SM Sport RX3S, Alternatif Motor Adventure, Baby Triumph Tiger!

12

Intro

Sobat MMBlog sekalian, perhelatan Jakarta Fair memang telah lewat dan telah usai. Ada beberapa unit motor yang lewat dari pembahasan blogger. Temen-temen media sih bahas, tapi kalau temen-temen blogger emang lebih fokus ke motor Jepang doang :mrgreen: . motor tersebut adalah SM Sport RX3S! Motor ini bergenre motor adventure, banyak yang komentar kalau modelnya mirip BMW GS, iya juga sih, tapi ada kemiripan juga sama Triumph Tiger loh, ya begitulah, intinya motor ini mengadopsi desain motor adventure Eropa.

Ngomongin spesifikasi, pertama kita bahas dari sisi dimensi dulu. kalau di brosur, SM Sport RX3S punya panjang 2156 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1380 mm. Dimensi ini sebenernya bukan dimensi yang terlalu besar untuk motor dengan dapur pacu 378 CC. Kalau temen-temen lihat langsung, SM Sport RX3S dimensinya hanya sedikit lebih lebar dan lebih montok ketimbang Kawasaki Versys X 250. Bicara desain, ya bener-bener adventure lah. motor dilengkapi dengan high-fender atau paruh bebek di depan.

Lampu depan bentuknya asimetris. Di atasnya ada windshield bening yang menjulang tinggi. Dibelakang lampu, ada tangki bahan bakar yang bisa memuat bensin hingga 18 liter. Panel instrumen sudah digital, ada setang yang lebar dan tinggi di belakangnya. Perkara Jok, bisa dibilang joknya super deh. Nyaman, lebar, dan empuk. Hanya saja tingginya 820 mm, ya beberapa rider pasti jinjit, tapi bisa juga dipilih jok yang tingginya hanya 790 mm, hmm, lumayan dong ini.

Mesinnya gimana Mas? Mesinnya dibekali oleh mesin dua silinder segaris. Dapur pacunya seperti yang telah MMBlog mention di paragraf sebelumnya yakni 378 CC. Bore x strokenya 66 x 55 cm untuk satu silindernya Sob, wah, berarti mesin overbore yah. mesin SM Sport RX3S bisa mengeluarkan tenaga hingga 36,7 PS di 9000 rpm dan torsi 35 Nm di 6500 rpm. Kalau melihat head-nya sih motor ini menggunakan satu camshaft Sob. rasio kompresi juga lumayan lho, 10 : 1. Kudu pertamax ini harusnya.

Klaim dari SM Sport, SM Sport RX3S bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 139 Km/Jam, ya anggap aja 140 km/jam yah. gak kenceng-kenceng amat, malah lebih kenceng Viar Vortex 250  satu silinder yang bisa tembus sampai 160 Km/jam. Tapi klaimnya juga, konsumsi bahan bakarnya irit, bisa sampai 30 km untuk satu liternya Sob. makanya nih, dalam kondisi tangki yang dipenuhi dengan bahan bakar, bisa menjelajah hingga 522 Km. pastinya juga karena sudah didukung oleh sistem pengabutan bahan bakar injeksi masbro. Firing ordernya belum ketahuan nih, apakah 180 derajat, 270 derajat, atau 360 derajat. Tapi melihat adanya varian lain yaitu nakedbike dan retronya sih kayaknya 270 derajat, kayaknya loh ya. ada beberapa video di Youtube, tapi gak terlalu jelas suaranya.

Contents

12 COMMENTS

  1. Barusan ketemu ama nie motor kekx warna ini di MM2100. Tarikannya enteng ini motor. Suaranya 2 silinder standar terdengar drpd Ninja atau CBR250RR. Klo gw yg naek pasti jinjit balet.

  2. Zongshen RX4. Kalo viar masukin ini jadi next vortex mantep sih. Minimal headlampnya deh hehe. Pernah cobain viar vortex sodara (versi karbu) rasanya mirip banget sama CBR 250R sempak alus banget (biasa bawa duke 250 jadi kerasa langit dan bumi alusnya). Tapi kata anak forum lebih alus lagi yang versi injeksi. Enaknya lagi kalo beli varian tertinghi dah dapet pannier dengan harga yang ga terlalu tinggi

  3. Weleeek. Desainnya ala benelli rfs 150i alias desain ala pecel + serba tajem. Cakepan versi geter 1.0 kalo kaya gini.

  4. mesinnya ini apa bore up an inazuma ya , perasaan sohc 2 silinder banyak bgt di motor cina yg 378cc , itu mud guard udah mirip mudguard pulsar 200ns aja haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here