Safety Riding, Gak Semudah Yang Dilihat, Ini Dia Dasar-Dasarnya!

6

Safety Riding Honda-86

Sobat MMBlog sekalian, minggu lalu MMBlog bersama dengan temen-temen blogger berkesempatan untuk latihan safety riding bersama dengan Main Dealer Honda, Wahana Makmur Sejati. MMBlog udah pernah sekali meliput kontes safety riding, tentu jadi excited banget pas ada kesempatan untuk menguji skill sendiri meliuk-liuk di lintasan yang kayaknya sederhana kalau dilihat mata, terus kita mendapatkan beberapa dasar yang harus dilakukan sebagai standar safety riding, berikut adalah beberapa pointnya:

Safety Riding Honda-27

  1. posisi berkendara paling enak adalah ketika kita pertama kali menduduki motor, udah diposisi itulah yang paling enak masbro, kalau ada pergerakan geser sana geser sini, niscaya jadi aneh.
  2. tangan jangan tegang, lengan juga diusahakan menekuk.
  3. pemanasan dulu sebelum berkendara.
  4. biasakan check point, klik disini kalau belum jelas yah.
  5. ngerem, kalau dalam kecepatan rendah-sedang, gunakan rem depan dan belakang secara bersama-sama.
  6. ngerem, jangan dibiasakan menggunakan dua atau satu jari, bagusnya ngerem dengan empat jari, agar gas ketutup penuh, dan jari kuat menarik tuas.
  7. pas ngerem, jangan tarik tuas kopling, tarik tuas pas motor udah mau berhenti saja, biar enggak mati.
  8. untuk belok, gak usah main kopling, mainkan gas dengan bantuan rem belakang saja.
  9. U Turn apalagi, setang motor kudu patah abis, gak usah tarik kopling, panteng gas dan mainkan rem belakang, ini sulitnya luar biasa!
  10. pandangan jauh ke depan, lihat tempat yang ingin kita tuju.
  11. kalau ngegas, badan condongin ke depan, kalau ngerem tarik badan ke belakang, ini berlaku pas zigzag.

Itulah beberapa point yang MMBlog inget sob. dalam praktiknya, semua itu gak gampang lho. Kalau ngerem bersama rem depan dan belakang sih masih okelah, itu udah gaya MMBlog banget! Tapi yang lainnya, tentu amat sangat butuh penyesuaian Sob!

Susahnya Menggunakan Moge

Safety Riding Honda-25

Ternyata menggunakan moge lebih sulit untuk bermanuver pas safety riding course kayak gitu, wkwkwkwk. Asli amatiran banget, padahal MMBlog bisa dibilang hampir tiap hari bawa si Merah aka Kawasaki ER6n, di trek safety riding asli keok! Pelajaran yang bisa diambil adalah, sebenernya motor gak akan mati kalau lagi idle dan masuk gigi 1, gak usah digas, motor pasti jalan dan gak mati kok, tapi ya itu kalau mau jalan mulus lebih cepat, gasnya harus diurut.

Safety Riding Honda-50

Oke deh, monggo dilihat di youtube kontes safety riding honda di Youtube kalau temen-temen pengen lihat aksi demi aksinya. Sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

6 COMMENTS

  1. berarti U-turn nya kaki kanan ga turun?
    jaga keseimbangan susah tuh klo blm terbiasa 🙁

    poin 7, 8, 9 yg ane susah, wkwkwk

  2. Maksudnya motor gk akan mati kalau kita idle di gigi satu itu kyk mana kang??? Tanpa narik kopling juga gitu??? Btw artikelnya mendidik kang thx infonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here