Kota Shenzhen, Kota Dimana Motor Sama Sekali Gak Eksis!

8

Shenzhen-2

Sobat MMBlog sekalian, dapet foto dari Mama MMBlog yang lagi ngelancong, touring ke Hongkong dan Tiongkok, beliau ngasih satu jepretan mengenai kondisi satu kota yang bernama Shenzhen, sebuah kota dari negara RRT, yang letaknya gak jauh dari Hongkong, kata beliau, motor di kota ini sama sekali kagak eksis! Dilarang dengan tegas oleh pemerintah wara-wiri di jalanan, sadiisss!

MMBlog jadi penasaran, sebenernya Kota Shenzen itu kota apaan sih? Sebegitu strict-nya sama motor, sampe gak boleh eksis di kota ini. Dari penelusuran MMBlog, ternyata kota Shenzhen ini adalah kota baru, baru dibangun pada tahun 1980, et dah beda bener ama Jakarta yang umurnya udah hampir 5 abad, wakakak. Kota ini juga bisa juga dibilang sebagai kota yang perencanaannya extra matang!

Luas kota Shenzhen tiga kali lipat lebih luas dari kota Jakarta, luasnya 2.050 km persegi, Kalau Jakartakan 664 km persegi. Pada tahun 2000, penduduk Jakarta ada 9,6 juta jiwa, sedangkan Shenzhen penduduknya 7 juta jiwa 😆 , wah ini kota lumayan lengang juga yah berarti gak sesumpek pulau jakarta, tapi kenapa motor kagak boleh wara-wiri?

???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Alasan pemerintahnya cukup simpel, yakni ingin kotanya minim polusi, terus juga katanya motor mengakibatkan banyak kecelakaan, terus juga banyak digunakan untuk tindak kejahatan, hmm, ya ada benernya juga sih walaupun gak 100% bener :mrgreen: . terus mobil pribadi gimana? Tetep ada, tapi kebanyakan juga sudah menggunakan energi listrik Sob, gedung-gedung juga demikian, banyak yang menggunakan energi matahari atau solar power.

Terus gimana kalau beberapa kota di Indonesia menerapkan hal ini? Wakakakak, tentu bakalan ada banyak banget yang protes, termasuk penulis blog ini 😆 . pembatasan motor sih boleh aja, asal sarana dan infrastruktur transportasi massalnya udah oke dan terintegrasi. Kayak di Thamrin, motor udah gak boleh lewat, tapi masih ada jalur alternatif dan tengah malem masih boleh lewat.

Oke deh, kita pantau aja terus dinamika persepeda-motoran di Indonesia, akankah ada hal-hal menarik lainnya? Semoga berguna! oiaaa, kalau ada yang mau nambahin kota mana lagi yang motor dilarang, silahkan lho, jadi diskusi mantep nih!

8 COMMENTS

  1. kota yang teramat menakutkan buat pencinta roda 2, termasuk penulis blog roda 2, iya gak kang vandra? wkwkwkwkwk (lah jadi gak punya bahan buat didiskusikan lho)

  2. bener bgt tuh bro..gw pernah ke shenzen pas ada acara kerjaan. ada sih roda 2 dsna..tapi bukan motor, sepeda listrik bro…hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here