge-nya Yamaha Tenere 660 misalnya, juga menggunakan dua header knalpot, timbul pertanyaan, fungsinya apa?

Berbagai literature MMBlog baca, ada banyak sekali pendapat yang beredar mengenai fungsi dari dua knalpot ini Sob. ada yang mengatakan bahwa dengan adanya dua pipa knalpot di mesin satu silider, maka power motor akan bertambah karena pembuangan gas buang-pun jadi lebih lancar flownya, intinya mesin jadi lebih bisa bebas bernafas, hmm, logis juga sih yah. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa tekanan balik dari dua pipa knalpot ini lebih tereduksi, macam-macam sih Sob.

mesin thunder-9

Ada juga yang berpendapat kalau dual exhaust ini bisa juga berfungsi untuk melepas panas. Ya logis juga karena dengan adanya dua pipa knalpot, otomatis kan jadi lebih banyak penampang yang bisa melepas panas mesin yah. Gak cuman itu, pendapat lain juga ada yang lebih menekankan kepada suara, suara mesin satu silinder dengan dual exhaust akan mengalami perbedaan, hmm kalau silincernya dua juga ya mungkin akan beda yah, kalau 2 terus jadi satu kayaknya sama aja deh sepengalaman MMBlog.

Malahan, di forum jual beli, ada lho Sob yang ngejual head twin port untuk motor-motor kayak Honda Tiger, Megapro, dan Honda CB jadul. Ya diluar fungsinya, secara visual emang dua knalpot yang keluar dari mesin emang punya daya tarik tersendiri sih yah. Naaahhhh, sekarang giliran temen-temen nih, monggo yang punya ilmu mengenai hal ini disharing di kolom komentarnya Sob. oke deh, ditunggu lho, makasih banyak Sob!

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

11 COMMENTS

  1. mungkin biar knalpot standar berasa freeflow tapi tetep nggak bising… nggak kehambat di header…
    kaya scorpio headernya satu tapi gede, kalo thunder kan kecil2 tapi dua…

    tapi dulu malah susah nyari dan bikin knalpot freeflow buat thunder ane, harus custom dan mahalnya sama kaya knalpot ninin…

  2. Pernah dibahas di blognya wak haji, dua pipa itu terkait dg teknologi twin swirl-nya suzuki utk mendapatkan pembakaran yg lbh sempurna shg tenaga didapat dan efisiensi bahan bakar tercapai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here