Nama Yamaha XABRE, Terlalu Banyak Konsonan! Secara Fonetik Gak Terlalu Oke Nih, Mending SABER Sekalian

10

Yamaha M-Slaz

Sobat MMBlog sekalian, nama bagi sepeda motor adalah salah satu variabel yang penting! Gak bisa tuh motor dikasih nama asal-asal merujuk kepada peribahasa “apalah arti sebuah nama”, wkwkwk, nama motor harus jelas, enak diucapin, gampang diingat, dan berkarakter! Nah, ada satu polemik yang terjadi di ranah blogsphere roda dua tanah air Sob, yaitu penamaan motor baru Yamaha, Yamaha Xabre, yang mana di Thailand dikasih nama M-Slaz!

Di sini, banyak bikers yang berharap kalau motor ini dikasih nama MT-15 aja. MMBlog seih setuju banget dengan nama MT-15, secara brand MT dari Yamaha memang sedang dalam proses development aka pengembangan. Perlahan-lahan, dengan MT-25, dan MT-09 Master of Torque bakalan bisa diingat dan beken!

yamaha-m-slaz-thailand-headlight-2

Nah, kembali lagi nama Yamaha Xabre, ini nama bisa dibilang gak terlalu punya daya jual. Memang jadi marketing point, wah Xabre, terus orang berusaha untuk mengeja. Dan emang lumayan juga sebenernya, jadi bahan omongan kan. Tapi ya gitu, bukan tanpa resiko juga, karena secara fonetik, ini motor namanya gak ergonomis buat diucapin, apalagi buat dilihat huruf demi hurufnya Sob.

Fonetik itu salah satu sub bahasan dalam ilmu linguistik, yang berkaitan dengan pengucapan. Yaa ada kaitannya juga antara tulisan dan gimana cara ngucapinnya. Nah untuk XABRE sendiri, terlalu banyak konsonannya, udah gitu dempetan, antara tulisan dan juga pengucapan gak konsisten loh, mending kasih nama Saber aja sekalian.

Yaahh, kalau dikasih nama Xabre juga gak papa sih, yang jelas patut ditunggu nih, kalau emang moncer berarti teori marketingnya dapet, karena itu nama jadi marketing point tersendiri, tapi kalau penjualannya wassalam yasudah, berarti emang bener itu nama yang oke secara fonetik, hihihi oke lah, sekian dan terima kasih ya Sob!

10 COMMENTS

  1. ‘gak ergonomis buat diucapin’ wkk
    tp ada benarnya jg mending sekalian ‘saber’
    mungkin yimm ngotot gak ngasih nama MT, bisa saja untuk memperpanjang nafas
    xabre ini sebagai selingan/ pancingan jilid 2 setelah nva
    sembari menunggu 10th purna tugas vixion di 2017 yg berbarengan dgn motogp di indo (klo jadi) setelah itu br keluar mt, real dohc sebagai nafas baru yimm di kelas 150cc

    :imho se imho2nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here