Ilmu Safety Riding, Sedikit Banyak Emang Bikin Nyaman dan Aman Di Jalan

9
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin berkendara motor, MMBlog beberapa kali melihat ada aja pengendara yang ngalamin kecelakaan. entah itu kecelakaan ringan macam jatuh bego, hingga yang parah hingga badan dan motor rangsek. nah, menarik, disini, ada sebuah ilmu yang ranahnya mencampuri urusan laka ini Sob, namanya safety riding, ya pokoknya tentang aman berkendara lah, emangnya bener ya ini ngebantu? bukan gimmick atau basa basi doang, oh enggak, jelas beneran ngebantu.

safety riding, adalah sebuah ilmu, ilmu, dalam konteks apapun pasti bermanfaat, at least, ini yang MMBlog pelajarin selama MMBlog idup Sob. Awalnya, MMBlog juga skeptis sama safety riding ini Sob, tapi ternyata, makin dipelajari, makin diikutin, dan dipraktekin di jalanan, oh iya, beneran enak juga ya ridingnya, jadi lebih gampang dan lebih enak. tapi ya ada beberapa catatan juga sih.

Villa Kanaya

MMBlog lihat ada perbedaan dalam materi safety riding ini. kayak kalau dari AHM, ngerem itu tuas remnya dibejek pakai 4 jari, tapi kalau dari Yamaha YRA, cukup dua jari aja. ya emang gak ada yang pasti sih, tapi keduanya ngasih pandangannya masing-masing. MMBlog pribadi, kalau ngerem di jalan lebih banyak ngikutin dari YRA, pakai dua jari, atau tiga jari aja.

AHM dan YRA sepakat kalau riding itu tangan gak usah standby di tuas rem dan tuas kopling, itu tuas di baut sih Sob gak bakalan copot, wkwkwkwk. emang bener, kalau tangan full menggengam grip, mau gak mau, biasanya ridernya langsung jaga jarak sama pengendara di depan, MMBlog udah praktekin sendiri, kalau standby biasanya ya nempel, kacau.

gimana Sob? ya gitulah, ilmu apapun bentuknya, akan selalu bermanfaat. tapi MMBlog pribadi nih ya, selalu kalah kalau di adu kontes safety riding yang rapih bener itu. oke deh, semoga berguna ya Sob.

instagram

Villa Kanaya

9 COMMENTS

  1. Betul om, sy jg kebiasaan pakai dua jari dan selalu stanbay di tuas rem terutama tangan kanan karena kebiasaan pakai rem depan dulu baru belakang buat ngibangin. Kadang sy coba buat pegang full grip tp malah merasa g pede dan kram jarinya mungkin dah kebiasaan kali 😄

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here