Opini : Berkaca Dari Suksesnya Suzuki Satria F 150, Sport Suzuki Sebaiknya DOHC Semua!

13

2011 Suzuki Satria F150 AHO Striping Blue White

Sobat MMBlog sekalian, salah satu motor Suzuki yang sukses di pasaran adalah Suzuki satria f 150. Satria f 150, hingga kini masih menduduki singgasana raja di kelas motor bebek sport/ ayam jago di tanah air. Pada awal mulanya, statusnya CBU, tapi karena antusiasme bikers sangat tinggi terhadap motor ini, akhirnya Suzuki indonesia memproduksi motor ini. Berbagai facelift telah dilakukan, dari mulai ganti headlamp sampai yang paling sederhana yakni ganti striping sudah pernah dilakukan oleh SIS. Terus sebenernya apa sih titik kekuatan dari satria f yang bisa bertahta sendirian ini, mungkin gak ya diterapin di motor-motor Suzuki yang lain?

Menurut MMBlog pribadi, catatan khusus satria f adalah image kencang. Ya satria f emang kencang dan motornya lincah banget Sob. Om Kobay yang biasanya males ngereview motor-motor pasaran aja sampe ngasih apresiasi kepada satria f 150 ketika beliau ngejajal satria f milik iparnya di bandung. Gesit, tarikan enteng, motornya enteng, memang jadi daya tarik bagi motor hyperunderbone Suzuki sejak tahun 2004 silam. Kencang memang suda jelas, tapi apakah disana tidak ada sebuah variabel yang terasosiasi dengan kencangnya satria f 150?

2013-suzuki-bandit-1250sa-4_600x0w

DOHC, menurut MMBlog itulah biang keladi dari kejayaan satria F. Mendapatkan embel-embel sebagai motor yang mesinnya menggunakan mesin Suzuki fxr, tentu ini marketing pointnya. Nah, jika memang Suzuki ingin bermain di motor sport tulen (bukan underbone) dengan kubikasi yang sama atau lebih besar, maka mesin DOHC adalah satu-satunya jalan yang logis apabila ingin bersaing ketat. Sebagaimana telah terjadi saat ini, terutama di persaingan motor sport 150 CC, ngeri banget euy. Denger-denger juga kawasaki mau ngerilis varian ninja 150 empat tak. Hmm, harusnya ya DOHC juga.

Mungkin saat ini Suzuki indonesia sedang adem ayem dan fokus jualan matik-matiknya serta iseng-iseng jualan motor gede. Tapi melihat pasar motor sport 150-250 CC yang begitu gurih, tampaknya bukan budaya orang jepang banget yang diem aja tanpa nyemplung di pasar yang kian gemuk dan seksi ini. Sport Suzuki DOHC, ya mudah-mudahan lah, biar makin rame dan banyak pilihan!

13 COMMENTS

  1. Bro vandra…
    Ane mu numpang curcol nih…
    Bengkel suzuki sunter itu recomended ga sih… Alamatnya dmana?
    Ane dr cileungsi….
    BERES suzuki cibubur ga bisa ngatasi trouble shooting suzuki shooter ane, padahal dealer itu majang moge2 suzuki yg sangar itu. injeksinya mbrebet, lampu mil ga nyala, kelistrikan ga ada yg konslet, busi udah ganti tp masih mbrebet aja, BERES PUMA narogong juga mekaniknya pusing
    bengkel suzuki aga kurang ready nih

  2. Harusnya suzuki udah bisa ngebranding diri mereka sendiri dari storynya Satria FU ini yang terkenal dengan DOHCnya.. Harusnya mereka bisa membuat masyarakat punya mindset kalau DOHC ya identik dengan Suzuki…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here