Technical Skill Contest, Upaya AHM Mengalibrasi Kompetensi Para Teknisi

2

Sobat MMBlog sekalian, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC), kompetisi teknik sepeda motor Honda bagi para teknisi dan service advisor. Kegiatan yang diselenggarakan oleh AHM dan jaringannya ini berangkat dari semangat memberikan kepuasan pelanggan saat melakukan perawatan sepeda motor mereka di jaringan bengkel AHASS.

Rangkaian AHM-TSC 2023 sudah diselenggarakan sejak Maret 2023 dengan melibatkan 10.500-an teknisi dan 2.800-an service advisor dari 3.700-an AHASS di seluruh Indonesia. Proses seleksi AHASS & regional melibatkan seluruh main dealer Honda, lalu terpilih 18 teknisi dan 18 service advisor terbaik untuk dilombakan pada babak final di Astra Honda Safety Riding & Training Center (AHSRTC), 23 Agustus 2023.

Agenda rutin tahunan ini sempat vakum selama tiga tahun karena pandemi, dan terakhir kali diselenggarakan pada 2019 silam. Tahun ini, para teknisi dan service advisor kembali diuji kemampuannya, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang semakin advance dan canggih.

Kalibrasi pengujian untuk teknisi meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang, dan penanganan masalah pada sepeda motor. Sedangkan service advisor diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan serta sisi praktik melayani konsumen.

General Manager Technical Service Division AHM V.H. Kunsala Krishna mengatakan, kompetisi ini merupakan salah satu agenda yang selalu diadakan untuk mengukur dan menguji kesiapan para teknisi maupun service advisor dalam melayani konsumen Honda. Selain itu, pemenang pada kompetisi ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk bersaing di level lebih tinggi.

”Tujuan besar kami menyelenggarakan AHM-TSC agar dapat mengukur dan mengalibrasi kemampuan keterampilan serta kompetensi para teknisi maupun service advisor sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen. Adanya kesempatan untuk mengikuti tahapan kualifikasi calon peserta Asia Oceania Technician Skill Contest 2024 di Filipina, kami bertekad kompetisi teknisi Honda Indonesia juga berkualitas tinggi sejajar dengan teknisi Honda negara lain,” kata Krishna.

Jawara

Setelah melewati rangkaian pengujian, Waspada Binsar H Sinaga perwakilan PT Tunas Dwipa Matra, Provinsi Lampung, dinobatkan sebagai juara kategori teknisi. Pemenang kedua dan ketiga diraih oleh Arif Prasetyo dan Jusuf Dyan Saputra, keduanya perwakilan dari PT Mitra Pinasthika Mulia, main dealer Honda di wilayah Jawa Timur-NTT. Sedangkan kategori service advisor, pemenang pertama disabet Farid Haryono dari Astra Motor Jawa Tengah, disusul Syahrul Mubarak dari Astra Motor Sulawesi Selatan, main dealer Honda wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Ambon, serta juara ketiga disematkan kepada Rahmat Aris Sidik dari PT Tunas Dwipa Matra Provinsi Lampung.

Teknisi dan service advisor AHASS terbaik yang meraih peringkat satu dalam AHM-TSC ini mendapatkan apresiasi berupa satu unit motor Honda Vario 160. Selain itu, pemenang kategori teknisi berkesempatan mengikuti tahapan kualifikasi mewakili Indonesia di tingkat internasional, yakni Asia Oceania Skill contest di Filipina.

Pemenang AH-TSC 2023 Kategori Teknisi:

1. Waspada Binsar H Sinaga – PT Tunas Dwipa Matra, Provinsi Lampung

2. Arif Prasetyo – PT Mitra Pinasthika Mulia

3. Jusuf Dyan Saputra – PT Mitra Pinasthika Mulia

Pemenang AH-TSC 2023 Kategori Service Advisor:

1. Farid Haryono – Astra Motor Jawa Tengah

2. Syahrul Mubarak – Astra Motor Sulawesi Selatan

3. Rahmat Aris Sidik – PT Tunas Dwipa Matra

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here