Konsisten dan Gak Kreatif, Kayaknya Beda Tipis Yah!

11

bmw gs

Sobat MMBlog sekalian, memproduksi sepeda motor tentu bukan perkara mudah. Desain motor secara keseluruhan, detail, ergonomi, adalah sebagian kecil dari variabel-variabel yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum motor itu dilepas ke publik. Bicara tentang detail, MMBlog melihat sebuah fenomena yang menarik, fenomena itu adalah batas yang tipis antara konsistensi dan kreatifitas. Maksudnya gimana nih? oke, lanjut temen-temen.

BMW_K1300R_Bars_800p

Beberapa hari yang lalu, ketika MMBlog berkunjung ke Moto8 di gandaria, MMBlog bertemu dengan BMW GS800. Ini adalah kali pertama MMBlog bertemu dengan motor medium dengan tipe penjelajah dari BMW Motorrad. MMBlog lihat-lihat, kepo-in motor, coba naekin (super jinjit), akhirnya MMBlog bermuara di satu opini “kok speedometernya sama yak kayak punya K1300R?”. Gak sampe disitu, MMBlog akhirnya juga browsing, wah ternyata selain punya garis desain yang senada dengan milik K1300R, speedometer GS800 ini juga punya kesamaan dengan speedometer punya GS700.

2013-BMW-F700GS-5

Bentuk speedometernya itu emang berkarakter temen-temen. Ada dua panel yang bentuknya membulat, dan ada satu panel yang bentuknya kotak. Yang bulat itu jarum analog, yang kotak itu LCD Digital. Dari sinilah MMBlog mikir “BMW ini konsisten atau gak kreatif yak? :mrgereen: , kok bentuk speedometernya samaan semua?? ”. Yaa, MMBlog udah punya jawaban sendiri sih, kalau melihat bentuk speedometernya, tampak berkarakter dan gagah sih Sob, jadi BMW Motorrad bikin speedo kayak gini dengan latar belakang konsistensi sepertinya, IMHO.

r1200gs

Karakter motor-motor BMW memang sudah tercipta sebagai motor yang handal, tangguh, sederhana, dan gagah. Melihat desain headlamp-headlamp motornya pun, terkesan senada antara satu motor dengan motor yang lain. Coba temen-temen cek headlam F800R, K1300R, GS series, ada dua headlamp yang bentuknya asimetris. Namun demikian, F800 tampaknya ingin keluar dari pakem tersebut, tahun 2015 ini BMW motorrad merevisi headlampnya dengan bentuk yang one-piece.

Hmm, fenomena ini tampaknya hanya berlaku di pabrikan Eropa yang notabene brandnya sudah punya karakter kuat ya Sob, IMHO. Kalau pabrikan Jepang, terus pengen bikin detail yang mirip antara satu motor dengan motor lainnya, wah dicapnya bisa gak kreatif :mrgreen: . oke deh, gimana menurut temen-temen semua? Semoga berguna ya.

 

11 COMMENTS

    • Setuju sob.. Bmw kaku berpegang pada pakem, jdnya mobilnya jg jd predictable banget alias itu2 lg… Yg maju skr malah pabrikan korea KIA sejak dpt designer Audi , luar biasa skr , variatif tp tetap ada benang merah , sesuatu yg blm bs didpt dr mobil jepang sekalipun. Jd tergantung designer + policy company.

  1. sama seperti mio walau cc naik ban mungil tetap di pertahankan karena ini ciri khas mio series biar beda dgn metik yg lain, tampilan boleh brubah tapi ban tetap saja

    • sama kek bebek honda bro… dari honda kirana sampe supra fi mesinnya itu2 aja gak ada yang berubah…

      sekalian sama honda gl series, dari tahun 80 an sampe 2015 mesinnya itu2 aja cuma ganti body ama ganti karbu ke PGM FI

  2. Konsisten biasa digunakan untuk hal yang mutlak diperlukan/harus ada/diupayakan ada/dijaga tetap ada, kalau motor misalnya: kualitas mesin, kualitas parts, kenyamanan, pelayanan after sales dll yang berhubungan dengan ‘fungsi’.

    Kreatif lebih tepat untuk menggambarkan hal yang memang dinamis/mudah berubah/dituntut untuk berubah menyesuaikan zaman, menyesuaikan trend, menyesuaikan selera, bisa berupa desain body motor, warna cat, striping/grafis dll yang berhubungan dengan ‘art’.

    Untuk speedo BMW bentuk bulat analog dan kotak digital mungkin menurut sang desainer inilah yang paling tepat secara ‘fungsi’ (mudah dilihat saat berkendara) sehingga smp sekarang perlu dipertahankan dan sentuhan “art’ dilihat dari bentuk detailnya yg berbeda(posisi, warna dasar, bentuk jarum dll).

    Eemmm…..ngomong-ngomong bentuk roda ban kenapa tetap bundar ya? apa gak ada yang lebih kreatif bikin bentuk lain?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here