Nikung/Cornering Cepat Perlu Knee Down? Gak Selalu Ternyata

14

cleans

Sobat MMBlog sekalian, tiap biker umumnya mengetahui istilah atau familiar dengan frase “knee down”. Kalau diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia ya kurang lebih lutut/dengku kebawah dah yak 😆 . knee down ini umumnya juga dilakukan ketika seorang bikers sedang menikung cepat atau dengan kecepatan tinggi. Tapi apakah nikung cepat, tajam, itu perlu knee down yang bikin dengkul bermesraan dengan aspal? Ternyata gak juga loh Sob.

bekasi_cornering_bigcola-6

Waktu MMBlog trackday bareng MV Agusta Indonesia, MMBlog sempet mendapatkan coaching dari Pak Yunus perihal riding di sirkuit. Pak Yunus sempat menyinggung perkara knee down, beliau bilang, “knee down gak usah dicari-cari atau dibuat-buat, ntar kalau nikung kenceng juga kejadian sendiri”. Hmm, mungkin juga sih yah. Tapi MMBlog tetep aje ngeri, soale itu celana gak ada knee slidernyah, hehe.

Balik lagi, nikung cepet perlu knee down apa enggak, MMBlog agak tercengang dan kagum juga dengan video yang terlampir di bawah Sob. sepertinya kontes gymkhana di Jepang yah, terlihat ridernya begitu asyik dan presisi bermanuver dengan moge Honda CBR600RR! Udah gitu, itu kaki rapet banget ke body motor! Dan motorpun rebah serebah-rebahnya Sob! hmm, jadi penasaran, gimana yak caranya bisa nikung gitu? Oke deh, monggo cek aja videonya kalau penasaran.

Nikung cepet? Ternyata gak melulu dengkulnya melet ke aspal yak 😆

14 COMMENTS

  1. Ente di IMN ngebahas counter steering kan Bro? Ternyata Gw suka ngelakuin tapi ga tau kalo itu counter steering. Emang maknyus buat motor2 susah belok macam si Binter…

  2. motogymkhana emang malah nggak boleh knee down, begitu knee down penalti waktu dah, jadi murni body positioning tuh….

  3. yah orang indo yang pake bebek/matic knee down tapi motor miringnya cuma dikit, alias gaya2an doang, jijik gw liatnya apalagi jaman monasco blom dirazia dulu, ya elah alay2 pada pake betik pada sok2an miring eh yang ada jatoh gara2 keganjel footstep

  4. Videonya keren. Tapi tuh CBR dikasi raiser setang yg tinggi juga yah. Mungkin buat membuat tambah lincah saat bermanuver krn logikanya makin tegak tubuh makin lincah mencapai sudut puntir kemudi. Kl pasang stang asli yg dibawah yoke pasti sulit bgt tuh. Tp emang hebat bgt tuh rider.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here