Jalur Puncak 2, Jalur Alternatif Yang Seru!

32

Sobat MMBlog sekalian, liburan panjang nih. Kali ini MMBlog mau sharing mengenai pengalaman MMBlog melewati jalur Puncak 2, sebuah jalur yang nampaknya belum populer, namun buat bikers yang butuh rute baru, dan rutenya gak jauh dari Ibukota, lumayan menantang, adem, sepi, jalur ini kudu dicoba. Emang dimana tuh rutenya Mas? Gampang kok, di Google Maps kelihatan jelas.

Jalur Puncak 2 adalah jalur yang menghubungkan Jonggol – Cipanas. MMBlog pilih jalur ini karena dirasa jalur Ciawi – Cisarua – Puncak – Cipanas udah terlalu umum dan rame, bukannya malah refreshing malah tambah mumet karena macet. Nah, untuk lewat rute Puncak 2, masbro bisa ngacir dulu ke Jonggol atau lewat Citereup. Nah, berhubung kemarin MMBlog lewat Jonggol, dari Jonggol akan ada petunjuk yang mengarahkan temen-temen ke arah Selatan alias belok kanan, nah dari situlah jalurnya dimulai. 

Temen-temen cukup mengikuri jalur itu aja. Ikutin petunjuk ke arah Gunung Batu yang merupakan objek wisata utama di jalur ini. Jalurnya kecil, dua mobil pas, relatif mulus dengan beberapa akamsi yang demen show-off asiiikkk 😆 . Pokoknya ikutin terus jalanannya, seru deh, naik turun gitu, dengan kanan-kiri ada rumah dan sawah. Kelokannya juga banyak. Nah, setelah rute itu, temen-temen bakalan nemuin jalanan yang mulai rusak, ampuuuunnn. Peradaban mulai agak hilang, semak, sungai, pepohonan dan suhu adem mulai bisa dirasakan. Nah, mulai ada lagi petunjuk-petunjuk, Gunung Batu mulai deket, terus gak taunya ada wisata curug juga dimarih, wih joozzzz, MMBlog lanjut terus.

Riding lagi, waduuhh makin nanjak nih! Mulai kayaknya merayap ke pegunungan, hingga akhirnya ketemu hutan Pinus, sedaaapp! Mulai berkabut, seru, dan dingiiin banget! Tanjakannya mulai makin terjal Sob, ngeri!!! Jalanan rusaknya juga ada yang parah banget, gileee. Adrenalin makin kepompa nih, kebetulan MMBlog bawa Thunder, dan disini Thunder bener-bener bisa diandalkan! Ground Clearance yang tinggi, bikin MMBlog pede ngelibas jalan rusak dengan kecepatan tinggi, apalagi setang TS yang tinggi bikin kontrol jadi lebih presisi, SIP!

Lanjut lagi, pemandangan makin jos, jalanan makin dingin, daaaannn, ada jalanan rusak paraaaah dan harus dilewati kurang lebih 5 kilometer, wadooohhhh 😆 mana pas lewat itu jalan udah mulai gelap, lagi-lagi Bohlam Thunder yang dari baru belum ganti bisa dengan mantep nerangin jalanan! Hingga akhirnya ini jalan tembusnya ke Kota Bunga, Cipanas! Mantaaaap! Dari Jonggol kesitu jaraknya kurang lebih 55 km Sob tapi asli menantang dan seru banget. Gak nyangka ada rute begitu di deket ibukota, apalagi objek wisatanya juga banyak. 

Di rute ini, mau motor sport atau matik, semua bakalan jadi sami mawon, yups jadi sama aja gak ada yang lebih kenceng atau lebih oke walaupun CC-nya lebih gede. Saran MMBlog kalau mau kemari, hindari Sport Fairing-an daah, bisa mentok bin nyangkut nanti undercowlnya, wkwkwkwk. Pake yang streetbike atau bebek ajah. Kalau ada supermoto bisa lebih muaknyooss lagi! Oke deh, kalau penasaran langsung aja sikat rute puncak 2, cuma ya gitu lebih jauh, rutenya banyak yang rusak, gak ada pom bensin, dan sepi! Sekian dan semoga berguna yah Sob!

32 COMMENTS

  1. dulu pertama x lewat situ malah blon diaspal masih tanah merah, akhirnya ngerasain nyungsef jg, wkwkwk…
    jalur situ ada 4 curug keknya…
    ciheurang, cipamingkis, yg 2 lupa namanya…
    ada jalur satu lagi lewat ciranjang – cipanas lebih serem lagi tuh jalur. dulu masih hutan, jln rusak parah. aspal yg udh hilang aspalnya tinggal batu2nya, tp terakhir lewat udh jd perkebunan sawit, aneh bener…

  2. Jalur favorit gw ini
    Dah ga keitung brapa kali lewat jalur ini
    Kalo lewat the jungle sentul (dulu) bisa nikmatin crossing river sedalam 1/2 roda
    Kalo lewat hambalang bisa ngerasain medium off-road yang kalo abis ujan jalurnya seru abis
    Dah 2x tidur bermalam di curug cipamingkis, yang dimana kalo punya istri, harus diinfokan sebelum berangkat kalau di cipamingkis ga ada sinyal telepon :mrgreen:
    Hawa pas malem dingin abiisss

  3. Ini mah jalur ana. Ga kalo mau pk matik lewat dimari. Yakinkan malamnya ga ujan.
    Lumpurnya parah klo abis ujan.
    Pcx ga rekomen lwat dimari. Nyangkut bro.. .
    Matik2 yg normal macam vario. Mio. Beat. Xride(apalg ini) mudah saja lewat dimari. O iya. Sinyal hp disini ga ada kang

  4. bang vandra di jalur ini kalo gk salah ada sekolah yang atepnya warna warni kan ya?kalo bener di jalur ini nih mobil jazz ane pernah kepater karna jalanan tanah licin gitu mana lagi ujan gk ada kawan untung bisa juga lewat juga terakhir lewat sini imlek tahun lalu pas ama mantan hahahahah

  5. Barusan liwat sana …not rekomend untuk mobil yg pendek…hahaha..
    Saya kira udah ada kmajuan.karna hampir 5th g melewati sana.
    Trnya sama ajaaa…jalan offroad smua.
    Saya make motor TVS dazz untung ok ok saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here