Test Ride Dan Review All New Honda Vario 150/125 ESP, Keduanya Menggoda!.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sobat MMBlog sekalian, masih di artikel tematis Honda Vario 150/125 baru. Kali ini MMBlog akan sharing pengalaman test ride kedua motor matik baru dari AHM ini. Lokasi test ride adalah di area taman mini indonesia indah. MMBlog ikut di kloter ketiga, eh gak taunya barengan sama semua personil IMN, xixixi aseeekkk :mrgreen: . start dari area green terace, MMBlog masih nunggang Vario 125 baru berwarna merah. Member IMN yang lain pake Vario 150, dan satu lagi Om Girindra punggawa motor-modif.com pake Vario 125.

Vario 125 ESP Engine ON

Keluar dari green terace, MMBlog yang nunggang Vario 125 langsung dapat dengan mudah dan enak beradaptasi. Udah bawa Scoopy yang mungkin kini kondisinya sudah lelah, hehe, bawa Vario 125 baru ini berasa enak banget, wkwkwk :mrgreen: . tahun lalu, MMBlog udah pernah riding pake Vario 125 lawas pas touring dengan AHM ke Ujung Genteng. Perbandingannya apa aja nih kira-kira??

Seperti biasa, ACG stater di motor ini dapat membangunkan mesin dengan halus, gak pake teriak-teriak berisik, begitupun deru knalpotnya, senyap dan lembut. Perbedaan paling mendasar dari Vario 125 lawas adalah dari joknya, yang baru ini empuk pake banget! Oke, rutenya adalah Jalan Garuda, muter balik, masuk TMII, dan muter di TMII  3 putaran. MMBlog udah jajal Vario 125 ataupun Vario 150 diberbagai kecepatan, riding pelan, kenceng, ngebetot gas, hingga cornering ngikuti Mas IWB yang rada petakhilan, xixixi :mrgreen: .

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bicara mengenai performa, karena MMBlog sering banget bawa Scoopy, Vario 125 tenaganya jadi berasa lebih nampol dan responsif. Bagaimana dengan Vario 125 lawas? Kurang lebih hampir sama Sob, ya ngereview cuman dari feeling doang soalnya gak pake data, xixixi :mrgreen: . yang jelas mah jika sahabat MMBlog udah sering riding pake matik 125 CC, ya seperti itulah kira-kira tenaganya. Tentu lebih responsif ketimbang 110 CC, tapi tenaganya atau power deliverynya tetap berasa linear mulai dari putaran bawah hingga menengah. Kecepatan terbaik di area TMII yang saat itu lumayan sepi adalah 100 km/jam. Motor tetap stabil, gak ada gejala ngebuang, limbung, bahkan sempat menghantam jalanan bergelombang dengan kecepatan tinggi, kayaknya sempet melayang beberapa cm, tapi motor tetap terkendali. Performa begini, pas untuk berkomuter atau urban riding.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Begitu pula dengan handlingnya, tikungan demi tikungan di TMII dapat dilahap oleh Vario 125 tanpa kesulitan sama sekali. Pada awalnya MMBlog agak-agak ngilu juga euy ngikutin Mas IWB sama Wak Haji, mereka kan bawa motornya pada master semuah, xixixi :mrgreen: . ngelihat mas IWB nikung sampe standar tengah ngegasruk aspal, MMBlog inget banget waktu itu nikung dengan kecepatan 80km/jam. Gileee, bannye ngegigit aspal banget, pede nikungnya! Untung ini motor bodynya lumayan gede, jadi badan MMBlog yang lumayan makan tempat jadi ngepas dan nyatu! Terus gimana kira-kira kalau diajak macet yah? Yakin, matik apaan juga gak bakal ada yang bisa ngalahin kemampuannya selap=selip di kemacetan :mrgreen: . terus, remnya gimana? Lagi-lagi CBS adalah sebuah sistem pengereman yang menarik! Hanya dengan menekan tuas rem belakang, rem depan juga ikutan bekerja. Kalau nyoba neken tuas rem depan juga, gile, tambah pakem kang maasss! Superb remnya euy!

Honda Vario 150 Engine ON

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Satu putaran TMII dengan Vario 125 sudah selesai, akhirnya MMBlog tukeran tunggangan sama Mas IWB yang bawa Vario 150. Aseekkk, akhirnya riding pake yang 150 juga nih! langsung nyalain, ACG Stater emang joosss, senyap dan lembut, kapan yah ada motor sport kayak gini :mrgreen: . begitu nyala langsung gas pelan-pelan. Loh..loh..loh wah bedanya langsung kerasa loh Sob, soalnya MMBlog langsung dari riding dengan vario 125 ke vario 150, impresi berkendara vario 125 masih berbekas dan inget banget!

Hal yang paling kentara perbedaannya adalah performa! Di awal ngegas, MMBlog udah ngerasain perasaan dan efek inertia yang berbeda ketika numpak vario 125. Throttlenya lebih responsif sob, colek dikit, motor udah jalan, gak perlu ngegerung hingga rpmnya naik terus motor baru jalan, ini motor responnya cepat! Lalu gimana kalau gasnya dibejek dan di hentak spontan? Jujur, ini adalah matik terkencang yang pernah MMBlog jajalin! Akselerasinya cepat! Ya memang belum bisa menyamai akselerasi motor sport 150 CC, tapi untuk nempek dan gangguin, hayaaah bisa banget loh sob ini motor! Udah gitu juga gesit, changing line dapat dilakukan effortless, khas motor matik! Si Mbah yang biasa numpak Moge macem MV Agusta F3 pun ngasih testimoni demikian ketika ngobrol empat mata sama MMBlog, “ini matik kenceng Van!”.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Temen-temen bisa lihat di blog nya mas IWB dan Wak Haji kelak, MMBlog udah melakukan drag Vario 150 dan Vario 125, terlihat jelas bahwa tarikan awal vario 150 memang lebih nampol, walaupun sepertinya top speednya bakalan beda-beda tipis. Untuk pengendara dengan bobot agak nampol tentu MMBlog sih lebih nyaranin untuk riding pake Vario 150, karena power lebih besar otomatif juga PWRnya baik! Hmm, rada galau juga sih nih, pengen banget MMBlog upgrade Scoopy ke Vario 150, hehe, si Scoopy berasa udah lelaaaah :mrgreen:

Lalu gimana dengan pengereman, handling serta suspensinya? Hmm, lebih kurang mirip-mirip dengan vario 125 Sob, remnya yahud bin pakem dan istimewa, handlingnya superb, enteng, dan stabil ketika nikung di kecepatan tinggi, suspensinya empuk enggak, keras juga enggak, yang jelas begitu ngelibas jalanan yang bumpy, tentu gak sehebat motor-motor sport touring, tapi lebih nyaman ketimbang matik-matik entry level, fitur anti amblas?? Jelas aman. Hmm, yang paling berasa beda ya tarikan awalnya itu! Tapi vario 150 ada emblemnya yang bikin tampilan motor kian eksklusif, hehe.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Wah, dari tadi MMBlog bahas bagusnya melulu nih? ada kurangnya apa enggak? Jujur, selama ngejajalin, MMBlog agak susah nyari celanya sob, tapi pas diem dan meraba lebih dekat, MMBlog nemuin beberapa kekurangan dari motor ini yang sifatnya subjektif, bahasa lainnya “tanggung” gituloh, hehe. nah, nanti di artikel review fisik dan mega gallerynya MMBlog jembreng semuanya ke sobat MMBlog semua.

Terus Vario 150 VS Vario 125, mana yang lebih Sip? Keduanya punya keunggulan masing-masing, dari fitur, performa, ability jelas Vario 150 lebih komplit dan mumpuni, tapi yang 125 pun gak kalah juga. Bagi yang udah sering riding pake Vario 125 lawas, terus pengen suatu perbedaan monggo pinang Vario 150. Terus bagi user matik 110 CC yang pengen naek kelas, tentu Vario 125 new ini sangat menarik untuk dilirik! Oke deh, semoga berguna ya.

ngacir dulu ah
ngacir dulu ah

18 Replies to “Test Ride Dan Review All New Honda Vario 150/125 ESP, Keduanya Menggoda!.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *