Gali Keragaman Budaya Nusantara, Biker XMAX Touring Keliling Indonesia Selama Setahun

0
Villa Kanaya

Sobat MMBlog sekalian, Cerita ketangguhan skutik Maxi Yamaha melalui serangkaian kegiatan touring jarak jauh seakan tidak pernah ada habisnya untuk diulas. Karakter para pengguna yang aktif dan militan dalam menikmati kegiatan berkendara, selalu melahirkan kisah-kisah perjalanan inspiratif yang kerap menciptakan decak kagum dan banyak mendapat apresiasi dari para penggemar otomotif roda dua tanah air. 

Kali ini kisah perjalanan luar biasa yang sangat menantang dilakukan oleh seorang biker XMAX dari komunitas Indonesia Max Owner (IMO) bernama Ansar (40). Pria asal Lumajang, Jawa Timur itu tengah melakukan aktivitas solo touring keliling Nusantara  selama 1 tahun (Desember 2021 – Desember 2022) untuk menyambangi 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Alasan hobi berpetualang serta keinginannya untuk membuat konten dokumentasi terkait kekayaan ragam budaya dan potensi wisata yang ada di seluruh pelosok negeri ini, menjadi penyemangat terlaksananya ekspedisi yang diberinya nama ‘Jelajah Budaya Nusantara’.

Villa Kanaya

Mengawali ekspedisi sejak Desember 2021 dari Kota Lumajang, Jawa Timur, Ansar memulai perjalanan ke arah Indonesia bagian Barat terlebih dahulu untuk mengeksplorasi seluruh provinsi yang ada di Pulau Sumatera, termasuk gugusan kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju ke Kalimantan, Sebagian Provinsi Sulawesi, Maluku, hingga saat ini dirinya berada di monumen 0 Kilometer Distrik Sota, Kota Merauke, Papua. 

“Ekspedisi Jelajah Budaya Nusantara memang saya buat untuk menjadi sarana dalam menyalurkan hobi touring bersepeda motor. Dari total 7 bulan perjalanan darat dan laut saya sudah menempuh jarak lebih dari 29.000 kilometer bersama XMAX, dimana sebanyak 25 Provinsi dan 6 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang membentang dari Indonesia Barat hingga Timur sudah saya datangi. Sementara untuk sisa provinsi yang belum, rencananya akan segera dikunjungi ketika pulang menuju ke Pulau Jawa setelah saya selesai mengeksplorasi tanah Papua. Target saya ekspedisi ini bisa diselesaikan dalam waktu 1 tahun hingga bulan Desember nanti,” terang Ansar

Menariknya, selama melakoni perjalanan touring yang super jauh tersebut Ansar mengaku tidak mengalami kendala yang berarti, terutama terkait kondisi sepeda motor yang dinaikinya. Dirinya pun dibuat kagum dengan performa mesin Blue Core berkubikasi 250cc yang dimiliki XMAX. Karena selain mampu menyalurkan tenaga maksimal yang membantunya menaklukan berbagai medan serta kondisi jalan, mesin XMAX juga terbukti tangguh dan memiliki durabilitas yang sangat tinggi.

Tidak hanya performa mesin, posisi berkendara yang nyaman berkat perpaduan jok lebar serta area pijakan kaki yang luas pada XMAX, diakui Ansar membuat fisiknya tidak mudah lelah meskipun harus riding selama berjam-jam. Ditambah lagi suspensi depan motor XMAX yang panjang layaknya suspensi sepeda motor sport, turut meningkatkan handling dan kestabilan saat bermanuver terutama ketika menjelajah di jalanan Timur Indonesia yang terkenal akan jalur seribu tikungan. Kapasitas bagasi besar yang menacapai 25 liter juga membuatnya semakin dimudahkan dalam membawa perlengkapan riding dan perbekalan touring. 

Keunggulan lain pada XMAX yang turut dinilai Ansar mendukung kegiatan touringnya, adalah fitur keselamatan berupa sistem pengereman ABS dan juga Traction Control System yang berfungsi menjaga traksi ban tetap optimal ketika pengendara berakselerasi di permukaan jalan yang licin.

Meskipun memiliki mesin tangguh dan banyak fitur unggulan, namun Ansar mengaku juga tetap rutin melakukan servis di bengkel resmi Yamaha di beberapa kota yang dilaluinya salama touring, terutama untuk mengganti oli mesin, kampas dan minyak rem serta membersihkan filter udara yang kotor akibat pemakaian kendaraan yang cukup ekstrem. 

“Saya sangat bersyukur sejak awal touring hingga saat ini belum pernah sekalipun mesin motor mengalami kendala, padahal motor ini setiap hari dipacu ke berbagai tempat dengan kondisi cuaca dan jalan yang tidak menentu. Makanya saya sangat kagum dan bisa menilai kalo XMAX ini adalah motor yang sangat tangguh dan nyaman untuk kegiatan touring jarak jauh. Selama touring ini saya pun gak pernah bawa spare part cadangan di bagasi, karena bengkel resmi Yamaha jaringannya luas dan bisa ditemukan di daerah-daerah. Jadi ketika waktunya ganti oli, kampas rem dan lain-lain, saya langsung buka aplikasi My Yamaha Motor dan cek lokasi bengkel resmi Yamaha terdekat untuk kunjungan servis,” tutup Ansar.

***

instagram

Villa Kanaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here