Kemungkinan Besar CB650 Series DiProduksi Di Thailand!

12

Image

Mas Bro semua, via cbt.com.my (salah satu situs otomotif di Malaysia) diberitakan secara gamblang bahwa duo sepeda motor anyar keluaran Honda yakni Cb650F dan CBR650F bakal diproduksi di Thailand. Hal ini mengindikasikan bahwa sepertinya Honda merasa gerah dengan dominasi Kawasaki di pasar Asia Tenggara. Bisa mas bro lihat di Youtube, ada berbagai macem bentuk video yang isinya memuat Kawasaki ER6N dan kawasaki Z800 baik itu dari Malaysia ataupun dari Thailand.

Tampaknya Honda menyadari betul bahwa trio Cb 500 belum cukup kuat buat mengganyang dominasi geng ijo. Bahkan di Eropa pun HONDA meluncurkan CBR250 dan CBR500 (CBR 500 di eropa harga gak terlalu jauh beda sama ninja 300) bareng-bareng buat bertarung dengan sang Ninja.

Image

Menurut MM, apabila Honda Worldwide memang berencana untuk memasarkan dua varian ini di Asia Tenggara, keputusan tersebut adalah keputusan yang sangat strategis. Kenapa? Dua varian ini bisa dibilang memiliki beberapa “keunggulan” buat di tanam di mindset potential buyer. Pertama, CB650 series memiliki konfigurasi mesin 4 silinder, apabila dibandingkan dengan ER6 yang 2 silinder ini merupakan sebuah keuntungan (yang relatif). Kebanyakan konsumen sangat admire dengan mesin 4 silinder, hal ini bisa diketahui dari forum yang membahas berbagai motor baru. Banyak yang bilang kalau motor 4 silinder suaranya merdu (sampe eargasm), halus, dll, walaupun kadang top speed sama akselerasi cuma beti alias beda tipis dengan yang dua silinder.

Terus bagaimana dengan barrier yang dibuat oleh Z800? Nah kalau ini bisa diatasi dengan pricing strategy. Apabila harga CB650 bisa berada diantara harga ER6 dan z800 maka ER6 dan Z800 bukan lagi ancaman buat CB 650, malah CB650 ini yang bisa mengancam eksistensi dua varian Kawasaki tersebut.

Tapi ya gitu deh, lagi-lagi tergantung sama AHM mau masukin ini motor apa enggak, kalo enggak berarti importir umum punya kesempatan nih buat ngeraih untung dari penjualan motor ini. Menurut MM sih baiknya AHM masukin aja, toh malah bisa ngemoncerin strategy flagship yang udah dilakonin, udah gitu dengan sumber daya yang AHM punya, kayaknya gak bakal banyak masalah buat lifecycle CB650 series kedepannya.

Kok lampu belakang CB650 sama kayak MSX125 ya :p

Image

Image

link CBT:

http://www.cbt.com.my/2013/11/07/made-in-thailand-hondas-2014-cbr650f-and-cb650f/

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here