Tips Aki Kering Soak, Ternyata Umurnya Bisa Dipanjangin!

3

Sobat MMBlog sekalian, aki atau accu, atau baterai, adalah salah satu komponen vital yang performanya wajib oke di motor-motor zaman sekarang. kalau di motor-motor jadul berkarbu dan engkolan mah, aki kagak penting-penting amat, wkwkwk. nah, MMBlog mendapatkan ilmu baru di sektor usia aki ini Sob, tentang aki yang terkenal dengan sebutan aki kering, ternyata bisa lho umurnya dipanjangin.

Aki kering atau aki MF, sejatinya adalah aki yang tetap masih ada cairannya. biasanya dimasukin pas pertama kali mau dipakai, udah ada botol-botolnya sendiri gitu. nah, ini yang menarik, MMBlog punya pengalaman dengan aki Mas Moel dan Oleh yang soak. berbekal obeng minus tipis, dan air aki zuur yang asam, aki ini bisa bagus lagi, dan siap gas lagi.

betul, temen-temen bongkar aja seal yang nutup lubang pengisian airnya (kalau ada). silahkan di cek airnya, ternyata, biarpun ia tertutup rapat, airnya berkurang juga lho, wkwkwk, bingung sayah. nah, kemudian isilah kembali atau top up airnya dengan menggunakan aki zuur tadi, bagusnya ya pake pipet atau tabung reservoir inject. sampe agak atas dan terasa penuh, udah tutup lagi.

sebaiknya juga di cas ulang dengan cas portable di luar, jangan pakai pengisian motor, karena buat start biasanya lumayan bikin ngos-ngosan akinya. nah, abis itu baru pasang dah, dan start, coba pake, dan rasain, ini aki performanya jadi bagus lagi lho. ya lumayan lah, bisa oke kalau rajin dipakai sampai 6 bulan, kalau jarang-jarang, ya 3 bulanan, abis itu? ya isi airnya lagi, cas lagi, wkwkwkwk.

ya ginilah Sob cara ngakalin aki kering kalau dana kepepet 😆 . silahkan, yang mau share pengalaman juga boleh yah. sekian, terima kasih, dan semoga berguna yah!

instagram

Villa Kanaya

3 COMMENTS

  1. Aki kering ada peringatan gak boleh dibuka ada maksudnya om
    Itu seal nya kalo pernah kebuka bakal gak rapet lagi
    Sering² dicek akinya krn dia rapat, maka nanti uap dari air aki keluarnya lewat sela² seal yg pernah dibuka, padahal udah hati² bgt bukanya
    Bisa berabe itu uap kena rangka
    Plg kelihatan kalo ntar kutub² akinya cepet berkerak ya krn uap itu tadi

    Mending beli baru lebih aman, 250rb an buat 5 tahun bisa lah kalo pake aki yg ternama dan kelistrikan normal
    Pengalaman pribadi ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here