SIM C1 Resmi Berlaku, Khusus Moge! Penantian Setelah 8 Tahun!

2

Sobat MMBlog sekalian, akhirnya per hari senin tanggal 27 Mei 2024, Korlantas Polri secara resmi menerbitkan satu jenis SIM atau Surat Izin Mengemudi terbaru yakni SIM C1. SIM C1 adalah SIM yang dikhususkan untuk pengguna sepeda motor dengan kubikasi 250 – 500 CC. hmm, menarik, akhirnya setelah MMBlog bikin artikelnya tahun 2016 lalu, ini SIM diresmikan juga 8 tahun setelahnya, wkwkwkwk 😀 .

perlu gak? MMBlog rasa sih perlu yah. kalau dilihat objektifnya, memang bagus kok, para pengguna motor ber-CC besar memang harus punya edukasi, skill, dan juga pengetahuan yang LEGIT, dan SIM C1 terus next SIM C2 tahun depan untuk 500 CC ke atas adalah sarana dan letigimasi untuk membuktikan bahwa pengemudi itu layak dan pantas untuk berkendara dengan motor CC besar.

pengemudi moge, memang bisa dibilang agak-agak meresahkan. kalau ramean, arogansinya bukan main, kalau sendiri, baru dah kalem-kalem. mungkin ini sebabnya SIM C1 akhirnya jadi dieksekusi, melihat perkembangan di lapangan dan di jalanan dulu. dan wah, ternyata memang harus ada pengklasifikasian SIM nih.

MMBlog pribadi bakalan bikin, pasti donk, hehehehe. untuk biayanya, menurut keterangan dari berbagai media mainstream, cukup 100 ribu aja Sob. untuk testnya ada test teori sama seperti bikin SIM C, plus ada test attitude, nah ini gak tau dah gimana bentukannya. terakhir ada test praktek yang menggunakan Hunter X 500, ini motornya udah ready dari tahun lalu sih di daan mogot.

oke deh, mudah-mudahan jadi banyak rider moge yang di stopin di jalanan yah, wkwkwkwk.

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

  1. Tolong bang diperjelas utk sim c1 diatas 250-500cc sesuai perpol no 5 tahun 2021
    Klo tdk diperjelas nanti ambigu,bisa2 pengguna xmax 250 hrs c1,krn d stnk
    & fakturnya tertulis 250cc
    Ngga ky zx25r faktur & stnkny tertulis 249cc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here