Uji Konsumsi BBM Yamaha XJR400R, Ekonomis Gak Nih?

7
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, beberapa hari yang lalu, MMBlog sempat memberikan treatment khusus buat si Soleh aka Yamaha XJR400R 2004 milik MMBlog yang makin kemari, kok makin banyak aje orang yang nawar mau beli, wkwkwk. mesin udah lumayan enak, dsb, dsb, penasaran juga, ini motor konsumsi bensinnya berapaan yak? Soalnya tangki 20 liter ini suka bikin ngisi bensin emang jarang-jarang sih.

Oke, metode buat pengujian adalah ngisi full to full di pom bensin. Kebetulan, sebelumnya emang ini motor kondisi tangkinya udah lumayan penuh. Penuhin lagi, coba sampe leher dalam tangki, oke siap, modal pertamax, akhirnya penuh juga, dan langsung dah, sore hari di PPKM DKI Jakarta, MMBlog muter-muter.

Villa Kanaya

Muter-muterin ibukota pas PPKM di Sore hari ternyata lumayan kontras dengan kondisi kalau lagi normal. Jalanan relatif lengang, tapi tetap di beberapa titik ada yang tersendat, dan menharuskan motor untuk melaju perlahan. Belum lagi, traffict light di Jakarta kan juga banyak banget, wkwkwk. ya udah pasti stop and go lah. kecepatan ada di 60-80 km/jam aja. sesekali ya pelan banget 10-20 km/jam.

Dalam waktu kurang lebih satu jam, MMBlog bisa membukukan jarang 45,5 kilometer, tuh udah MMBlog fotoin Sob. motor sempat MMBlog matikan ketika parkir untuk ambil duit di ATM, selebihnya ya jalan terus dah. Oke, mampir lagi ke SPBU deket rumah, dan langsung isi. Hadeeuh, yang pertamax ngantri pula, yaudah isi di Turbo aja, hehehe.

Isi, isi, dan isi, pelan-pelan aje, akhirnya hampir penuh dan penuh sampe leher dalam tangki. Lihat dan foto meteran di SPBU, wah, hampir 3 liter nih, tepatnya 2,93 liter. Jarak tempuh 45,5 kilometer. Oke sekarang hitung, 45,5 : 2,93 = 15,5 , wkwkwk, jadi seliter bensin buat XJR400R punya MMBlog ini bisa nempuh jarang kurang lebih 15,5 kilometer 😆 .

Ngomongin irit, ya untuk motor 4 silinder, 400 CC, tahun lama, karburator, ya emang segini lah rata-ratanya Sob. sebenernya yakin sih bisa lebih baik lagi, tapi itupun paling 1:17 doang, mungkin kalau touring bisa kali 1:18, soalnya emang filter udaranya belum MMBlog bersihin juga nih. gimana? Boros apa enggak untuk ukuran motor begini? kalau kata mas Aziz dulu pas tau konsumsi BBM mas Moel yang 1:16, dia bilang sih irit, wong motor dua taknya dia bisa 1:14 😆 .

Oke deh, semoga bisa nambah referensi temen-temen yah! sekian, terima kasih, dan semoga berguna!

instagram

Villa Kanaya

7 COMMENTS

  1. Nah mgkn ini lah yg membuat banyak pabrikan stop produksi motor2 600cc klo mau mesin 4 silinder..
    di luar negeri (barat) pun kelas segini juga udah nanggung banget kaya nya, kecuali jepang masih ada.. utk beginner bike pun mgkn lbh byk yg cari motor2 300cc kebawah dan motor2 bekas, begitu naik kelas lgsg cari 600cc ke atas..

  2. Boros juga ya 400cc 1:15, mobil jaman sekarang aja 1400cc bisa dapet 1:14
    Berarti injeksi sama karbu beda jauh banget ya iritnya

    • Injeksi lebih presisi, buat tuning malah enak injeksi. Bisa diatur via laptop buat semprotan nya. Klo karbu kan modal PJ n MJ.

    • Iya mas, beda jauh lah injeksi vs karbu, kalo sama mobil juga beda karena kan mobil rpmnya gak setinggi motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here