Sharing MMBlog: Motor Gak Selamanya Bisa Disimpan, Panasin dan Pakai!

3

Sobat MMBlog sekalian, udah lama juga MMBlog gak sharing perkara tips and trik. Nah, di kali ini, MMBlog mau coba sharing ke temen-temen perkara pengalaman. guru terbaik adalah pengalaman, tapi yang lebih baik lagi, sebenernya adalah pengalaman orang lain Sob, xixixi, kita gak perlu jatuh dulu kan buat ngerasain sakit? dari orang cerita aja udah bisa tahu kalau jatuh itu sakit, nah, begitu juga dengan isi dari artikel ini.

cerita ini adalah sharing dari apa yang MMBlog lihat sendiri. alhamdulillah MMBlog gak ngalamin, tapi bener-bener lihat sendiri gimana motor kalau disimpan lamaaaa, tidak dipakai, dijogrokin aja. hal ini terkait dengan bahan bakar, bensin yang ada di tangki, dan jalur-jalurnya di dalam mesin motor, terus gimana?

yups, bensin atau bahan bisa jadi mengendap, atau berubah tekstur. seperti yang MMBlog lihat di motor Suzuki GSXR1000 yang lagi ngandang di bengkel bang amin pas MMBlog lagi bongkar XJR tahun lalu. intake, jalur pengabutan bahan bakar, disitu ada pengendapan bensin yang tekturnya jadi lengket dan jadi jeli. motor ini, dalam setahun setelah servis besar, hanya dihidupkan 3 kali, itupun gak diajak jalan, hanya idle aja.

lalu yang kedua, ada Suzuki bandit 400 yang pengen MMBlog beli. lihat kondisinya, ternyata bensin bener-bener sudah menjadi agar-agar. jalur bahan bakar mulai dari tanki, karbu, silinder head, semuanya terendam agar-agar bensin ini. tentu PR sekali membersihkannya, dan pastinya jadi keluar biaya lagi Sob.

Makanya, saran MMBlog, biarpun kita telah mengisi bensin full tangki motor kita untuk mencegah karat, akan lebih baik apabila motor-motor ini tetap dihidupkan dan diajak jalan. batas aman motor jogrok sepertinya 2-3 bulan aja Sob. setelah itu coba dihidupkan, dan dipakai setidaknya 30 – 50 km, atau satu dua jam lah.

gimana? ada temen-temen yang ngalamain pengalaman serupa? di share boleh ini Sob. semoga berguna ya!

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here