Test Ride Dan Review MV Agusta F4, Menghibur!!!

18

f4-21

Sobat MMBlog sekalian, kembali lagi di artikel review motor gede ala monkeymotoblog.com, hehe. udah lama juga kayaknya gak ngereview motor gede, sekalinya dapet kesempatan ngereview eh langsung superbike, xixixi. Superbikenya gak main-main pula, dari pabrikan Itali yang eksotis bener bentuknya, apalagi kalau bukan MV Agusta F4. Hmm, β€œngeri-ngeri nikmat nih” kira-kira begitulah batin MMBlog ketika akan ngejajalin. Terus gimana emang impresinya?

Ergonomi

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

f4-26
duduk di jok bagian depan, deket sama tangki

 

Sebelumnya MMBlog udah lumayan sering ngedudukin MV Agusta F4 dalam keadaan statis. Ya namanya superbike, motor sport sejati, pasti aja ergonominya ngebongkok abis kang maasss. Bada dipaksa menjulur ke depan. Posisi stang rebah, apalagi MMBlog juga tangannya gak panjang-panjang amat, yawis tengkurep memang deh, xixixi. Terus jinjit apa kagak nih? jelas, jinjit Sob :mrgreen: , jinjitnya jinjit balet pula, wkwkwkk. Selain motornya yang emang lumayan tinggi, ya itu tadi, pinggang ketarik ke depan, apalagi pas jajalin, MMBlog cuman pake sepatu teplek, udeh dah, pasrah ama pede aja :mrgreen: . hindari ngebeda-bedain ergonomi begini dengan ergonomi motor-motor touring macem BMW GS πŸ˜† , yang jelas kalau udah siap, badan pasti menyesuaikan kok. Nyaman? Nope! Menantang? Yes! di foto MMBlog riding dengan posisi duduk mepet di tangki dan posisi duduk agak di jok bagian belakang, temen-temen bisa lihat ngerebahnya kayak apa, wkwkwk.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

f4-31
duduk di jok bagian belakang, nungging tengkurep memang, wkwkw

 

Riding Impresion & Performa

f4-14

Ini dia yang yahud dan bikin ketagihan! Hmm, track test ridenya di bilangan pondok indah Sob. MMBlog sengaja gak pake jaket, soalnya mau jajal superbike, udah gitu jalanannya juga macem-macem, ada yang lowong, ada yang macet parah, komplit deh pokoknya. F4 ini MMBlog bilang menghibur di judul karena apa? Karena tenaganya dliluar dugaan smooth di puteran bawahnya. Dia bisa dibawa pelan Sob, gak endut-endutan, beda sama F3 yang meledak-ledak agresif. Udah gitu juga menghibur karena kopling hidrauliknya yang empuk, Alhamdulillah πŸ˜€ .

f4-28

Deru suara knalpot undertailnya yang punya lubang empat biji itu halus membahana semenjak pertama kali superbike yang indah ini dihidupkan. Jika throttlenya dibejek mendalam, suaranya makin keras, menjerit, seketika badan juga langsung kehempas ke belakang, yap kayak dijambak sama genderuwo masbro! Di jalanan metro pondok Indah, seketika MMBlog betot gasnya, dari gigi satu ke gigi 2, tiba-tiba pohon palem di kanan jalan udah melesat dengan cepat, begitu pula dengan garis putih putus-putus di aspal. Buset! Lirik speedometer udah sentuh 150 km/jam! Ini padahal treknya pendek loh Sob! Gilaaa, motor serius ini. Untungnya helm premier punya Mbah bisa diandalkan membelah angin, terlebih ada fairing, bener-bener bikin kaget karena tiba-tiba udah ngacir di kecepatan segitu!

f4-24

Hingga akhirnya ketemu jalanan macet juga, wkwkwk. udah keduga sebelumnya, pasti hawa panas langsung menerpa sekujur tubuh πŸ˜† . ya apalagi F4 ini knalpotnya undertail, pipa knalpot yang ada dibawah jok juga ukurannya guedde banget! Kompresi motor juga tinggi banget, pol-polan dah masbroo! :mrgreen: . pada awalnya, MMBlog rada-rada kesulitan karena jinjitnya itu, tapi lama-kelamaan setelah mulai terbiasa dan dapet feel-nya, ya enak aja deh selap-selip. Soalnya ini motor lumayan ramping Sob. Oia, yang jadi problema di awal adalah ketika pengen puter balik, wkwkwk :mrgreen: . namanya superbike radius putarnya pasti mamblang, mana jinjit pula, si mbah ngeliatinnya udah cemas aje die. Tapi tenang, semua aman terkendali, hehe.

Suspensi,Handling, Dan Pengereman

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

nikungnya kudu belajar lagi :mrgreen:
nikungnya kudu belajar lagi :mrgreen:

Motor sport apalagi superbike, biasanya sih suspensinya rada-rada keras dan stiff gitu. Emang bener adanya Sob, suspensi MV Agusta F4 rada keras, keras dalam artian bukan kayak gerobak loh ya. Dia reoundnya cepet banget. Beberapa kali MMBlog ngelewatin jalanan keriting atau polisi tidur, hmm, lumayan bikin perut mules juga kalau kelamaan, hehe. tapi efeknya, nikung-nikung hiperbolik dengan suspensi begini jadi berasa banget antepnya. Terus gimana handlingnya? Perbandingan handling dengan F3, F4 ini sedikit lebih tricky. Jika F3 handlingnya Jepang banget yang lincah ditekuk kesana-kemari, F4 lebih butuh effort, tapi justru itulah, bawa ini motor jadi penuh perhitungan Sob. Remnya gimana? Kata si Mbah sebelum MMBlog jajalin sih rem-nya lagi kurang oke performanya, maklum motor test ride Sob, tapi kok ya enak aja tuh MMBlog pake, wkwkwk. Mungkin karena MMBlog udah biasa bawa motor yang remnya senen-kamis kali ya, jadi ngerem pake superbike biar kata udah agak keliwat pakem ya enak-enak aja.

Kesimpulan

f4-11

Dari test ride yang MMBlog lakuin sama F4, MMBlog bisa narik kesimpulan kalau F4 adalah superbike yang serius, hmm semua superbike serius sih, tapi fireblade lebih bisa diajak becanda, hehe. untuk rider yang tingginya dibawah 170 cm, harus memupuk rasa percaya diri terlebih dahulu, karena emang jinjitnya lumayan, walaupun bobot motor relatif ringan. Throttle gas juga mengasyikkan, motor bisa diajak pelan kalau melintir thrrotlenya ngurut, tapi motor juga bisa melesat cepat, cepat banget, apabila throttlenya dibejek lebih dalam. Terus dengan harga yang 11-12 dengan Kawasaki Ninja H2, apakah MV Agusta F4 cocok untuk dijadikan ingon-ingon?? Hmm, kalau masbro ada dana lebih alias susah buat duit mah cocok banget Sob! Serius, menghibur banget ini motor, entertaining! Bentuknya yang eksotis, powernya yang fantastis, bakalan membuat temen-temen kegirangan, ya asal gak ketemu macet :mrgreen: .

Oke deh, semoga berguna ya. Penasaran pengen lihat unitnya? Langsung aja melipir ke dealer MV Agusta di Gandaria Sob! Mantap dah!

Special thanks to Om Steven Oentoro, Mbah Dukun, dan Mas IWB, sukses teruuuuuuussssssss![/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

18 COMMENTS

  1. wkwkwkwwkwk…
    pantesan aja familiar sama tuh helm..
    trnyta punya si mbah..
    foto yg ke-6 tuh ada yg mejeng(yg punya helm mksdnya)…
    hahahaha…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here