Setelah Ada SIM C2, Mungkinkah Moge Masuk TOL?

2

Sobat MMBlog sekalian, penjenjangan SIM C untuk sepeda motor nampaknya menggulirkan berbagai macam opini. salah satunya adalah opini tentang keleluasaan moge-moge untuk bisa melenggang di jalan TOL. Hmm, saat ini memang baru ada SIM C1 dan tahun depan bakalan ada SIM C2 yang merupakan kasta tertinggi dari SIM Motor di Indonesia, nah, akankah bisa masuk TOL?

Moge masuk TOL bukanlah kabar baru di Indonesia, selama lebih dari satu dekade, isu dan suara ini tiap tahun pasti bergulir. karena memang, kalau dilihat dari unsur keadilan, punya moge = bayar sesuatu berlebih. yups, entah itu pajaknya, ataupun SWDKLLJ-nya juga berbeda, dulu malah ada bayar jasa raharja juga kayak bayar pajak mobil pick up. wajar kalau moge rider pengen dapat “fasilitas” lebih.

setelah SIM C2 hadir, kemungkinan adanya perubahan regulasi yang memungkinkan moge masuk TOL bisa aja kejadian, probabilitasnya bukan NOL sama sekali. kalau diperhatikan, makin banyak juga memang petugas yang wara-wiri di TOL menggunakan motor. hal ini nampak kontras dengan kondisi TOL 20 tahun lalu yang bahkan petugaspun jarang masuk TOL dengan motor, bahkan malah ada yang memviralkan kalau petugas masuk TOL kan? :mrgreen: .

sebenernya menarik, SIM C2 ini bisa jadi pilot project akan adanya standarisasi kepemilikan SIM di Indonesia. dimana pemiliknya harus lulus test teori, test praktek di lingkungan tertutup, test di jalan raya (ada penguji yang mengikuti di belakang), setelah itu kalau lulus dapat SIM C2 sementara, dan setelah 3 bulan, jika tidak ada pelanggaran, akan mendapatkan SIM C2 secara penuh, dan bisa masuk TOL. kalau udah gini, yakin dan bakalan tertib ridernya wong dapetnya ribet, kalau gak tertib, ancamannya ambil SIM-nya dan kudu ngulang dari sim C, nah, kan mantep tuh.

gimana Sob? menurut temen-temen gimana nih? yuk diskusinya.

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

  1. Pasti arahnya kesitu juga bang
    Para penguasa nya aje banyak punya moge,pasti ngebet pengen motoran di TOL.
    dan kalo iye nih akan banyak para moge yg digeber pol di TOL buat pamer top speed nye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here