Motor 250 CC Kebawah Pakai Double Disc Brake Depan? Pemborosan Atau Keren Sob?

31

benelli tnt 250

Sobat MMBlog sekalian, disc brake atau rem cakram adalah sebuah peranti pengereman yang saat ini sudah lumrah digunakan di kendaraan baik itu roda empat ataupun roda dua. Pada tahun 90-2000an awal, rem cakram masih dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Malah dijadikan sebagai alat promosi, disamping motor atau di stripingnya di tulis “Disc Brake”, wuih kesannya udah WOW banget! Nah, sekarang ini yang paling beken itu adalah penggunaan double disc brake, ya ala moge gitu, terus fenomenanya, kalau dipake di motor 250 CC atau kurang, berlebihan apa enggak sih?

s_MLU_v_O_f_30670605_3901

Setahu MMBlog motor-motor yang menggunakan rem cakram di motor 250 CC miliknya adalah motor-motor dari pabrikan non-Jepang. Contohnya adalah Benelli TNT250 dan Regal Raptor, kedua motor tersebuat adalah motor 250 yang menggunakan double cakram untuk rem depannya. Memang tampaknya kalau dilihat dari segi kubikasi, terlihat mubazir dan berlebihan ya Sob, IMHO. Lah wong motor-motor 500 CC atau 750 CC aja masih ada yang pake satu rem cakram di depan kok! Dan itu cukup.

benelli tnt 250-2

Tapi itu kalau dilihat dari segi fungsional dan cost, coba kalau dilihat dari segi visual, tampilannya jadi beda loh sob! Ini motor jadi terlihat moge look banget, jadi terlihat seperti moge sejati, kekar, padat, dan tangguh. Otomatis, akan menjadi value tersendiri, terlebih kalau digabung dan dipadu dengan suspensi depan Up-Side Down kayak punya Benelli TNT 250, keliatan jadi motor serius yah (emang motor ada yang becanda? hehe).

nac03

Fitur double discbrake di motor-motor 250 CC memang terlihat gak umum, oleh karena itu pabrikan non Jepang seperti Benelli dan Regal menggunakan fitur ini untuk mendapatkan diferensiasi yang mencolok. Belum kepikiran kali yah pabrikan jepang bikin motor sport 250 CC dengan menggunakan double discbrake? Padahal kalau dibikin kecil-kecil kayak cakram bebek gitu kan keren dan lucu juga. Eh udah ada deng, dulu pas 250 CC empat silinder, xixixi.

Oke deh, semoga berguna ya.

31 COMMENTS

  1. Pemborosan atau enggak mah urusan pabriknya Sob. Kita mah maunya harga murah fiturnya segambreng. Kalo harganya sama ama Ninja 250, dgn mesin yg sama, dapet 2 discbrake, shock USD, projector headlamp, dll, dsb, ya pada milih yg lengkap fiturlah. Tapi customer sekarang pinter2, milih yg after salesnya jelas, kualitas material oke, terbukti nggak rewel, dll, dsb. Gak asal fitur segambreng harga murah.

  2. sepertinya lebih mempertimbangkan distribusi berat motor yang berlebihan kedepan saat pengereman, makanya pakai 2 disc brake.. plus bonusnya tampilan jadi lebih keren…

  3. kang, kalau double disc brake udah diterapin ke motor 250 cc lama kok omm bahkan untuk motor karburator lo, coba lihat hyosung gt250 deh, oom benny juga pernah bahas ini motor kok. penggunaanya sebenernya sih nggak mubadzir, tetapi paham motor jepang adalah efisiensi dan perfeksionis, jadi mereka menganggap penggunaan 2 cakram banyak banget buang uang, belum lagi penyediaan spare partnya.. makanya mereka kebanyakan nggak pakai 2 cakram kang.

  4. bukan masalah performa rem dalam menghentikan motor, satu cakram pun sudah cukup untuk itu. tapi masalah kestabilan, terutama untuk motor dengan jarak shockbeker depan lebar. kalo dengan satu cakram saat hardbrake ada gejala “ngebuang” ke satu sisi, karena sisi yang ada piringannya ambles lebih dalam saat di rem. nah untuk mengatasi hal itu, dibuatlah dua piringan, jadi saat hard brake kedua shockbeker ambles bersamaan/imbang

  5. sing penting fungsional…!!

    biar kata cakram cuman satu selebar pelek.. tapi begitu ngerem keras roda depan ngunci, shock depan meletot kiri kanan yo percuma..ujung2nya pasti gubrak..!!!
    soalse ane sendiri seriing jadi saksi mata.. banyak bikers metik atawa bebek.. kalo “ngerem keras” pake rem depan..pasti kebanting ke kanan.. 😀 😀 😀

    pake dua rem cakram depan ukuran proporsional sesuai tenaga motor.. yo jelas bikin kalem pas ngerem.. gak buang kanan kiri..
    stabil kayak pake rem tromol, cuman ini (rem depan 2 disc) lebih pakemm..ciet..

    jadi kesimpulannya.. double cakram..YESSS…!!! banyak untungnya…

    • wah intisari komenku ternyata mirip2 ama atas ane ..
      ane gak nyontek lhoo..cuman kalah cepet aje posting-nye.. 🙁 🙁 🙁

  6. beda pola pikir juga ngaruh kayaknya,
    rata2 org jepang bikin produk sesuai kbutuhannya sih, jarang2 bikin yg mubazir, beda sma org eropa yg bikin barang itu dijadiin karya seni biarpun agak mubazir.

  7. bagus 2 cakram depan, 2 cakram belakang, da kaki depan + sandal jepit, plus airbag tembok tebel didepan….. jamin setop dahhhhh…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here