Product Review : Kupas Tuntas Nolan N64 White Solid AHM Big Bike Edition

14

nolan n64 review-5

Sobat MMBlog sekalian, artikel kedua mengenai review produk nih, hehe. ada buanyak bener sebenernya produk yang kudu MMBlog review, atu-atu dah yak :mrgreen: . nah, ini artikel juga merupakan artikel perdana mengenai review akan helm di monkeymotoblog.com . sebelumnya udah pernah juga sih MMBlog bikin artikel review Helm HJC Lorenzo R15, tapi itu juga baru artikel review fisiknya aja. Nah, kali ini, MMBlog bakal ngereview mengenai fisik dari Nolan N64 White Solid, beserta review ketika helm ini dipakai.

nolan n64 review-16

MMBlog mendapatkan helm ini ketika MMBlog menghadiri undangan dari PT Astra Honda Motor ke Bali-Lombok guna riding bareng dengan moge-moge anyar dari Honda. Hati girang bener begitu tau dapet helm Nolan Sob! soale Nolan N61 Genesis MMBlog udah pindah tangan, udah kadaluarsa juga, tapi mudah-mudahan sekarang udah siap pakai lagi di empunya yang baru. emang gak jauh-jauh dari Helm Nolan ini kepala, hehe. alhamdulillah, setelah MMBlog konfirmasi ke tim HC3 kalau ukurannya M, ternyata emang betul M, mantaap! Sebenernya dulu, Nolan N61 Genesis MMBlog itu Sizenya L, tapi kalau Size L, dipake lama-lama kayak ngeplos doang karena busanya udah kempos, yauwis makanya MMBlog minta yang size M aja.

nolan n64 review-4

Wujud helm beserta dimensinya sesuai dengan kriteria helm favorit MMBlog, gak gede! Bisa dimasukin ke tas helm kain yang udah 9 tahun MMBlog punya tanpa ribet. Kenapa MMBlog demen helm yang ukurannya gak gede? Soalnya kalau kegedean, jadi aneh Sob, badan MMBlog kan juga gak tinggi-tinggi amat, juga gak lebar-lebar amat, kalau helmnya gede, jadi kayak kecebong ntar, wkwkwk Warnanya putih, bersih, kinclong, kualitas catnya mantaapp, hidup dan gak goyang. Helmnya juga gak banyak cingcong, bentuknya bulat aja, dengan bagian depan yang dibuat sedikit menirus, untuk aerodinamika kali ya? Lekak-lekuk juga ada, tapi gak banyak, emang gak sesimpel helm arai sih, tapi MMBlog demen sama kesederhanaannya. Tapi tetep, ada Made In Italy-nya itu Sob, hihi.

nolan n64 review-13 nolan n64 review-11

Terus, Nolan N64 juga memiliki beberapa lubang ventilasi. Ada dua dibagian atas kepala yang cara penggunaannya adalah dengan menggeser knopnya, terus juga ada di area dagu Sob, berbentuk kayak huruf “V”, kalau ini cukup dengan menekan aja, tekan bagian bawah, ventilasinya kebuka, tekan bagian atas, ventilasinya ketutup. Di bagian belakangnya juga ada lubang ventilasi, kayaknya sih ini untuk flow (aliran) angin dari lubang ventilasi yang ada di atas kepala. Terus gimana kalau dipake? Ntar lanjut ke sub-babnya sendiri yah, hehe.

nolan n64 review-15 nolan n64 review-12

Bagaimana dengan visornya? Ini dia yang MMBlog demen Sob. visornya itu visor bening alias clear. Terus juga udah ada tempat buat masang pin-lock anti embun, mantap! tapi agak kurang nih, kurang double visornya yah, hehe. emang sih udah ada di Nolan N86, tapi kalau ini ada asyik juga kayaknya, fitur anti silau euy :mrgreen: . untuk ngebuka visor, adalah dengan menaikan bagian visor yang menonjol. Khas helm-helm Nolan, pegangan/bagian menonjol dari visornya ada di bagian bawah tengah visor Sob. MMBlog sempet rada kagok pas ngebukanya, soalnya udah kebiasaan pake helm KYT/NHK yang punya pegangan visor di area bawah kiri visor. Terus, gimana dengan sistem pengikatnya? Udah double D-ring euy, asyiiik, udah bisa dibawa ke Sirkuit nih, makenya emang agak rempong yak, wkwkwk :mrgreen: . belum biasa ajeee

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Double D Ring
Double D Ring

Review Penggunaan

moge honda

Oke, terus gimana rasanya? Masukin ke kepala MMBlog. Hmm… namanya helm baru, masuknya agak seret yak, tapi untuk balaclava membantu melancarkan. Wuihh, ternyata Size M Nolan ini “ngeplak” dan nyatu banget di pala MMBlog Sob. itu busanya megang dan genggam kepala MMBlog banget yak :mrgreen: . gak ada longgar-longgarnya, hehe. temen-temen blogger lain mengaku ada yang ngerasa sedikit pusing, tapi MMBlog mah kagak, wkwkwk, entah karena kegirangan dapet helm seharga jutaan, atau emang enak beneran, atau karena helmnya enteng (MMBlog biasa pake helm agak berat), pokoknya di pala MMBlog mah enak.

11416741_10205831919030309_1870607415_o (1)

Seperti yang udah MMBlog sebutkan di atas, ini helm enteng banget bagi MMBlog Sob. gile, leher udeh kayak gak ada tekanan euy :mrgreen: . beratnya tertera 1400 Gram, 1,4 Kg yah, mayan enteng euy. Pandangan clear, jelas, pas MMBlog riding di Bali-Lombok, siang hari jelas terang benderang, nah pas malam juga mantap ternyata, cahaya direct dari depan gak mendar di visornya, khas Nolan banget iniihh, jadi kangen ama N61 Genesis, huhu 🙁 . terus ngebuka tutup visornya juga mantap dan presisi, pas dibuka gerigi yang ada dikupingannya itu emang presisi Sob, “glep..glep..glep” bertahap dengan mantap, gak ada tuh “tek kletek.. krieett.. kreekkk.. tek kletek .. krieet” :mrgreen:

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

gerigi maknyusss
gerigi maknyusss

Bagaimana dengan tingkat kebisingan atau kesenyapannya? Hmm, dibanding dengan Nolan N61 Genesis MMBlog yang lawas, Nolan N64 ternyata punya fitur yang agak rame yah Sob. desiran angin terdengar menggaung di dalam helm, tapi masih dibawah ramainya konser kalau make Helm NHK GP1000, wah kalau itu mah bener-bener helm anti ngantuk dah, rame bingiittzzz. Terus helm ini juga ternyata jarak mulut sama bagian dalam depan helm sangat dekat Sob, walhasil jadi gampang banget ngembun visornya kalau udara aga dingin kayak di Ubud/Kintamani. Solusinya ya buka satu step, kalau mau puas ya pasang Pin-Lock, beli aaah ntar, hehe.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Terus gimana dengan busanya? Busanya itu lembut, alus, dan empuk. Dibeberapa bagian ada yang bahannya berpori gitu Sob, mayan adem dan yang paling penting nyerep keringet, hehe. oia, bagian dalamnya ada yang berwarna abu-abu dan ada yang berwarna merah, bagus yang warna merah, jadi kontras sama warna helm luarnya yang putih. Yang paling penting nih, Helm Branded gimana ya kalau dibawa ngacir dengan kecepatan tinggi? pas riding 140 km/jam dengan Kawasaki ER6n, kalau agak tegak ridingnya tamparan angin ke helm sedikit bikin helm agak tremor alias getar Sob, tapi kalau agak nunduk atau pas riding bareng CBR600RR, helm dapat ngebelah angin dengan mulus. Kayaknya tergantung sama posisi berkendara juga yah perkara helm geter apa enggak.

Bongkar Visor

teken tobol item, terus tarik visor keluar, gampang!
teken tobol item, terus tarik visor keluar, gampang!

Ini yang seringkali MMBlog kepoin kalau punya helm baru, yaitu bongkar visor! Soale kebersihan visor itu harga mati Sob buat MMBlog, dan ngebersihin visor, bagi MMBlog ya kudu dicopot kalau mau beneran bersih. Ternyata nyopotnya guaammpaaang. Cukup tekan tombol bulat hitam yang ada dikupingan helm, terus tarik visornya ke arah depan, langsung deh lepas, manteepppzzz! Masangnya, tinggal lakukan sebaliknya, malah gak usah ditekan tombolnya juga bisa, maknyuuss! Oiaaa, visornya juga Made in Italy yaakk, juoozz! Oia, untuk ngebuka, visor kudu diposisikan di posisi terbuka penuh ya Sob.

Harga

Dengan harga 2,5 juta, MMBlog rasa ini adalah helm branded yang lumayan value for the money Sob. mungkin ada varian kayak N63 Solid yang harganya lebih ekonomis, tapi secara dimensi, MMBlog lebih demen si Nolan N64 ini, lebih imut! Oia, ada juga varian yang pengikatnya pake mikrolock ternyata, yang kayak punya Om Kobay, Alhamdulillah MMBlog dapetnya yang Double D-Ring, buat belajat juga masang D-Ringnya itu, wkwkwk.

Kesimpulan

nolan n64 review

Bagi MMBlog pribadi, helm Nolan N64 adalah helm yang enak dipake, enteng, desainnya simpel, dan yang paling penting adalah karya dari Nolan Helmet! Dari segi harga juga lumayan menyenangkan, gak terlalu ngenes, hehe. MMBlog mengapresiasi banget kepada PT Astra Honda Motor atas pilihan tepatnya milih Helm Nolan N64 buat para peserta touring big bike, secara emang safety dan juoozzz banget helmnya!

Oke deh, panjang banget yak artikelnya, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi temen-temen yah. Thanks a lot buat HC3 PT Astra Honda Motor buat Helm Nolannya, nyuoosss 😀 ![/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

14 COMMENTS

    • ooh, kalau itu yang Nolan N44 mas, dia modular knackdown, emang lebih sip sih buat harian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here