Fungsi dan Perawatan Bearing Roda Motor

2
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Bearing roda adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai bantalan pada as roda agar roda pada sepeda motor dapat berputar dengan baik dan stabil. Jika fungsi bearing roda terganggu, maka akan mempengaruhi stabilitas motor misalnya mengganggu keseimbangan motor ketika digunakan di jalan, dan jika dibiarkan terus-menerus maka dapat menyebabkan keausan ban tidak rata bahkan bisa merusak velg.

Tanda-tanda bearing roda aus atau rusak diantaranya muncul karat pada bearing, keausan ban tidak rata, lalu timbul noise dari roda.

Villa Kanaya

Tips perawatan bearing roda sepeda motor dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) :

1.Jangan berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan rusak

Agar bearing roda dapat memiliki umur yang panjang dan bekerja secara optimal, kami sarankan para pengendara untuk selalu berhati-hati terutama pada jalan yang rusak. Karena apabila motor menghantam lubang dengan kecepatan tinggi, maka bearing roda akan langsung menerima benturan yang cukup keras dan hal tersebut dapat memperpendek umur bearing. Oleh sebab itu selalu berhati-hati saat berkendara di jalan yang rusak atau sebisa mungkin menghindari melewati jalan berlubang.

2.Bersihkan area roda setelah melewati genangan air kotor

Saat musim hujan dan banjir, setelah melewati genangan air bersihkan bagian roda. Karena jika tidak, percikan air yang kotor bisa menyebakan rusaknya seal pada as roda sehingga pelumas pada bearing roda berkurang atau hilang, akibatnya bearing jadi berkarat dan lebih cepat rusak.

3.Hindari membawa barang yang melebihi kapasitas

Sering dijumpai banyak pengendara yang sering membawa barang bawaan yang sangat besar dan juga berat pada motor, padahal tanpa disadari hal tersebut juga bisa membuat umur bearing roda menjadi semakin pendek. Karena saat sepeda motor berjalan, beban yang berlebihan memberikan tekanan yang lebih berat pada bearing tersebut. Oleh sebab itu disarankan untuk membawa barang sesuai dengan standar yang ada di buku petunjuk pengguna sepeda motor.

4.Modifikasi

Modifikasi bisa mengakibatkan bearing roda bermasalah, seperti penggantian ban yang tidak sesuai (ban yang sangat kecil). Hal tersebut bisa mengakibatkan benturan dan getaran yang lebih besar karena ukuran ban tidak mampu menahan itu sehingga otomatis akan dibebankan di bearing roda. Oleh sebab itu hindari penggunaan ban yang tidak sesuai standar pabrikan terutama ban yang lebih kecil.

5.Melakukan pengecekan bearing ke bengkel resmi

Jika dirasa kondisi roda mulai tidak stabil atau bergetar, segera lakukan pengecekan ke bengkel resmi agar bearing roda bisa diganti sesuai standar pabrikan.

instagram

Villa Kanaya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here