Kode “R” dan “RR” Di Motor Honda, Kode Serius!

11

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Honda XR650-9
Honda XR650R

Sobat MMBlog sekalian, melihat kode-kode yang ada di sepeda motor Jepang, MMBlog jadi agak kepo, ngapain juga sih motor dikasih kode-kode gitu? Yang paling kentara dan lumayan bikin penasaran untuk diulik adalah kode-kode dari motor Honda, yang paling kentara itu kode “R” dan “RR”, nah, setelah melalui beberapa investigasi web dan juga interview dengan seseorang yang bisa dibilang sebagai FBH Akut, MMBlog mendapatkan sebuah kesimpulan.

Kode ini sebenernya lebih tepat makna filosofisnya kalau disandingkan di motor-motor besar Honda. Sepertinya contoh pertama adalah Honda XR Series. Setelah melihat model dari Honda XR650 milik sesepuh dari Supermoto Owner Group ini, MMBlog jadi browsing lebih lanjut, ternyata memang benar adanya, XR650 ada beberapa model yang diklasifikasikan dengan menggunakan kode “R” dan “L”. Menarik, karena kode ini membedakan motor ini secara fundamental!

Honda XR650-4

Kode “R” di Honda XR650 mendeskripsikan bahwasanya motor ini adalah motor “Race”, motor yang dipersiapkan untuk berkompetisi, teruuss kalau begitu, gak bisa On The Road dong mas? Naahh, ini dia yang menarik, Honda Global mendesain Honda XR650R sebagai paket lengkap! Mesin powerfull, radiator, dengan karburator PE Sebagai standar.

Aslinya, motor ini siap diajak sebagai kendaraan street legal, tapiiii, dalam paket pembeliannya, Honda sudah menyertakan sebuah “leher angsa” yang plug and play! Dengan pemasangan peranti ini, serta penggantian knalpot dengan menggunakan Free Flow, motor sudah siap diajak berkompetisi! Tenaga meningkat hingga mencapai 30%! Mengerikan! Gak percaya, silahkan teman-teman nanti hari sabtu main ke Launching Buku Kedua Jurnal Supermotor, bisa jajal XR650R! Siap-siap engkol!

Honda XR650-7

Nah, sedangkan yang satunya, Honda XR650L adalah versi Honda XR yang sama sekali berbeda dengan Honda XR650R. Honda XR650L punya mesin yang lebih “sederhana”, berpendingin udara, menggunakan stater, menggunakan aki, yuppss, motor yang emang lebih diperuntukan sebagai motor commuter, harian, enduro yang bersahabat! Kasus ini juga serupa dengan motor Honda CRF250R VS CRF250L, yang satu full spek kompetisi dan yang satunya lagi adalah trail harian.

CBR600RR

Terus, Kode di Honda CBR supersport, kode “RR”. Kalau temen-temen perhatikan, motor Honda berfairing yang menggunakan kode “RR” yang punya kepanjangan (mungkin) “Race Replica” atau bisa juga “Race Ready”, adalah motor-motor sport yang punya identitas jelas! MMBlog udah pernah melihat secara langsung tipe CBR RR, dari mulai 250RR, 400RR, 600RR, dan 1000RR, semua motor ini punya rentang RPM yang menakutkan! Terlebih CBR250RR dan 600RR, lentingan rpm bisa sampai 19.000 dan 17.000!

Kalau begini, pastilah material yang digunakan lebih serius dan kualitasnya nomor satu. Hmm, jadi untuk supersport, kode yang digunakan adalah “RR” sedangkan untuk trail/enduro kompetisi, kode yang digunakan hanya “R” saja. Naahh, kalau temen-temen ada yang mau nambahin silahkan lho, MMBlog terbuka sama saran, kritik, dan masukan!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

11 COMMENTS

  1. cb/cbr mesin inline (cb/cbr 1 2 brp silinder pun inline semuah, gak bakal vtwin)
    vt vtwin
    vf vfour
    rc213v, rc212v, rc211v
    rc nya motor sembalap, 213 21 nya motor keluaran abad 21, rc21″3″v 3 nya generasi ke 3

  2. fla1995 February 19, 2016 at 7:44 am – Reply
    cb/cbr mesin inline (cb/cbr 1 2 brp silinder pun inline semuah, gak bakal vtwin)
    vt vtwin
    vf vfour
    rc213v, rc212v, rc211v
    rc nya motor sembalap, 213 21 nya motor keluaran abad 21, rc21″3″v 3 nya generasi ke 3

    ====================================================
    Betul ini tapi varian V engine series juga ada yg varian superbike sebelum era CBR series yaitu VRF series… Kalo RC series itu motor proto khusus buat RACE dan tidak dijual secara bebas

  3. VRF RVF jaman superbike 750 dan kelas superbike honda di lanjut dgn seri VTR/RVT 1000 (RC 51) baru setelah itu di lanjut dengan cbr900rr yg dirancang tadao baba.
    Dan dulu karna saking gila nya jaman superbike. Pabrikan berlomba2 melegalkan motor sirkuit mereka. Jadi banyak superbike honda dgn seri “RC” menjadi road legal. Dan harga yg fantastis karna lgsg didevelop oleh pihak HRC.
    Pabrikan lain pun bnyk yg ikut melegal kan pacuan sirkuit mereka karna permintaan konsumen saat itu memang motor yg sama dgn yg di sirkuit. Dan ada yamaha OW-02 (yzf r750) superbike gila yg di road legal kan tanpa merubah spek motor sirkuit nya. Jadi “seperti” nya yg tdk “dijual bebas” hanya honda RC motogp saat 800cc hingga saat ini.

  4. just info…silahkan dibuktikan…next CBR 250 2 cylinder honda…bakal punya Kode RR…kalo nggak percaya silahkan besok balik lagi cari Comment saya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here