Opini MMBlog Viralnya Rangka Esaf, Harus Gimana?

10

Sobat MMBlog sekalian, beberapa minggu belakangan, viral dan gencar sekali diberitakan tentang rangka esaf Honda yang bermasalah. jika teman-teman browsing atau scrolling di sosial media, dan ruang lingkup atau ranahnya motor, pasti nemu berita ataupun konten yang isinya rangka esaf bermasalah (kropos atau patah). lalu gimana opini dan tanggapan MMBlog?

MMBlog disini hanya beropini aja ya, gak ada pembelaan buat ini itu atau ina ini, wkwkwkwk. ya gimana, MMBlog kagak ngalamin, bukan yang ngalamin. tapi terkait rangka patah, MMBlog pribadi pernah ngalamin, tapi bukan unit baru atau muda ya, unit emang udah lumayan tua, nanti di akhir MMBlog ceritain. oke, sekarang MMBlog bahas ya dengan opini MMBlog dengan POV dari konsumen dan POV dari pabrikan, serta POV MMBlog sendiri.

Sebagai Konsumen:

kalau emang temen-temen rangka motor esafnya patah. hal yang pertama kali temen-temen lakuin adalah ambil foto, ambil gambar, dan ambil video, jangan lupa kasih keterangan waktu, tempat, dan yang ambil siapa, ini buat bukti, atau evidence yah, keep dulu, gak usah disebar-sebarin.

hal kedua yang kudu dilakuin adalah lapor! bukan ke lapor pak yang di trans7 itu yah, wkwkwk, tapi lapor ke AHASS, atau lapor ke HC3 atau Honda Customer Care Center, ada kok jalurnya, lengkap, IG ada, Hotline ada, lengkap lah. nah, foto-foto yang tadi atau video yang tadi, sertakan juga tuh sebagai bukti dan lampiran.

tunggu responnya…………………..

Kalau responsif dan positif, please.. jangan kabur-kaburan kalau diajak ketemu, diajak diskusi, diundang meeting, ya intinya buat tatap muka. hadepin aja, minta solusi yang oke, minta kasih penjelasan kok bisa begini (kalau emang motornya gak aneh-aneh pakainya), di sini, yang dibutuhkan adalah kejujuran konsumen, karena pabrikan udah terbuka dan responnya positif. kalau solusinya kudu beli karena garansi abis, yaudah, mau gimana lagi, beli lah, berarti dapet barang apes, wkwkwk. minta agar prosesnya dipercepat, karena mungkin kan motor adalah tunggangan primer.

Kalau responnya negatif, bertele-tele, gak solutif, lempar sana sini, nah disini kekuatan sosial media mungkin bisa membantu, just blow it up!. beberkan faktanya dengan jujur, dan transparan, tapi tetep, jangan anonim ya atau menyembunyikan identitas, berani berbuat, berani bertanggung jawab.

Sebagai Pabrikan:

Responsif-Responsif dan Responsif. AHM disini kudu bergerak, menelusuri perihal hal ini. memang, menurut kaca mata MMBlog, ini adalah perkara kasuistik. kalau dari 1 juta unit yang bermasalah 100-200 unit, ya jelas kasuistik. tapi tetep, kudu di usut tuntas. pasti ada yang salah memang kalau motor tahun muda tapi rangkanya udah kenapa-kenapa, entah itu salah dalam produksi, atau salah dalam pemakaian, ini harus di investigasi. dari info yang MMBlog terima, ya AHM juga udah bergerak sih. MMBlog gak bisa komen banyak dari sudut pandang pabrikan, lah MMBlog juga kan sebenernya user, tapi sebagai orang yang pernah belajar marketing, baiknya ya AHM kudu responsif pakai banget! soalnya sosmed sekarang “galak” euy :mrgreen: .

Pengalaman MMBlog Tentang Rangka Patah

rangkanya juoz

MMBlog pernah beli motor seken, ya namanya seneng beli terus jual, wkwkwk. beli motor ini harganya murah banget, banget-banget! agak heran, pajak idup, fisik bagus, kok ya murah banget? yaudah, beli lah, bisa diuntungin ini 1-2 juta. pakai-pakai-pakai, eh rangkanya kemudian patah dong, wkwkwkwk. usia motor emang udah enggak muda sih.

abis itu bongkar, ternyata pernah di las, pernah patah  sebelumnya euy, yaudah coba las lagi. pakai-pakai-pakai, ealah patah lagi, wkwkwkwk. yaudah, namanya motor tuwir, dapet murah, mau berharap apa? coba beli rangka baru Рjalur blogger lho ini Рternyata kudu indent 3 bulan paling lama, 1 bulan paling cepat. hmm, gimana yah.

yaudahlah, dirasa kelamaan, belum lagi nanti ada ongkos pasang dll, nambah duit lagi, akhirnya hunting aja rangka copotan, wkwkwkwk, alhamdulillah dapet, harga murah, pasang dah, motor bisa dipake lagi.

Nah, dengan artikel ini, sebenernya yang pengen MMBlog lebih tekankan adalah gimana caranya kita mendapatkan solusi yang paling cepat dan efisien. kalau unit muda, bahkan baru, selain cari solusi, tentu masukan ke ATPM juga harus ada, tapi kalau unit lama, yaudah pinter-pinter kita aja, apalagi beli bekas, mana tau itu motor sama pemilik sebelumnya digimanain kan?

instagram

Villa Kanaya

10 COMMENTS

  1. Sudah ada video testimoni kekuatan dan keawetan eSAF kok bang Van. Di motor beat yg nyemplung ke air laut.
    Dan terbukti gak ada gejala karatan apalagi keropos. Padahal waktunya lumayan lama. Hampir seminggu setelah viral esaf kropos/patah ambrol itu muncul. Terbukti rangka masih utuh, tidak patah !!!

    • geli aja lihat nya wkkk

      sepeda ontel aja sangat jarang yg patah, ini motor bisa patah, berarti bahan rangka nya bermasalah.
      mungkin terlalu tipis, mungkin metalurgi nya tidak menggunakan baja tahan karat dll

  2. Setelah isu rangka keropos viral, disusul harga ganti rangka eSAF sejutaan. Sepertinya satu ceruk baru dagangan sparepart?
    Secara awam rangka sepeda motor itu kuat dan tahan lama. Inovasi eSAF ini kok garansinya setahun?
    Apakah ini juga satu plan besar inovasi marketing, mengubah mindset “Sepeda motor yang tinggal rangkanya” ?? (Padahal mudah korosi / hancur di awal)
    Ganti rangka beserta nomornya akan jadi hal yang lumrah?
    Bisa jadi seperti itu karena Honda itu besar (MS 75%) sehingga berhak menentukan, mengubah & mengatur?
    Apa pendapatmu sobs?

  3. Insinyur eSAF Honda ngawur. Tidak pakai perhitungan titik beban terberat dalam sebuah konstruksi. Biker antusias yang bah beuh bah beuh jambakan kunti, hendeling nurut etc etc, juga gak nakal paham.
    Masyarakat konsumen yang masa bodoh dan hanya memuja merk ikut andil dalam penurunan drastis kualitas produk honda

  4. Inovasi “Motorku tinggal rangka” menjadi “Rangka motorku remuk duluan”
    Tapi tenang…. Sudah tersedia ketengan nya. Cuma sejutaan saja.
    Ada fatwa baru besok:
    Jadikan ngurus & sabar ngantri ganti rangka eSAF sebagai penolongmu

  5. beli motor rangka esaf , siapkan dana untuk pembelian rangka esaf , karena termasuk fast moving part,
    makanya garansi nya hanya 1 tahun/10rb km

    kapolmu kapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here