Nih Sob Kondisi Piston Dan Ruang Bakar Setalah Kurang Lebih 50 Ribu Kilometer Minum Premium, Sekalian Ganti Ring Piston Sob Sebelum Patah!

15

wpid-img-20151109-wa0024_wm.jpg

Sobat MMBlog sekalian, seperti yang udah MMBlog jelaskan sebelumnya bahwa MMBlog udah melakukan servis besar Thunder 250. Gara-gara keluar asap putih dari knalpotnya, yaah jadi rada parno juga Sob, yawislah kebetulan lagi ada waktu dan rejeki, meluncurlah MMBlog ke Karisma Motor, bengkel spesialis Thunder 250. Gak pake lama, bongkar, dan wuiihh, ternyata kondisi piston dan ruang bakar udah hitam legam Sob!

wpid-img_20151109_120557_ao_hdr_wm.jpg

Temen-temen bisa lihat di Foto bagaimana itu keras hitam yang ada pada piston besar Thunder 250. Udah gitu juga kondisi ruang bakar yang ada klep masuk dan klep buang juga sudah hitam pekat. Wajar, selama ini Thunder 250 MMBlog lebih sering minum premium ketimbang pertamax, kalaupun dikasih pertamax, pastinya ngoplos juga bareng premium Sob. oia, bisa jadi juga karena oli yang ikutan kebakar, karena itu kerak bener-bener tebel!

wpid-img_20151109_120115_ao_hdr_wm.jpg

Okelah, MMBlog foto aja untuk mengabadikan momen. Terus tritment apa yang dilakukan kalau kondisi piston dan ruang bakar udah kayak begini? Yang jelas dibersihkan Sob. menggunakan Kape atau cutter, amplas, serta dengan ketelitian dan kesabaran, akhirnya kepala piston kembali cling! Temen-temen bisa lihat bedanya sebelum dan sesudah dibersihkan, bener-bener sedap yah, xixixi :mrgreen: .

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

kinclong
kinclong

Oia, sekalian cek ring pistonnya, waahh ternyata ada perbedaan signifikan kondisi ring piston yang udah ngegas 50ribu km dengan yang baru. yang lama kalau diraba berasa tajam dan bagian tengah ring itu celong ke dalam dan tipis banget Sob! beda sama yang baru, tebel, solid, dan berasa kokoh. Naahh, monggolah bagi temen-temen yang punya motor udah berusia lumayan lawas, di cek kondisi jeroan mesinnya. Gak peduli moge atau motor apapun, pasti kondisi ruang bakar gak akan gress kayak motor baru keluar dari pabrik! Terutama ring piston, jangan ganti setelah emang patah, karena bisa bikin silinder baret!

Oke deh, semoga berguna yah Sob!

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

15 COMMENTS

    • Ane bukannya mau ngajak perang, cuman ane agak bingung aja, piston bisa cling pake oli begituan dari mana? Perasaan oli gak masuk ruang bakar, pake oli apa aja ya tetep aja penuh karbon itu piston kalo BBMnya sejenis Premium. Lagian kalo pake oli gitu katanya bikin rontok kotoran di jeroan, apa nggak bikin baret jeroan ya? Kan pada rontok dan diaduk sama oli.

  1. mesinnya pernah dibongkar sebelumnya ya?
    itu yg bongkar dulu pasti bengkel amatiran, ngolesin sealer ke blok mesin, njiiirrrr bukannya pake lem gasket malah pake sealer. untung gak rontok dan nyumpet saluran oli tuh.

  2. Ko ga diganti aja pistonnya…
    Dikerik lg… Ngilu ana bayanginnya… Bukannya makin tipis tuh piston…?

    Bukannya itu udah minta over sized minimal 25…?

    • wah, saya sih ngikut apa kata mekaniknya aja mas, lagipula itu aman-aman aja kok dipake lagi, motor saya makin ngacir, ya jangan dibayangin mas kalo ngilu, wkwkwkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here