Test Ride Ducati Hypermotard 1100 Punya Dimas Ekky, Torsi, Torsi, dan Torsi!

21

test ride hypermotard

Sobat MMBlog sekalian, beberapa waktu yang lalu, MMBlog agak dikejutkan sama tunggangan Mbah Dukun. Waktu itu MMBlog lagi nungguin beliau di Senayan City, kebetulan tempat nunggunya deket sama parkir Moge. Nah, dari tempat nunggu itu, MMBlog denger suara motor yang rada-rada kemrosak, kasar, tapi berkarakter kuat Sob. coba kepoin dari jauh, bener kan itu Ducati, tapi kok yang bawa mukanya ngeselin, udah gitu pake helm BMW warna biru, laah itu kan Si Mbah? Biasanya bawa BMW GS atau F3, tumben-tumbenan bawa Ducati, Wkwkwk ๐Ÿ˜† . yaudah, gak pikir panjang, MMBlog samperin aja tuh orang.

Basa-basi ala m*ho :mrgreen: . akhirnya diketahui bahwa Ducati yang dibawa olehnya adalah milik pembalap nasional Dimas Ekky Sob, manteeppp! Terus variannya adalah Ducati Hypermotard 1100, lupa MMBlog ini yang varian Evo apa yang regular, kayaknya sih yang Evo. Oke deh, pinjem kuncinya sama Si Mbah, langsung jajal ini motor, aseekk. Tapii, riding gear apa adanya banget nih, Jaket pake Kushitani Mesh Soft Protector, Helm KYT Renova Half-Face, sepatu juga Sepatu teplek, ya mau gimana lagi, gak ada rencana mau test ride motor ๐Ÿ™ . yang penting riding aman ajah ๐Ÿ˜€ .oke, masuk ke reviewnya ya Sob, oia, foto-fotonya dikit nih, gak papa yah, MMBlog ceritain detailnya deh.

Ergonomi

Liat ini motor, kubikasi boleh 1100 CC, tapi kok ya gak gede-gede amat. Liat tinggi joknya, hmm, mayan juga yak, walaupun gak setinggi pusar MMBlog tapi ya ini motor kan genrenya supermotard, punya ground clearance tinggi. Setahu MMBlog, ini motor tinggi joknya 845 mm, jiaahh, sama kayak tinggi jok Versys lawas dong? :mrgreen: . tapi ngelihat joknya yang gak terlalu lebar, MMBlog jadi tambah pede dan optimis, bisa daaahh, hehe.

Naekin ah โ€œhmmhh..!!!โ€, emang kudu ngangkang angkat kaki tinggi-tinggi nih ๐Ÿ˜† , butuh usaha yak emang kalau orang tinggi 167 cm naek motor motard-motard atau adventure gini, hehe. yup, kaki kanan udah nyentuh foot step kanan, coba tegakin dengan dorong setang, akhirnya bisa, hehe. jinjit gak Sob? Ternyata pas didudukin ini motor soknya ambles karena tekanan bobot MMBlog yang 72 kg Sob, mayaann dah, tetep jinjit sih, tapi gak sejinjit pas ngetest WR250 atau Cross X 250, masih bisa kekontrol dengan baik pas motor dalam kondisi statis, soalnya juga bobotnya enteng ternyata ini hypermotard 1100.

Ngerasain feelnya, setangnya baplang, lebar, gak terlalu deket dan gak terlalu jauh juga dari badan, relatif rileks Sob! terus posisi footstep juga agak ke depan kalau ditarik dari garis Jok. Hmm, emang jauh dari kesan sporty yah. Malah cenderung ke arah ergonomi santai dan touring, dibilang ergonomi trail banget juga enggak soalnya. Yang jelas nyamanlaahh ๐Ÿ˜€ . oia, pas ngedudukin, berasa banget gagahnya temen-temen, berasa jadi berandalan, wkwkwkwk ๐Ÿ˜† . ini motor mantap didudukin, setangnya mantap digenggam.

Performa

wpid-20150527_200546_wm.jpg

Oke, setelah semuanya beres, tarik tuas kopling (byuuhh, empuk banget ini, hidrauliknya maknyuuss), terus tekan tombol stater dan โ€œbremmm.. broomm … bremm .. broom!!โ€ gile, suara mesin 1100 CC L Twinnya unik, berkarakter, dan keren banget! Padahal knalpotnya masih standar ini Hypermotard Sob. tonenya berbeda dengan tone ER6n atau Ninja 250, dia tonenya gak beraturan, tapi unik! Oke deh, masukin ke gigi satu dengan menekan ke bawah persneling koplingnya… loh kok kagak masuk? Kenape nih? akhirnya MMBlog coba injek dengan keras aje Sob โ€œjledak!!!โ€, wkwkwk, ternyata harus dikasarin ๐Ÿ˜† , ya abis MMBlog biasa neken persneling ER6n atau Thunder 250 kan pake perasaan aja udah masuk, lah ini kudu di injek memang ๐Ÿ˜† . oke, lepas koplingnya, dan Hypermotard 1100 pun keluar dari parkiran Mall Senayan City.

Mesin 1100 CC, dua silinder, MMBlog sih udah punya ancer-ancer gimana powernya, yaa pasti ngejambaklaahh. Tapi ternyata ini sih gak ngejambak, tapi ngejorokin badan ke belakang, wkwkwk ๐Ÿ˜† . gile, ini motor yang ada, pelintiran gas tangan kanan adalah power, power, dan power, serta torsi, torsi, dan torsi Sob. gak perlu dihentak, gas alus aja motor udah ngibrit, badan kaget karena posisi riding yang tegap, gigi 1 tanpa effort dan tanpa suara knalpot yang teriak gak karuan santuh 90 km/jam dengan enteng dan mudah banget! Overtaking di jalan asia afrika, terus geber sampe 140 km/jam di jalan depan TVRI, bener-bener dapat dilakuin dengan enteng! Padahal posisi riding tegap bener, sekonyong-konyong, kendaraan lain pada membeku, garis putih putus-putus jadi bergerak dinamis dengan cepat, lupa kalau MMBlog cuman pake helm Half-Face, huahaha ๐Ÿ˜€ . Kalau dihentak-hentak dikit gitu, berasa ban depan ngangkat dikit dari aspal, ampuuunnn :mrgreen: . oia, pas udah jalan ternyata pindah giginya gampang dan ringan. Asyiknya lagi, hypermotard 1100 ini ternyata bisa diajak riding pelan tanpa ada gejala endut-endutan Sob.

Sparring With Ninja 250

Ada yang seru nih Sob. setelah MMBlog muter balik di kolong fly over dan pengen balik ke Sency, MMBlog ngantri di lampu merah sebelum Plaza Senayan. Namanya Hypermotard gini, lumayan gampang untuk mblesek aka filtering ke depan kalau lagi macet ngantri. Eehh, sampe depan, gak taunya ada Rider Ninja 250 Fi, yang knalpotnya pake knalpot custom dan bersuara super sangar Sob. posisinya pas di samping MMBlog, sebelah kiri. Dia keliatan lirik-lirik, eeehh terus ngeblayer loh โ€œWrooooooooonnnnnggggggg.. Wrooonnnnngggggg!!!โ€ khas banget deh suara Ninja 250 yang ganti pake knalpot racing. Oke, mungkin karena gelap, dan kaca helm dia emang aga dark visor, jadi dia gak tau kalau disampingnya itu motor 1100 CC. Lagipula emang Hypermotard ini tampangnya agak nipu juga sih, dimensi paling lebih gede dikit dari D-Tracker ๐Ÿ˜†

Hingga saatnya lampu merah berubah Hijau… MMBlog pelintir dikit, gyaaa…!!!! langsung suara L Twinnya mulai ketawa, speedo sentuh 90km/jam dalam sekejap, pindah gigi 2 โ€œcklak…!!!โ€ langsung jadi 120 km/jam, laahhh mana itu Ninja??? :mrgreen: . terdengar suara raungan Ninja 250 dengan keras dibelakang, oh dia dibelakang dan masih berusaha nguber ternyata :mrgreen: . gile, suara hypermotard padahal masih cekikikan doang iniihh. Yaudahlah, MMBlog kendorin gas, dan mempersilahkan rider Ninja untuk overtaking dan whuussss! Dia langsung ngacir! Safety ride bro ๐Ÿ˜€ .

Handling dan Suspensi

Unit yang MMBlog pake ini, ban depannya kurang angin Sob. kalau diajakin manuver gila-gilaan, ban depan kayak gak punya traksi alias goyang dombret kanan-kiri, wkwkwkwk. Tapi MMBlog bisa simpulkan bahwa handlingnya sebenernya enteng banget dan mudah. Udah gitu ini motor juga radius putarnya gak terlalu makan tempat. Sempet MMBlog coba manuver โ€œalayโ€ dengan agak menundukkan badan ke depan, ala-ala pembalap supermoto jejadian gitu, emang enak sih, ringan, dan enteng. Suspensinya gimana? Dibilang empuk enggak, dibilang keras juga enggak, enak lah! Jalanan keriting, atau berlubang, pas dilewatin cuman โ€œdredeb..dredebโ€ doang :mrgreen:

Pengereman

Pake pengereman yang dikasih oleh Ducati pada Hypermotard 1100 adala Brembo Sob. gak usah diragukan lagi dah, sentil dikit joosss! Motor berdeselerasi dengan mumpuni! Tapi agak unik juga rasanya pake motor motard gini, lagi riding kenceng, terus ngerem keras. Badan kayak mau ke jengkang ke depan gitu temen-temen, hehe. kalau motor sport kan enak udah nunduk dan distribusi bobot emang udah ke depan semua dari awal. Lah ini, distribusi bobot bener-bener di tengah, santai, terus gak terasa motor dah kenceng, ngerem, siap-siap kedua lengan fitness nahan badan supaya gak ngejengking, xixixi ๐Ÿ˜† . selama ngetest, MMBlog pake rem depan belakang denga komposisi 80-20. Pas ngerem dari kenceng, pake rem depan doang, tapi pas kecepatan menurun sampe kira-kira 50-60 km/jam, MMBlog kedut dilit rem belakangnyah.

Kesimpulan

Hmm, bagi MMBlog Pribadi, Ducati Hypermotard 1100 adalah paket moge yang asyik, menyenangkan, punya karakter, dan yang paling penting adalah ini adalah Ducati YANG GAK PAKE ACARA PANAS SAMA SEKALI! Sempet ngantri dilampu merah agak lama, lah kok ya kagak panas yah? Anget-anget dikit doang? Mantep juga iniiihh. Bagi temen-temen yang kondisi finansialnya udah mapan, susah buang duit :mrgreen: , bisa banget menjadikan Hypermotard 1100 sebagai motor andalan! Karakternya kuat banget ini motor, cocok buat partner gila-gilaan! Bisa dibilang, motor yang emang punya naluri nge-game! Tenaga makyut, handling enteng, bobot enteng, tampilan menipu, wah seru banget daahh!

Oke deh, semoga menginspirasi yah Sob. nantikan artikel review MMBlog yang panjang-panjang lainnya yah, hehe.

21 COMMENTS

  1. Njiirr
    Hypermotard buat ngeladenin ninja 250

    Sama aja kayak ngerjain honda astrea 800 pakek ninja 250

    Mesti itu rider ninjanya kaget,, udah PD “terdepan” ternyata tertinggal jauh gak keliatan ๐Ÿ˜€

  2. Si Mbah emg mukany ngeselin y? & basa basi m*hony tu loh.. Wkwkwk..
    Tp mantabs reviewny.. Mgandung Racunnn! Hehe…

    Dimas pny tunggangn Y kh? Psti bkin kontroversi bbir.. Hehe..

  3. itu kalau bisa musim lebaran rider ninja twin 250 4t nya di ajak salaman,
    kayanya sampe keturunan ke 3 dia susah memafkan motor fairing kreditannya di permalukan sedemikian rupa.
    mekojan sekali bro

  4. kejadian ini sama persis kayak aq masbro.tapi pake monster..lha heran kok ninja rider itu malah ngeblar2 knalpot gak jelas…ya sudah..aq tinggalin…gak berapa ku kendorin gas..ehh tuh rider langsung ciut dah gak pake ngeblar2 lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here